Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.185 views

Tgk Yusran Hadi: Bukti Cinta Nabi SAW Adalah Menjadikannya Sebagai Idola Dan Panutan Dalam Kehidupan

BANDA ACEH - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh Dr. Tgk. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. mengingatkan umat Islam mengenai kewajiban menjadiikan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam (SAW) sebagai idola dan panutan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sudah menjadi kewajiban bagi setiap  muslim untuk menjadikan Nabi SAW sebagai sosok idola dan panutannya dalam kehidupannya sehari-hari, baik dalam persoalan ibadah, muamalah maupun akhlak (perilaku)."

"Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, “Sesunggguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah suri tauladan bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab: 21). Allah swt juga berfirman, “Sesunggguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.” (Al-Qalam: 4)."

"Begitu mulianya akhlak Nabi SAW sehingga datang pujian langsung dari Allah ta’ala, agar kita meneladaninya. Pujian Allah SWT terhadap Nabi SAW ini berarti perintah Allah SWT kepada umat Islam untuk menjadikannya sebagai idola dan panutan dalam kehidupan sehari-sehari, baik dalam persoalan  ibadah, muamalah maupun akhlak."

Hal ini disampaikan oleh Dr. Tgk. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. dalam khutbahnya pada shalat Jum'at hari ini  (15/9/23) di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selanjutnya Ustaz Yusran yang juga Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh pada International Islamic University Malaysia (IIUM) menyayangkan perilaku sebahagian muslim yang tidak menjadikan Nabi saw sebagai idola dan panutannya.

"Namun sangat disayangkan, selama ini sebahagian umat Islam telah meninggalkan panutan mereka ini. Mereka telah kehilangan jati dirinya sebagai seorang muslim dengan mengutamakan manusia lain daripada Nabi saw dan menjadikan orang-orang yang seharusnya tidak patut dijadikan panutan."

"Mereka lebih senang dan bangga menjadikan para artis/selebritis, pemain bola, pemain musik, politikus, filusuf dan lainnya sebagai idola dan panutan mereka daripada Nabi SAW. Bahkan orang kafir sekalipun dijadikam idola dan panutan."

"Akibatnya, muncullah berbagai maksiat seperti kriminal, kerusakan moral, paham sesat, dan maksiat lainnya. Tentu saja kita mesti risau dengan kondisi umat Islam seperti ini. Ini permasalahan yang harus mendapat perhatian dan diperbaiki segera," ujar tgk Yusran.

Tgk Yusran yang juga Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh menegaskan bahwa kualitas iman seseorang sangat tergantung sejauh mana  kecintaannya kepada Nabi SAW .

"Kualitas iman seseorang sangat ditentukan dengan kecintaannya kepada Rasul saw. Orang yang memiliki iman yang sempurna selalu memposisikan cintanya kepada Rasul SAW dengan posisi urutan pertama dibandingkan kepada manusia lain. Cintanya kepada Rasul SAW melebihi cintanya kepada orang lain termasuk orang tuanya, istri/suaminya, anaknya, bahkan dirinya sendiri."

"Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah sempurna iman salah seorang kalian sehinga aku lebih dicintai dari kedua orang tuanya, anaknya dan manusia semua” (HR. Al-Bukhari). Rasulullah saw juga bersabda, “Tidaklah sempurna iman seseorang sehingga aku lebih dicintai dari dirinya sendiri”. (HR. Ahmad)."

"Bukti cinta kepada Nabi SAW adalah menjadikannya sebagai sosok idola dan panutan dengan mengikuti sunnahnya, baik dalam persoalan ibadah, muamalah maupun akhlak," jelas tgk Yusran.

Selanjutnya Tgk Yusran yang juga Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh pada International Islamic University Malaysia (IIUM) menjelaskan keagungan akhlak Nabi SAW untuk diteladani oleh umat Islam.

"Nabi saw seorang sosok manusia yang memiliki kepribadian yang paling agung dan mulia di muka bumi. Akhlak beliau adalah Al-Qur'an, sebagaimana ditegaskan oleh Aisyah ra. ketika ia ditanya tentang akhlak Rasul saw, maka ia menjawab, “Akhlak beliau adalah al-Qur’an.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i). Kepribadian Nabi saw yang agung ini merupakan amalan ajaran al-Quran yang wajib kita contoh."
 
"Sepanjang hidupnya, Nabi SAW orang yang paling jujur. Apa yang dikatakannya adalah kebenaran. Beliau tidak pernah berdusta, baik saat sungguhan maupun bergurau. Beliau memerintahkan umatnya untuk berkata benar (jujur) dan mengecam perbuatan dusta."

"Nabi SAW seorang yang amanah. Beliau menunaikan amanah dari Allah SWT untuk disampaikan kepada ummat dengan sempurna tanpa mengurangi atau melebihkan sehuruf pun. Beliau menyampaikan semua pesan-pesan (wahyu) Allah SWT tanpa menyembunyikan sedikitpun. Beliau selalu bersikap amanah dan memerintahkan umatnya untuk amanah. Sebaliknya, beliau mengecam orang yang tidak amanah."

"Nabi SAW seorang yang adil dalam bersikap dan memutuskan perkara. . Beliau selalu berlaku adil dan memerintahkan ummatnya untuk berlaku adil. Beliau mengecam orang yang berlaku tidak adil (zhalim) dengan dosa besar."

"Nabi SAW seorang yang rendah hati.  Beliau menjenguk orang sakit, mengasihi orang fakir dan miskin, menyantuni orang sengsara, dan menolong orang yang lemah. Beliau duduk dan tidur di atas tanah beralaskan tikar. Nabi tidak suka pujian dan melarang pujian terhadap dirinya. Beliau melarang orang lain berdiri dan berhenti menundukkan kepalanya untuk menghormati kedatangannya."

"Meskipun beliau seorang Nabi bahkan kepala negara Islam sedunia, beliau membawa sendiri keperluan keluarganya, memperbaiki sendiri sandalnya, menjahit sendiri bajunya yang robek, memeras sendiri susu kambingnya, memotong dagingnya bersama isterinya, dan menyuguhkan makanan kepada tamunya. Beliau tidak perlu pembantu atau ajudan."

"Nabi SAW seorang yang dermawan. Kedermawanan beliau lebih cepat dari pada angin yang bertiup (HR. Bukhari). Kedermawanannya bagaikan orang yang tidak pernah takut jatuh miskin dan tetap berinfaq meskipun hanya memiliki sedikit harta atau makanan."

"Nabi SAW seorang da'i dan murabbi yang sempurna. Beliau bersikap lembut dalam memberikan dakwah dan tarbiyah . Beliau menyentuh kalbu manusia dengan cara yang paling lembut. Beliau seorang da'i yang suskes yang dakwah dan tarbiyah. sesuai dengan perintah Allah dlm surat An-Nahl ayat 125."

Nabi SAW seorang pemimpin sejati. Kepemimpinan beliau patut dicontoh oleh para pemimpin saat ini. Beliau pemimpin yang cerdas, jujur, amanah dan adil, bukan pemimpin yang bodoh, dusta, korup, khianat dan zhalim. Beliau pemimpin yang berani menegakkan Syariat Ialam di muka bumi ini, membela kebenaran dan menghancurkan kebatilan, bukan pemimpin pengecut dan takut kehilangan jabatan karena menegakkan syariat Islam.

"Beliau pemimpin yang pemurah dan peduli rakyat, bukan pemimpin yang kikir dan hanya memperkaya diri, keluarga dan kelompoknya. Beliau pemimpin yang wara’ dan bertakwa, bukan pemimpin yang fasiq dan munafiq. Beliau pemimpin yang tawadhu’, bukan pemimpin yang sombong dan angkuh."

"Beliau pemimpin yang murabbi  dan muallim, bukan pemimpin yang hanya pandai bicara dan perintah saja. Beliau pemimpin yang sederhana dan zuhud, bukan pemimpin yang hidup mewah dan menghambur-hamburkan uang rakyat untuk kepentingan pribadi, keluarga dan golongannya," pungkas Wakil Ketua Majelis Pakar Parmusi Aceh ini.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X