Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
42.620 views

Ulasan Hasil Klarifikasi Pihak SMA MTA Surakarta Atas Pemberitaan Voa Islam

SOLO (Voa Islam) – Bermula dari naiknya berita di voa-islam.com pada tanggal 20 Rabi’ul Akhir 1436/ 2 Februari 2015 dengan judul “Tragedi Pendidikan di Surakarta: Seorang Murid SMA MTA Surakarta Dipaksa Keluar Kepala Sekolah.” Karena menyangkut martabat dan kehormatan sebuah lembaga pendidikan Islam, maka Redaksi voa-Islam.com pusat menugaskan Kontributor Solo untuk melakukan klarifikasi.

Alhamdulillah, pada hari Kamis (12/2) pukul 14.00 WIB kontributor Solo dapat datang dan mendapatkan banyak penjelasan disertai catatan dan kronologis kepindahan Muhammad Imam Hatami. Pihak SMA MTA, Semanggi, Surakarta menerima voa-Islam.com dengan ramah dan tangan terbuka, padahal pemberitaan yang telah naik itu setidaknya telah mengganggu ketenangan dan kinerja para Pendidik dan Staf SMA MTA.

... Ternyata, bu Muyassaroh adalah memang betul sebagai Bibi dari Imam Hatami. Hal itu juga terlihat dalam dokumen Formulir Penerimaan Peserta Didik baru Tahun Pelajaran 2014/2015 no. Pendaftaran: 232014136 ...

Diterima di Ruang Tamu yang menyimpan banyak piala (penghargaan) prestasi dalam beberapa almari, Pak Nurcholis (Humas SMA MTA), Pak Muhtadi, SH (Guru BK) dan Bu Muyassaroh, SAg. (Staf Perpustakaan Sekolah) yang namanya tercantum dalam Surat Permohonan Pindah Sekolah, menerima voa-Islam. Juga tidak lama berselang, Bapak Drs. Diastono selaku Kepala Sekolah pun hadir.

Ada beberapa poin dalam pemberitaan yang menjadi sorotan pihak Sekolah. Penjelasan rinci dan tercatat disampaikan kepada voa-islam.com dengan harapan semua akan menjadi lebih baik. Baik bagi pemulihan ketentraman para Pendidik dan Staf SMA MTA yang dengan sendirinya terganggu dengan berita itu. Baik juga bagi pihak voa-Islam untuk memperbaiki dan meningkatkan kapabilitas dan kwalitas jurnalistiknya sebagai media perjuangan ummat Islam.

Dalam pemberitaan lalu, tercantum kata-kata …ditandatangani Muyassaroh (karyawan bagian perpustakaan yang mengaku sebagai walinya ….. Ternyata, bu Muyassaroh adalah memang betul sebagai Bibi dari Imam Hatami. Hal itu juga terlihat dalam dokumen Formulir Penerimaan Peserta Didik baru Tahun Pelajaran 2014/2015 no. Pendaftaran: 232014136.

Dalam formulir itu juga tercantum nama, alamat, pekerjaan dan data lain dari orangtua Imam Hatami secara lengkap. Dan juga kolom yang membuktikan bahwa bu Muyassaroh bertindak sebagai wali siswa dari Muhammad Imam Hatami.

Dalam catatan kronologi juga tertulis bahwa orangtua Imam Hatami sendiri sampai Senin (2/2) dimana pemberitaan di Voa-Islam.com muncul, yakni Bp. Abdul Halim belum pernah ke SMA MTA dalam urusan mendaftarkan Imam Hatami, mendatangi panggilan Sekolah, mengantar ataupun mengambil raport. Karena kemudian diketahui, bp. Abdul Halim bekerja di Jakarta.

Namun, sebagaimana disampaikan Drs. Diastono kepada voa-Islam, semua upaya yang sejalan dengan metoda pendidikan dalam mengatasi permasalahan menyangkut siswa (yakni Imam Hatami) sudah ditempuh dan dilakukan oleh pihak Sekolah dengan selalu berhubungan dengan pihak keluarga Imam Hatami, baik nenek, pakde, bude dan bibi dari siswa yang bersangkutan.

Jadi proses pindah sekolah diputuskan setelah Bude Imam Hatami, yakni Ibu Sakinah bersama suaminya (Pak Widodo) berkunjung ke rumah Pak Muhtadi, SH selaku Guru BK. Dimana hal itu juga telah dikomunikasikan kepada Pak Zarkasi yang merupakan pakdenya Imam dari jalur Ibunya.

Jika berita klarifikasi ini dirasa kurang lengkap, pihak voa-Islam.com telah memberi kesempatan kepada pihak SMA MTA Surakarta untuk membuat artikel yang akan dimuat penuh sebagai hak jawab.

Semoga sejak kini dan kedepannya, semua pihak yang mencintai pendidikan anak-anak Islam terutama para Pendidik dan Staf sekolah-sekolah Islam bersama media jurnalistik Islam dapat menyatukan langkah bagi kemuliaan Islam di negri ini. (AF/Voa-Islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X