Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.127 views

Santri Darul Aman Gombara Raih Gelar Juara Kombanas Virtual 2021

MAKASSAR (voa-islam.com)--Santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa dalam kedua Kompetisi Bahasa Arab Nasional (Kombanas) Virtual 2021 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Pesantren Darul Aman yang berlokasi di Gombara tempat Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta pernah nyantri ini berhasil menyabet dua gelar juara sekaligus, yakni Juara 1 dan Juara 2 untuk dua ketegori SMP dan SMA.

Untuk kategori SMP,  Saffanah dari SMP Buq'atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara Saffanah tampil sebagai Juara 1 dan Muhammad Haeril Juara 2.

Sedangkan kategori SMA,  Andi Nur Adnin tampil sebagai Juara 1 dan Akbar Fadila sebagai Juara 2. Keduanya merupakan santri dari SMA Buq'atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara.

Kompetisi Kombanas Virtual 2021 Tingkat Provinsi Sulsel ini digelar pada Sabtu (18/9/2021) dan pengumuman pemenangkan dilakukan pada Sabtu (25/9/20210.

Kepala Lembaga Bahasa Darul Aman Gombara Aminuddin, Lc., LLB (Hons) mengatakan, keberhasilan santri-santriyah SMP dan SMA Buq'atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara dalam Kombanas 2021 tidak terlepas dari bimbingan semua pihak mulai dari direktur, kepala sekolah dan bimbingan guru pendamping.

“Berkat dukungan dari semua stakeholder tiap tingkatan sekolah dan kesungguhuhan santri-santriyah kita, alhamdulilah keluar menjadi juara di tingkat kota dan tingkat provinsi. Harapannya semoga dapat meraih juara kembali di tingkat nasional pada Oktober mendatang," ungkap  Aminuddin, Lc dalam keterangannya, Minggu (26/9/2021).

Menurut Aminuddin, prestasi di Kombanas 2021 ini menjadi pertanda bahwa pembinaan bahasa di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara mengalami kemajuan,.

"Dengan demikian, prestasi ini menjadi motivasi bagi yang lainnya, bukan hanya di lingkup Pondok Pesantren Darul Aman Gombara tapi juga pada pondok-pondok Pesantren, Madrasah-Madrasah dan sekolah-sekolah yang mengajarkan Bahasa Arab," katanya.

Sebagaimana Diketahui bahwa lomba Kompetisi Bahasa Arab Nasional Virtual Ke-4 ini diadakah oleh F-MGMP Bahasa Arab Indonesia. Diikuti oleh sekolah-sekolah sesuai kategori, baik tingkat SMAN, SMAS, MAN, MA Swasta, SMK, SMPN, SMPS, MTs Negeri dan Swasta, serta SD Tingkat Provinsi.

Sementara itu, Kepala SMP SMP Buq'atun Mubarakah Pesantren Darul Aman, Mulahizhun Amien, S.Pd.I, MM mengatakan, SMP dan SMA Buq'atun Mubarakah merupakan Sekolah Penggerak angkatan Pertama yang berada di Makassar, dimana pembelajaran berpusat pada Peserta Didik agar dapat berpartisipasi secara aktif, dan selalu ditantang untuk berfikir kritis, yang merupakan salah satu Profil pelajar Pancasila.

"Alhamdullah jumlah siswa-siswi kita untuk tingkat SMP ada 677 santri-santriyah dan tingkat SMA ada 589 santri-santriyah," kata Mulahizhun Amien.

Direktur Pondok Pesantren Darul Aman Yusuf Mantasya, LC menambahkan, meski sarana dan prasana Pesantren Darul Aman sederhana, namun telah menghasilkan alumni-alumni yang berkiprah di masyarakat dalam berbagai bidang

"Pesantren Darul Aman alhamdulillah telah menghasilkan alumni-alumni yang mampu berkiprah di masyarakat, baik sebagai akademisi dan praktisi pendidikan, da'i, imam masjid, tenaga kesehatan, maupun sebagai pengusaha, politisi dan bidang-bidang lainnya lainnya," ungkap Yusuf Mantasya.

Saat ini, lanjut dia, Pesantren Darul Aman terus berbenah dalam hal sarana prasarana, muatan kurikulum dan sistem pendidikan dan pembinaan.

"Hal ini agar dapat terus memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi ummat dan bangsa," pungkasnya.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X