Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.537 views

Ikut Cara Hidup dan Dakwah Rasulullah, Negara Barat Bukan Lagi Kiblat Peradaban

BANDUNG (voa-islam.com)- Umumnya, masyarakat Indonesia tidak akan malu-malu menyanjung Negara-negara Barat sebagai “kiblat” peradaban pada abad saat ini. Mulai dari makanan, film, cara berpakaian, hingga gaya hidup pun kita mencontohnya. Namun, bagi Imam Masjid New York, Shamsi Ali, tidaklah demikian. Menurutnya, apa yang orang Barat lakukan terhadap kehidupan saat ini justru berbalik dan tidak seperti apa yang kita pikirkan. Bahkan ia menilai masyarakat kita telah salah menyimpulkan. Dan penyebab ini terjadi karena ia beranggapan kita tidak mempelajari ilmu agama secara mendalam.

Shamsi juga menyebut, misalnya saja salah satunya terkait cara orang-orang Barat bekerja atau menjalani aktivitas sehari-hari. Ia mengatakan bahwa di Amerika, orang di sana justru merasa jenuh apa yang mereka lakukan terhadap kesehariaannya. Banyak di antara mereka, misalnya merasa apa yang sedang mereka jalani tidak ada akhirnya atau, sia-sia. Semuanya tidak ada esensinya. Bahkan, ia pernah menghadapi salah satu orang Barat yang mencurahkan kegelisahannya dalam menjalani hidup. Yang kemudian orang Barat itu mengakui bahwa hidupnya tidak ubahnya seperti mesin. Yakni kehidupannya hanya disibukkan untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Hingga ia sendiri pun depresi dan menyalahkan hidup yang dinilainya monoton.

“Ada orang Barat yang bercerita kepada saya, kehidupan dia seperti mesin. Bekerja, bekerja, dan bekerja. Sehingga ia pun mengeluh akan hidup,” sampainya.

Kemudian ia pun memberikan contoh lainnya, yang ia anggap contoh ini sebagai pelajaran yang sangat berharga. Misalnya saja ia menyampaikan perihal bangun pagi dan olahraga yang biasa dilakukan setiap pagi. Menurutnya jika ada orang Indonesia yang menganggap bahwa olahraga yang dilakukan kebanyakan orang Barat setiap pagi adalah hasil dari pemikiran atas kemajuan peradaban mereka, dapat dipastikan bahwa ilmu agama yang dimilikinya jauh dari kata cukup. Justru, ia menambahkan jika umat muslim mau menelisik sejarah kehidupan nabi Muhammad s.a.w. terkait hal demikian, kita akan temukan sejarah yang mengatakan bahwa Islam-lah yang lebih dulu mengajarkan pola hidup sehat seperti itu, bukan dari Barat sebagaimana masyarakat Indonesia nilai. Sebut saja umat muslim yang diperintahkan untuk bangun pagi agar menunaikan ibadah sholat Subuh.

Bukan hanya itu saja, pada masa Rasulullah, ia menyebut selain olahraga beliau juga memberikan contoh agar umat muslim pintar-pintar membangun fisik, jasad, materi, dan intelektual untuk kehidupan antara sesama manusia atau mahluk hidup. Dan ini dilakukan untuk kehidupan yang dijalani agar jauh dari kesia-siaan layaknya orang Barat yang menganggap kehidupan ini adalah monoton.

“Dalam hal ini Rasulullah s.a.w. mengingatkan kepada umatnya agar pintar-pintar membangun fisik, jasad, materi, dan intelektual dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah cara hidup Islam, bukan cara Barat seperti kebanyakan umum menilai,” yakinnya.

Dari cerita yang ia sampaikan, Shamsi menghimbau untuk masyarakat agar pola hidup Rasulullah itu bisa kita sebarkan ke orang lain, pun dengan yang berbeda agama, termasuk pada orang Barat. Menurutnya jika hal demikian disampaikan, maka mereka akan mengerti bahwa apa yang kebanyakan orang Barat lakukan itu sesungguhnya telah ada di agama Islam sejak dulu. Dan dengan begitu, masyarakat yang tadinya tidak mengetahui, akan menajadi tahu karena kita menyebarkan atau menyampaikannya.

Namun di lain sisi, untuk konsep di dalam menyampaikan atau mendakwahkan, Shamsi mengingatkan agar kita, umat muslim menggunakan tata cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Misalnya saja dengan kelembutan, damai, dan atau bangun simpati agar orang di luar Islam merasa lebih dihargai. Dan menurutnya hal ini akan lebih efektif serta proporsional dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam ke seluruh aspek. Juga merupakan esensi atau hakikat dalam berdakwah.

“Bangun peradaban dengan cara-cara Rasulullah akan membuahkan simpati kepada semua orang. Dan inilah yang dinamakan esensi atau hakikat berdakwah sebagaimana yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad s.a.w.,” ia mengingatkan.

Selain itu, ia juga menghimbau agar kita yang berdakwah untuk tidak mudah mengucapkan si A atau si B kafir, dan atau akan masuk neraka. Karena, ia melihat orang-orang seperti ini sama saja sebenarnya telah mendahului kuasa yang dimiliki Allah SWT. Padahal, apa yang kita duga dan kita lihat belum tentu seperti itu keadaannya. Bahkan bisa saja terbalik. Ia pun merasa yakin apa yang ada di dada manusia, yakni kita atau publik tidak akan pernah tahu yang sesungguhnya rencana yang dimiliki Allah SWT terhadap hamba-hambanya. Dan barangkali, setiap yang terlihat belum tentu sama apa yang dilihat.

“Bisa saja orang yang kita kafirkan dan kita nyatakan masuk meraka, tetapi takdir berkata lain. Pun sebaliknya. Sebagaimana pada zaman nabi ada orang taat sekali dalam beribadah namun di akhir hayat justu ia menjadi salah satu penghuni neraka. Ada yang taat di awal, namun akhirnya ia kufur. Dan sebaliknya,” ia memberikan contoh.

Shamsi Ali hadir sebagai salah satu pemateri atau pendakwah dalam acara “Dakwah On the Street” beberapa waktu lalu (19/04/2105) di daerah Dago, Bandung, Jawa Barat. Shamsi yang masih mengenakan pakaian olahraga tersebut tidak hadir sendiri. Terlihat ustadz Erick dan Gubernur Jawa Barat Aher Heryawan. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Kasihan Pak Prabowo

Kasihan Pak Prabowo

Ahad, 27 Sep 2020 20:20

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Ahad, 27 Sep 2020 20:00

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Ahad, 27 Sep 2020 17:34

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Ahad, 27 Sep 2020 09:39

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Sabtu, 26 Sep 2020 23:36

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Sabtu, 26 Sep 2020 21:45

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

Sabtu, 26 Sep 2020 21:05

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Sabtu, 26 Sep 2020 20:20

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Sabtu, 26 Sep 2020 19:30

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sabtu, 26 Sep 2020 11:43

Korean Wave Inspirasi Halu

Korean Wave Inspirasi Halu

Sabtu, 26 Sep 2020 09:37

Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat dalam Pilkada 2020

Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat dalam Pilkada 2020

Sabtu, 26 Sep 2020 08:49

Covid-19: Antara Bunuh Diri dan Membunuh

Covid-19: Antara Bunuh Diri dan Membunuh

Sabtu, 26 Sep 2020 05:37

Rezim Nekad dan Tuli

Rezim Nekad dan Tuli

Jum'at, 25 Sep 2020 23:34

WhatsApp Akan Bisa Digunakan di 4 Perangkat

WhatsApp Akan Bisa Digunakan di 4 Perangkat

Jum'at, 25 Sep 2020 22:33

Inggris Dan Prancis Catat Jumlah Kasus Harian COVID-19 Tertinggi

Inggris Dan Prancis Catat Jumlah Kasus Harian COVID-19 Tertinggi

Jum'at, 25 Sep 2020 22:00

Jejak Perempuan dalam Membangun Peradaban

Jejak Perempuan dalam Membangun Peradaban

Jum'at, 25 Sep 2020 21:54

GERAK Jabar Sampaikan Ikrar Siap Berjuang Membela Agama, Bangsa dan Negara

GERAK Jabar Sampaikan Ikrar Siap Berjuang Membela Agama, Bangsa dan Negara

Jum'at, 25 Sep 2020 21:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X