Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.142 views

Sejumlah Pemikir Islam Dirikan Partai Indonesia Beradab

SURAKARTA (voa-islam.com)—Sejumlah tokoh pemikir Islam mendeklarasikan berdirinya Partai Indonesia Beradab (Parida), Jumat (5/7/2019).

Dalam keterangan pres resmi yang dimuat Parida.id dijelaskan bahwa deklarasi bertepatan dengan 60 tahun keluarnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Juru bicara Parida, Ir Arif Wibowo mengatakan sebetulnya Parida telah berdiri pada 17 Ramadhan 1440 H/21 Mei 2019 bertempat di Jakarta.

“Telah diluncurkan sebuah partai politik bernama Partai Indonesia Beradab, disingkat Parida,” ujar Arif.

Arif mengungkapkan pimpinan sementara Parida akan melengkapi syarat-syarat legal sebagaimana lazimnya satu partai politik di Indonesia, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Berdirinya partai ini dilandasi dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT, dengan dorongan kewajiban kifayah untuk melanjutkan amanah perjuangan para ulama di Nusantara. Kami berharap, semoga Allah SWT meridhoi amal perbuatan kami, dan kami mampu menjaga keikhlasan niat dalam berjuang,” ungkap Arif.

Untuk kepengurusan diangkat sebagai Presiden Parida Dr. Nirwan Syafrin Manurung. Nirwan yang lahir di Tanjung Balai Sumatera Utara pada 18 September 1972 saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor. 

Nirwan selama ini dikenal sebagai pakar pemikiran Islam dan pemikiran kontemporer. Ia menyelesaikan doktornya di International Islamic University Malaysia (IIUM) tahun 2010, dengan disertasi  berjudul : “A Critique of Reason in Contemporary Arab Philosopical Discourse with Special Reference to Muhammad Abid al Jabiri”.

Seperti kebanyakan kaum intelektual muslim, Dr. NIrwan sebenarnya enggan terjun dalam dunia politik. Tapi, karena didesak oleh para sahabatnya, maka ia bersedia memimpin Parida, dengan harapan  ingin  turut andil membangun dunia politik yang diwarnai dengan gagasan-gagasan ilmiah dan akhlak mulia.

Kemudian Dr. H. Tiar Anwar Bahtiar diangkat sebagai Ketua Dewan Pakar Parida. Tiar sudah dikenal luas sebagai salah seorang sejarawan dan penulis cukup produktif di Indonesia.  Tahun 2018, bukunya yang berjudul Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia menyabet penghargaan buku terbaik dalam Islamic Book Fair (IBF) 2018 di Jakarta untuk kategori buku ilmiah (non-fiksi) tahun 2015, Tiar menyelesaikan program doktornya dalam Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia. Alumnus Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar Garut tahun 1997 ini kemudian melanjutkan kuliahnya di Jurusan Sejarah Universitas Padjajaran. Pengalaman organisasinya, pernah menjadi Pemimpin Redaksi Jurnal Mahasiswa Pyramid (1999-2000), Direktur Konsorium Jatinangor Peduli (2000-2002), dan Ketua Umum HMI Cabang Jatinangor (2002-2003), dosen di STAI Persis Garut, juga pernah menjadi Ketua PP Pemuda Persatuan Islam.

Berbagai tulisannya tersebar di berbagai media massa seperti Kompas, Republika, Hikmah, Risalah, Al-Muslimun, Pikiran Rakyat dan yang lainnya. Ia juga menerjemahkan buku-buku berbahasa Arab, diantaranya Qaradhawi Bicara Soal Wanita (2003), Menaklukkan 7 Penyakit Jiwa (2004), Tafsir Surat Al-Fatihah (2003), Jalan Kebahagiaan (2006), dan lain-lain.

Beberapa bukunya yang sudah diterbitkan:  Pergulatan Pemikiran Kaum Muda Persis (2004), HAMAS: Kenapa Dibenci Amerika? (2006; mendapatkan FLP Award sbg Buku Terbaik Non-Fiksi 2009), Ayat-Ayat Penyejuk Hati (2007), Lajur-Lajur Pemikiran Islam (2007), PERSIS dan Politik (2011), Sejarah Nasional Indonesia Perspektif Baru (2011), Sejarah Pesantren Persis (2012), Risalah Politik A. Hassan (2012), Pendidikan Berbasis Kebudayaan (2015), Pertarungan Pemikiran Islam (2017),  Setengah Abad Dewan Dakwah Mengokohkan NKRI (2017), JAS MEWAH (2018), Politik Islam di Indonesia (2019).

Sementara Ir Arif Wibowo menjabat sebagai juru bicara Parida. Arif dikenal sebagai seorang wirausahawan yang juga intelektual muslim yang aktif dalam kajian tentang Islam dan Budaya Jawa. Karya-karya dalam wujud buku maupun artikel ilmiah, yang dimuat media lokal maupun nasional, dapat dinikmati sebagai bacaan yang renyah dan bernas.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Negeri 11 Maret Surakarta (UNS), ini kaya dengan pengalaman organisasi dan aktivitas seputar pertanian. Ia pernah terlibat dalam Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) kota Surakarta pada 1998 hingga 2000. Sosok yang ramah dan dinamis ini sejak 2005 hingga saat ini juga berpartisipasi aktif sebagai pendamping Kelompok Tani Organik, Tani Agung Boyolali. Pria kelahiran Purworejo pada 5 Februari 1971 ini juga dipercaya sebagai koordinator Pusat Studi Peradaban Islam (PSPI) Surakarta sejak 2009 hingga saat ini.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X