Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.609 views

Hakikat Demokrasi Itu Perbudakan

London (voa-islam.com) Amerika Serikat sangat marah terhadap Edward Snowden, seorang pejabat dinas rahasia Amerika CIA, yang membelot ke Rusia, dan membawa dokumen-dokumen yang sangat rahasia, terkait kebijakan pemerintah Amerika yang sekarang ini mengawasi seluruh aktifitas rakyatnya.

Semua sarana hidup di Amerika di dalam pengawasan pemerintah oleh agen rahasia. Tindakan pemerintah Amerika ini, karena paranoid terhadap terorisme.

Demokrasi berarti perbudakan
Waktu Publikasi : 11 September 2013 , 00:22
Mungkin aku keluar dari langkah dan Inggris hanya tidak berpikir privasi penting
Mengapa protes atas Edward Snowden dan pengawasan begitu terbatas ? Apakah masyarakat tidak tertarik ?
Pada pernikahan minggu lalu , saya duduk di sebelah seorang novelis yang menulis tentang perang dingin , jadi aku mengatakan padanya kisah bagaimana Intelijen Rahasia berterima kasih kepada seluruh agen-agennya di Jerman Timur setelah jatuhnya Tembok Berlin . Ini adalah cerita bergerak dari usia lain dan aku tahu itu benar .
Seperti Jerman mendekati unifikasi , pemerintah Her Majesty resmi pembayaran - saya percaya - 30.000 DM ( £ 10.200 ) untuk semua agen yang telah mempertaruhkan hidup dan kebebasan untuk membantu MI6 . Sebuah tim perwira intelijen dikerahkan untuk melacak mantan agen , atau keluarga mereka , dan menyajikan cek dengan rasa syukur pemerintah . Itu adalah pekerjaan yang panjang dan emosional , untuk perwira muda mendengar banyak cerita tentang kehilangan menyiksa , pengorbanan dan tahun yang dihabiskan di penjara .
Akhirnya , ada satu orang tersisa di daftar. Dia tiba di kantor MI6 di jalan raya utama Unter den Linden , di Berlin Timur tua , tapi bukannya mengambil uang , ia bergegas keluar kembali ke jalan , dikejar oleh salah satu mata-mata dengan cek. Ia menolak untuk kedua kalinya , menunjuk panik menuju Gerbang Brandenburg . Bukankah pemerintah Inggris memahami bahwa dia melakukan itu semua agar anak-anaknya bisa berjalan melalui pintu gerbang sebagai warga negara bebas ?
Ini menangkap banyak tentang waktu yang membentuk keyakinan politik saya , serta keajaiban 1989 pembebasan. Selama perang dingin, kita dihargai kebebasan dan privasi karena kami membandingkan hidup kita dengan kondisi tirani di blok komunis . Apapun kesalahan masyarakat barat , kami tahu bahwa kami lebih baik dari masyarakat-masyarakat dan kami tahu bahwa kami berada tepat .
Cerita ini telah bermain di pikiran saya baru-baru ini , karena semua musim panas saya telah membingungkan atas kurangnya reaksi di Inggris untuk wahyu Snowden tentang AS dan Inggris komunikasi pengawasan, kurangnya bahwa pada beberapa saat telah tampak bahkan lebih luar biasa dari wahyu itu sendiri . Hari ini , tampaknya, kita merasa nyaman dengan sistem total intrusi dekat yang akan ngeri setiap pembalap Inggris dewasa 25 tahun yang lalu . Saat itu, mata-mata Barat mengakui pentingnya kebebasan dengan menghormati para korban jaringan-jaringan , sekarang , mereka memata-matai rakyatnya sendiri .
Kami telah berubah , yang jelas , dan , jujur ​​saja , aku bertanya-tanya apakah aku , dan orang lain yang peduli tentang privasi dan kebebasan , telah ditinggalkan oleh masyarakat yang menerima pengawasan sebagai bagian dari dunia yang canggih kita hidup masuk Meskipun demikian , mengabaikan cerita Snowden oleh media Inggris tampaknya luar biasa.
Jumat lalu, pesanan pada 08:00 buletin berita hari ini program , biasanya diandalkan sebagai pedoman pada perkembangan di rumah dan di luar negeri , adalah sebagai berikut . Putin tetap kukuh pada Suriah di G8 . Blair pada intervensi Suriah . Nasib pengungsi Suriah . Regulator keperawatan panggilan untuk pemeriksaan pada perawat . Mantan BBC DG menuduh BBC kepercayaan ketidakjujuran . Sebuah rekaman telepon dari kecelakaan kereta api baru di Spanyol . Komite parlemen menuduh PNS ketidakmampuan . Cina menemukan bahwa banyak orang Cina tidak dapat berbicara Mandarin dengan baik . Vole air di Inggris menurun drastis .
Tidak menyebutkan kisah memimpin dua surat kabar paling berpengaruh di dunia - New York Times dan Guardian - yang mengungkapkan bahwa pemerintah Inggris dan Amerika telah dikompromikan enkripsi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan internet untuk melindungi informasi konsumen , rincian perbankan mereka , medis catatan dan setiap bentuk komunikasi . The Mandarin dan item tikus air tampaknya menghitung lebih dari berita bahwa NSA dan GCHQ telah diam-diam berkolaborasi dengan teknologi dan internet raksasa untuk mendapatkan dekat akses total ke kehidupan online kami.
Meskipun BBC tampaknya lebih takut dan tunduk kepada otoritas daripada yang selama puluhan tahun , itu mengejutkan bahwa wartawan yang tidak memahami implikasi besar dari cerita ini . Apakah mereka mematuhi permintaan pemerintah itu tidak boleh digunakan ? Ataukah mereka mengabaikannya karena tampaknya tidak penting ? Apapun jawabannya , kita bisa tidak ragu bahwa itu adalah ketidak berdayaan jurnalistik bagi korporasi hanya mengakui wahyu-wahyu yang signifikan dalam item down- halaman di situs webnya . Hari ini memainkan peran besar dalam menetapkan agenda harian, tapi sejauh program prihatin , cerita ini penting tidak ada. Dan yang memberi bantuan kepada surat kabar yang juga mengabaikan wahyu , hampir pasti atas permintaan pemerintah .
BBC mungkin telah meninggal karena dingin yang mengelilingi cerita Snowden . Tiga minggu lalu , setelah mitra salah satu wartawan menulis tentang pokok Snowden di Guardian ditahan berdasarkan undang-undang teror di Heathrow , saya melakukan empat atau lima wawancara dengan BBC . Dalam kebanyakan , pewawancara ditampilkan tidak hanya kurangnya luar biasa dari pengetahuan tentang urusan Snowden , yang telah berlangsung selama lebih dari dua bulan , tapi semacam cadangan atau squeamishness tentang mendiskusikan hal ini di udara . Sulit untuk meletakkan jari Anda di atasnya , tapi itulah yang dingin terasa seperti .
Perdebatan ini telah dibatasi di Inggris lebih berhasil daripada di tempat lain di dunia yang bebas dan , mengejutkan , ini telah dengan kepatuhan media dan publik yang menganggap keterikatan mereka terhadap kebebasan untuk menjadi masalah warisan genetik . Jadi mungkin itu yang terbaik bagi saya untuk menerima bahwa BBC , bersama-sama dengan sebagian besar surat kabar, telah bergerak dengan masyarakat , meninggalkan aku dengan beberapa lama codgers privasi cinta , bertanya-tanya tentang penyebab pergeseran dalam sikap . Apakah itu hanya takut teror dan pedofil ? Apakah kita begitu kewalahan oleh kekuatan lembaga pengawasan yang kita merasa kita tidak bisa melakukan apa-apa ? Atau bahwa kita telah melupakan betapa berharga dan langka masyarakat yang benar-benar gratis dalam sejarah .
Berpuas adalah bagian besar dari kegagalan respon terhadap Snowden dan fakta bahwa tidak ada politisi senior yang telah menimbulkan kekhawatiran dan tidak ada partai politik telah memberikan kepemimpinan apapun mengkhawatirkan . Memang benar bahwa aparat rumit keseluruhan tampaknya seperti khayalan dan beberapa bisa membuktikan mengalami gangguan itu , karena ketika itu terjadi itu semudah gigitan nyamuk .
Tapi ini tidak menghentikan perkembangan ini merepresentasikan ancaman mendasar bagi masyarakat kita , yang semua agen berani di Jerman Timur akan mengerti dalam sekejap . Mereka akan memberitahu Anda bahwa ini bukan tentang kualitas yang sangat direndahkan privasi , tetapi kekuasaan tentang politik. Apa cerita Guardian- New York Times pekan lalu memberitahu kita adalah bahwa kita jauh lebih sedikit daripada yang seharusnya kita dan bahwa pengawasan terbatas akan menjadi ancaman bagi kita semua . Itu harus menjadi perhatian penting bagi para jurnalis , bahkan pada BBC London (voa-islam.com) Amerika Serikat sangat marah terhadap Edward Snowden, seorang agen rahasia yang bekerja di pusat dinas CIA, membelot ke Rusia dengan membawa rahasia yang sangat penting. Termasuk dokumen-dokumen yang merupakan kebijakan pemerintah Amerika, terutama menghadapi keamanan dan ancaman terorisme. Amerika melakukan tindakan yang sangat melanggar hak-hak dasar bagi rakyatnya.

Mengapa Edward Snowden yang memilliki peran sangat penting di dinas intelijen Amerika, kemudian berani membelot meninggalkan negara dan mendapatkan suaka politik di Rusia? Ini merupakan peristiwa yang sangat penting, dan bahkan telah menimbulkan ketegangan hubungan antara Amerika-Rusia.

Minggu lalu,  seorang novelis yang menulis tentang perang dingin, mengatakan tentang  kisah bagaimana Intelijen Rahasia berteria kasih kepada seluruh agennya di Jerman Timur setelah jatuhnya Tembok Berlin. Tentu cerita ini bukan sebuah fiksi, tetapi kenyataan yang terjadi dikalangan dunia intlijen.

Setelah Jerman yang berhasil bersatu (unifikasi), kemudian pemerintah Inggris, yaitu Her Majesty (Ratu Inggris)  resmi membayar - 30.000 DM ( £ 10.200 ) untuk semua agen yang telah mempertaruhkan hidup dan kebebasannya membantu MI6 (Dinas Intelijen Inggris).

Selanjutnya, sebuah tim perwira intelijen dikerahkan untuk melacak mantan agen, atau keluarga mereka, dan memberikan cek sebagai ungkapan rasa syukur pemerintah. Karena pekerjaan di bidang intelijen yang panjang dan terkadang penuh emosional. Seorang perwira muda mendengar banyak cerita tentang bagaimana menyiksa, dan pengorbanan bertahun-tahun yang dihabiskan di penjara .

Seperti dikisahkan, ada satu orang agen tersisa di daftar. Dia tiba di kantor MI6 di jalan utama Unter den Linden, di Berlin Timur, tapi bukannya mengambil uang, ia bergegas keluar kembali ke jalan, dikejar oleh salah satu mata-mata dengan cek. Ia menolak untuk kedua kalinya, dan lari menuju Gerbang Brandenburg. Bukankah pemerintah Inggris memahami bahwa dia melakukan itu semua agar anak-anaknya bisa berjalan melalui pintu gerbang sebagai warga negara bebas?

Peristiwa yang dialami selama di Berlin Timur (Komunis), kemudian membentuk keyakinan politik saya, serta keajaiban yang terjadi di tahun 1989, dimana ia dibebaskan, kenangnya. Selama perang dingin, kita menghargai kebebasan dan privasi, karena kami membandingkan hidup kita dengan kondisi tirani di blok komunis, tambahnya. Apapun kesalahan masyarakat barat, dan kami tahu bahwa kami lebih baik dari masyarakat kamunis, serta kami tahu bahwa kami berada di negara yang tepat, ungkapnya.

Tetapi, cerita tentang Edward Snowden baru-baru ini sangat membingungkan atas kurangnya reaksi di Inggris terhadap Snowden. Dari peristiwa Snowden itu menggambarkan, betapa di Amerika yang menganut sistem demokrasi dan menjunjung tinggi kebebasan, pemerintah telah mencipakan sebuah sistem pengawasan yang sangat luar biasa, dan mereka memata-matai rakyatnya sendiri. Inilah yang dilakukan pemerintah Amerika saat ini, dan pemerintah Amerika telah menciptakan sistem yang sangat tiranik.

"Kami telah berubah, dan jujur ​​saja, saya bertanya-tanya, apakah saya, serta orang lain yang peduli tentang privasi dan kebebasan telah menerima pengawasan sebagai bagian dari dunia yang canggih dalam kita hidup kita saat ini?, ujarnya. Peristiwa Snowden oleh media Inggris dianggap sebagai peristiwa yang sangat luar biasa.

Jumat lalu, pada 08:00 berita buletin hari ini, biasanya diandalkan sebagai pedoman pada perkembangan di dalam dan di luar negeri. Peristiwa yang disajikan berita, sebagai berikut. Putin tetap kukuh dukungannya kepada Suriah di G8. Tony Blair menginginkan intervensi terhadap Suriah. Nasib pengungsi Suriah sangat menyedihkan. 

Tetapi, tidak menyebutkan kisah pememimpin dua surat kabar paling berpengaruh di dunia - New York Times dan Guardian - yang mengungkapkan bahwa pemerintah Inggris dan Amerika telah membuat kompromi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan internet untuk melindungi informasi konsumen, rincian perbankan mereka, medis catatan dan setiap bentuk komunikasi. Pemerintah Amerika dan Inggris akan terus berusaha membatasi perusahaan internet, sekurang-kurangnya akan selalu mengawasinya.

Meskipun BBC tampaknya lebih takut dan tunduk kepada otoritas daripada yang selama puluhan tahun dijalankannya. Peristiwa  itu mengejutkan bahwa wartawan yang tidak memahami implikasi besar dari cerita ini. Apakah mereka mematuhi permintaan pemerintah? Ataukah mereka mengabaikannya, karena tampaknya tidak penting ?

Apapun jawabannya , kita bisa tidak ragu bahwa itu adalah ketidak berdayaan jurnalistik bagi korporasi hanya mengakui informasi yang signifikan dalam item di situs webnya. Hari ini memainkan peran besar dalam menetapkan agenda harian, tapi sejauh program yang serius, cerita ini penting tidak ada. Dan yang memberi bantuan kepada surat kabar yang juga mengabaikan wahyu , hampir pasti atas permintaan pemerintah .

BBC menghadapi peristiwa Snowden yang terus mengganggu dan menimbulkan kekawatiran. Tiga minggu lalu , setelah mitra salah satu wartawan menulis tentang Snowden di Guardian ditahan berdasarkan undang-undang teror di Heathrow.

Perdebatan ini telah dibatasi di Inggris, dan ini mengambarkan Inggris sudah tidaka ada lagi kehidupan yang bebas.  Ini  mengejutkan. Dan, semua meida patuh dan publik yang menganggap keterikatan mereka terhadap kebebasan untuk menjadi masalah yang mutlak.

Tetapi, semua nilai kebebasan di Barat mulai sirna dan dibunuh, karena mereka takut akan adanya terorisme, sampai kehidupan pribadi dan hak-hak dasar mereka sekarang dibatasi, dan bahkan kehidupan mereka diawasi dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi tinggi. Semua itu diberi kekuatan dengan undang-undang, seperti yang sekarang terjadi di Amerika.

Sekarang rakyat di Barat harus menerima kondisi di mana mereka harus selalu diawasi oleh pemerintah. Snowden adalah  fakta yang membongkar kehidupan di Barat, bahwa pemerintah sudah tidak lagi percaya terhadap rakyat mereka sendiri. Rakyat mereka harus diawasi selama 24 jam. Seluruah kehidupan mereka dimata-matai dengan berbagai perlatan canggih. Telepon mereka disadapi, internet, dan perangkat lainnya yang digunakan sehari-hari selalu diawasi oleh pemerintah.

Agen-agen MI6 yang begitu gigih berjuang di  Jerman Timur, membebaskan rakyat yang hidup di blok komunis di Jerman Timur, dan mereka semua menikmagti kebebasan. Tetapi, sekarang pemerintahan di Barat telah menciptakan sistem baru yang membelenggu rakyat mereka sendiri, yang melebihi sistem yang pernah terjadi di negara komunis Jerman Timur, yang begitu sangat luar biasa mengekang kehidupan rakkyatnya.

Kekuasaan politik yang sangat paranoid, akibat kegagalan pemerintah, dan ketidak mampuan mereka menghadapi situasi yang sudah berubah, dan langkah-langkah yang sangat agresif yang dijalankan oleh pemerintahan di Barat, khususnya terhadap Islam dan umat Islam, kemudian mereka menutup dengan sagnat ketat, terhadap kehidupan rakyatnya.

Persis seper cerita Guardian- New York Times pekan lalu memberitahukan bahwa Barat membuat sistem pengawasan yang akan menjadi ancaman bagi masa depan rakyat mereka sendiri. Itu harus menjadi perhatian penting bagi para jurnalis, ungkapnya.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Kamis, 25 Feb 2021 13:26

Yuk Bikin Logo atau Brosur Keren Infaq Seikhlasnya

Yuk Bikin Logo atau Brosur Keren Infaq Seikhlasnya

Kamis, 25 Feb 2021 12:42

Tolak Zuhairi Misrawi

Tolak Zuhairi Misrawi

Kamis, 25 Feb 2021 11:20

Pimpinan Majelis Tafsir Al-Qur'an Ustadz Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Pimpinan Majelis Tafsir Al-Qur'an Ustadz Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Kamis, 25 Feb 2021 11:15

Wajah Cerah dengan Face Mist Halal Berbahan Saffron Afghanistan

Wajah Cerah dengan Face Mist Halal Berbahan Saffron Afghanistan

Kamis, 25 Feb 2021 08:54

Kekeliruan Paradigma Emosi

Kekeliruan Paradigma Emosi

Rabu, 24 Feb 2021 23:00

Pendangkalan Aqidah Generasi Dampak Moderasi

Pendangkalan Aqidah Generasi Dampak Moderasi

Rabu, 24 Feb 2021 22:44

Bekerja untuk Akhirat

Bekerja untuk Akhirat

Rabu, 24 Feb 2021 22:12

Kerumunan Jokowi di Maumere, PKS: Apa Artinya Segala Upaya Penanggulangan Covid-19?

Kerumunan Jokowi di Maumere, PKS: Apa Artinya Segala Upaya Penanggulangan Covid-19?

Rabu, 24 Feb 2021 21:39

Perda Syariat Digugat, Dimana Hak Umat untuk Taat?

Perda Syariat Digugat, Dimana Hak Umat untuk Taat?

Rabu, 24 Feb 2021 21:38

Belajar dari Kisah Ashabul Kahfi: Ikhlas dalam Beribadah

Belajar dari Kisah Ashabul Kahfi: Ikhlas dalam Beribadah

Rabu, 24 Feb 2021 21:17

Jilbab Dihambat, Perda Syariat Digugat

Jilbab Dihambat, Perda Syariat Digugat

Rabu, 24 Feb 2021 20:51

Menjaga Keluarga dari Gerusan Kapitalisme

Menjaga Keluarga dari Gerusan Kapitalisme

Rabu, 24 Feb 2021 20:50

Akhiri Ketidakpastian Hukum, Partai Gelora Dorong Penerbitan Perppu dan Pengesahan RUU KUHP

Akhiri Ketidakpastian Hukum, Partai Gelora Dorong Penerbitan Perppu dan Pengesahan RUU KUHP

Rabu, 24 Feb 2021 20:43

Generasi, Akankah Jadi Tumbal Moderasi Beragama?

Generasi, Akankah Jadi Tumbal Moderasi Beragama?

Rabu, 24 Feb 2021 20:24

Manajemen Marah

Manajemen Marah

Rabu, 24 Feb 2021 20:05

Perang Lawan Rentenir, Legislator Ini Dorong Program Ibu Berdaya

Perang Lawan Rentenir, Legislator Ini Dorong Program Ibu Berdaya

Rabu, 24 Feb 2021 19:59

Jika Varian Baru Corona Masuk Ke Indonesia, Bagaimana Nasib Kita?

Jika Varian Baru Corona Masuk Ke Indonesia, Bagaimana Nasib Kita?

Rabu, 24 Feb 2021 19:47

Islam Solusi Kekerasan Seksual pada Perempuan

Islam Solusi Kekerasan Seksual pada Perempuan

Rabu, 24 Feb 2021 19:30

Sinergi ACT-Korps Marinir Bantu Korban Banjir Kabupaten Bekasi

Sinergi ACT-Korps Marinir Bantu Korban Banjir Kabupaten Bekasi

Rabu, 24 Feb 2021 19:29


MUI

Must Read!
X