Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
27.781 views

Tragedi Kemanusiaan Luar Biasa, Tiga Tahun Perang di Suriah

DAMASKUS (voa-islam.com) Tiga tahun sejak berlangsungya konflik di Suriah, lebih dari 10  juta warga Suriah dipaksa meninggalkan negara mereka, melarikan diri, dan menghadapi penderitaan dan  kematian. Suriah mendapat gelar negara terkemuka di dunia yang melakukan pengusiran terhadap rakyatnya, ungkap laporan oleh badan pengungsi PBB.

"Ini benar-benar tidak bermoral, dan menjadi bencana kemanusiaan skala yang sangat luar biasa. Tidak ada kemajuan yang berarti  menghentikan pertumpahan darah dan pembanaian secara keji oleh sebuah rezim", tambah Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Antonio Guterres mengatakan dalam siaran pers pada situs UNHCR, Jumat, 14/3/2014.

"Tidak ada upaya yang serius menghentikan perang, dan mewujudkan perdamaian. Dan tidak ada upaya meringankan penderitaan rakyat tak berdosa terperangkap dalam konflik dan terpaksa meninggalkan rumah mereka, keluarga,  pekerjaan dan sekolah mereka", tambah Antonioi. Konflik di Suriah benar-benar tragedi kemanusiaan yang tiada bandingannya dalam sejarah kemanusiaan. 

Pada hari Sabtu, 15 Maret lalu, Suriah memasuki tahun ketiga perjuangna melawan pemerintahan Presiden Bashar Al- Assad. Tiga tahun konflik, pemberontakan berubah menjadi perang sipil, memaksa jutaan warga Suriah meninggalkan rumah mereka, menurut UNHCR .

Di Lebanon saja, jumlah pengungsi  Suriah mendekati 1 juta dan bisa bertambah menjadi 1,6 juta pada akhir 2014,  jika kecenderungan ini terus berlanjut. Lebanon memiliki pengungsi tertinggi dari negara manapun dalam sejarah dengan hampir 230 terdaftar pengungsi Suriah untuk setiap 1.000 penduduk Lebanon .

Yang lebih dari 70 kali lebih banyak pengungsi per-penduduk seperti di Perancis, dan 280 kali lebih banyak seperti di Amerika Serikat. Jumlah pengungsi Suriah terdaftar paling tinggi  di Lebanon akan setara dengan hampir 19 juta pengungsi di Jerman dan lebih dari 73 juta di Amerika Serikat.

Jordan juga terhuyung-huyung ekonominya akibat arus pengungsi yang terus membanjiri Jordania, biaya  pengungsi Suriah di Jordan bisa mencapai  US $ 1,7 miliar.  Di negara miskin sumber daya ini, pemerintah Jordania mengeluarkan anggaran ratusan juta dollar, senilai subsidi tambahan bagi pengungsi Suriah yang harus mendapatkan air, roti, gas dan listrik .

Sebuah laporan di bulan Agustus 2013 oleh Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan ( OCHA ) mengatakan bahwa pengungsi dibagi oleh 110.000 di Mesir, 168.000 di Irak, 515.000 di Yordania, 716.000 di Lebanon dan 460.000 di Turki .

Sebanyak 52 persen dari pengungsi ini adalah anak-anak berusia 17 tahun atau di bawah .

Perjuangan Untuk Hidup

Meningkatnya jumlah pengungsi menyebabkan lonjakan permintaan perawatan kesehatan, kekurangan obat-obatan, dan air minum, terutama di bagian utara Yordania. "Krisis kemanusiaan ini konsekuensinya menghancurkan kehidupan sosial dan ekonomi Lebanon dan negara-negara lain di wilayah ini", kata Guterres .

"Mereka membutuhkan dukungan internasional yang jauh lebih besar daripada yang mereka terima, dan sejauh ini  baik secara finansial maupun dari segi komitmen, mereka masih melindungi pengungsi Suriah", tambahnya. Selain itu, dengan kecenderungan peningkatan pengungsi, Suriah berkontribusi terhadap pertumbuhan jumlah kedatangan tidak teratur dengan perahu di negara-negara Mediterania selatan .

Banyak pengungsi yang mencari kehidupan baru di Eropa, dan semakin banyak warga Suriah yang menggantungkan hidup mereka pada belas kasihan kelompok jaringan penyelundup manusia, dan seringkali dengan hasil yang tragis .

Tahun lalu, 700 orang meninggal ketika mencoba  menyeberangi Mediterania - di antara mereka sekitar 250 warga Suriah. Mereka juga menghadapi penutupan perbatasan dan mendorong para para pengungsi ke negara-negara tetangga .

"Dunia macam apa ini? Di mana banyaknya rakyat Suriah melarikan diri akibat konflik kekerasan, dan harus mempertaruhkan nyawa mereka  mencapai keselamatan, dan akhirnya ketika mereka  sampai diperbatasan mereka ditolak, dan kembali ke perbatasan?", tanya Guterres .

Laporan lain, Dana Anak-anak PBB ( UNICEF ), memperingatkan bahwa jumlah anak yang terkena dampak perang di Suriah, bertambah  dua kali lipat selama tahun lalu. Anak-anak mengalami penderitaan yang hebat, bukan hanya trauma akibat perang, tetapi mereka benar-benar tanpa harapan dan masa dpean. 

UNICEF mengatakan angka korban anak adalah yang tertinggi tercatat dalam konflik baru-baru ini di seluruh wilayah Suriah. Bahkan, pasukan Bashar dengan sengaja membunuhi anak-anak sebagai cara melakukan teror terhadap para pejuang yang memerangi Bashar. .

Laporan  PBB bahwa setidaknya 10.000 anak telah tewas dalam perang Suriah, namun angka-angka yang menurut perkiraan yang ada bahwa jumlah korban yang sebenarnya  lebih tinggi.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa lebih dari 136.000 telah tewas sejak pemberontakan terhadap Presiden Bashar al - Assad dimulai pada Maret 2011 .

Laporan UNICEF mengatakan 2 juta anak-anak membutuhkan beberapa dukungan atau perawatan psikologis. Sedangkan  5,5 juta anak-anak terkena dampak konflik yang sangat tragis. Beberapa dari mereka di dalam wilayah Suriah dan sebagoam tinggal di luar negeri sebagai pengungsi .

Ini lebih dari dua kali jumlah anak yang terkena dampak konflik pada Maret 2013 , ketika UNICEF memperkirakan telah berdampak 2,3 juta anak muda Suriah .

Jumlah anak-anak pengungsi di dalam wilayah Suriah telah meningkat menjadi hampir 3 juta, dan tahun lalu jumlahnya hanya 920.000. Sementara itu, UNICEF mengatakan jumlah pengungsi anak telah bertambah  menjadi 1,2 juta dari 260.000 sejak tahun lalu. Diantara 425.000 dari mereka berusia di bawah 5 tahun. Sungguh tragedi tanpa bandingan dalam kehidupan kemanusiaan. *wb/mashadi.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Latest News
Wakil Ketua MDMC Terima Penghargaan dari Texas A&M University

Wakil Ketua MDMC Terima Penghargaan dari Texas A&M University

Sabtu, 16 Nov 2019 09:49

Tiga Periode, Gak Salah?

Tiga Periode, Gak Salah?

Sabtu, 16 Nov 2019 09:48

Cacat Pertama Nadiem

Cacat Pertama Nadiem

Sabtu, 16 Nov 2019 09:40

Pahlawan Kesesatan

Pahlawan Kesesatan

Sabtu, 16 Nov 2019 09:27

Suicide Bom Mapolrabes Medan; Kenapa Polisi Rentan Menjadi Target Serangan Teror?

Suicide Bom Mapolrabes Medan; Kenapa Polisi Rentan Menjadi Target Serangan Teror?

Sabtu, 16 Nov 2019 09:15

Pertolongan Allah

Pertolongan Allah

Sabtu, 16 Nov 2019 09:11

Sejumlah Produsen Raih Halal Award dari LPPOM MUI

Sejumlah Produsen Raih Halal Award dari LPPOM MUI

Sabtu, 16 Nov 2019 08:11

Israel Serang Gaza, Mardani Ali Sera: Indonesia Harus Protes Keras PBB

Israel Serang Gaza, Mardani Ali Sera: Indonesia Harus Protes Keras PBB

Sabtu, 16 Nov 2019 07:41

Fenomena Desa Hantu, Potret Birokrasi Kapitalistik

Fenomena Desa Hantu, Potret Birokrasi Kapitalistik

Sabtu, 16 Nov 2019 06:42

MUI, Lantangkan Suaramu untuk Tegaknya Syariat

MUI, Lantangkan Suaramu untuk Tegaknya Syariat

Sabtu, 16 Nov 2019 05:39

Dorong Ormas Islam Bentuk Koperasi, Menteri ATR Dukung Kemajuan Ekonomi Ummat

Dorong Ormas Islam Bentuk Koperasi, Menteri ATR Dukung Kemajuan Ekonomi Ummat

Jum'at, 15 Nov 2019 21:08

Jusuf Kalla Dijadwalkan Buka Muktamar ke-6 KBPII

Jusuf Kalla Dijadwalkan Buka Muktamar ke-6 KBPII

Jum'at, 15 Nov 2019 20:22

Menlu AS Sebut Koalisi Anti-Islamic State Harus Pindah Fokus ke Afika Barat dan Sahel

Menlu AS Sebut Koalisi Anti-Islamic State Harus Pindah Fokus ke Afika Barat dan Sahel

Jum'at, 15 Nov 2019 17:05

Laporan: Islamic State Terbitkan 'Panduan' Bagi Calon Serigala Tunggal

Laporan: Islamic State Terbitkan 'Panduan' Bagi Calon Serigala Tunggal

Jum'at, 15 Nov 2019 16:05

Tentara Turki Bangun Pangkalan Militer Baru di Timur Laut Suriah

Tentara Turki Bangun Pangkalan Militer Baru di Timur Laut Suriah

Jum'at, 15 Nov 2019 15:05

Ratna Megawangi: Bangun Pendidikan Karakter Harus dengan Jiwa Mutmainnah

Ratna Megawangi: Bangun Pendidikan Karakter Harus dengan Jiwa Mutmainnah

Jum'at, 15 Nov 2019 10:50

Sandiaga Uno Katakan Revolusi Industri 4.0 Membawa Berkah Buat Pengusaha

Sandiaga Uno Katakan Revolusi Industri 4.0 Membawa Berkah Buat Pengusaha

Jum'at, 15 Nov 2019 09:33

Israel Kembali Serang Gaza Hanya Sehari Setelah Kesepakatan Gencatan Senjata

Israel Kembali Serang Gaza Hanya Sehari Setelah Kesepakatan Gencatan Senjata

Jum'at, 15 Nov 2019 08:45

Ketika Imam Kentut

Ketika Imam Kentut

Jum'at, 15 Nov 2019 08:14

Adhie Massardi: Kemerosotan Ekonomi Nasional Bukan Isu, tapi Fakta

Adhie Massardi: Kemerosotan Ekonomi Nasional Bukan Isu, tapi Fakta

Jum'at, 15 Nov 2019 07:35


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X