Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.661 views

Karakteristik Quran Sebagai Wahyu Bantah Tuduhan Orientalis

 
JAKARTA (voa-islam.com) - Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Jakarta angkatan ke-12 menggelar pertemuan ketujuh pada Rabu malam (2/11).
 
Narasumber malam itu, Muhammad Fadhila Azka, S.Th.I, M.Ag. membahas mengenai Konsep Wahyu dan Kenabian dan dipandu oleh Muhammad Ericson Zaid sebagai moderator. Sebelum memaparkan materi, Azka memulai dengan mengucapkan rasa syukur karena bisa kembali mengajar di kelas SPI secara offline setelah melewati masa pandemi.
 
Azka menjelaskan, dalam Qamus al-Muhith karangan Majduddin Muhammad bin Ishaq al- Fairuzabadi al-Syairazi, wahyu disimpulkan pada kisaran sisi kebahasaan sebagai al- maktub (tertulis), al-risalah (pesan), ilham, al-kalam al-khafi (pembicaraan yang tersembunyi), as-shawtu yakuunu fin naasi wa ghayrihim kal wahy wahaat (suara yang terdapat dalam manusia dan yang selainnya seperti oase). Wahyu dan yang diwahyukan kepadanya adalah sebagai sesuatu yang tidak untuk diketahui oleh selainnya.
 
Secara teknis atau terminologis dapat dipahami bahwa wahyu adalah Risalah yang menuntut adanya pemberi pesan dan penerima pesan. Tanpa salah satu dari keduanya maka tidak dimungkinkan terjadinya wahyu. Hal ini membantah tuduhan orientalis dan kaum liberal bahwa wahyu adalah buatan Muhammad Rasulullah. Wahyu bukanlah produk pikiran, khayalan atau biasa di istilahkan creative imagination/reason.
 
Alumnus Fakultas Usluhuddin UIN Syarif Hidayatullah itu menerangkan bahwa salah satu upaya kaum liberal dalam mengaburkan ajaran Islam adalah dengan mengaburkan definisi dari konsep-konsep kunci.
 
Terkait wahyu, mereka justru mengambil pengertian Kristen, yang dikutip Ulil Abshar Abdalla, Luthfi As Syaukanie, dan Abdul Moqsith Ghazali dalam buku “Metodologi Studi Al-Qur’an” dari Montgomery Watt, Islamic Revelation in the Modern World sebagai berikut:
 
“A made of divine activity by which the Creator communicates himself to man and by so doing, evokes man’s response and cooperation”
 
(“Satu aktifitas ilahiah yang mana sang Pencipta mengkomunikasikan dirinya kepada manusia, yang menyulut dan akhirnya melibatkan respon juga kerjasama manusia”)
 
Karakteristik Quran sebagai wahyu, ialah eksidental dan transendental, menolak masuk dalam kompromi berkenaan kepercayaan, mendasarkan konsep agama pada fitrah alami manusia, tidak menjadi teka-teki dan tidak terdapat didalamnya logika eksternal, konsep- konsep dalam Quran sangat luas dan wahyu otentik adalah bukan adanya ruhabiyyat Allah ataupun sebaliknya.
 
 
Tercatat puluhan peserta yang hadir malam itu dan terlihat menikmati jalannya perkuliahan. Muhammad Pendi, salah satu peserta juga memberikan pendapatnya mengenai materi konsep wahyu dan kenabian ini.
 
"Dengan belajar konsep wahyu yang tepat dan benar sumbernya, kita sebagai manusia dapat mengenali alasan kita beribadah serta mengenali konsep agama yang sesuai dengan fitrah manusia,” tangkasnya. [lutfhi/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X