Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.362 views

Kelompok Afiliasi Al-Qaidah di Afrika Barat Nyatakan Tanggung Jawab atas Serangan pada Hotel di Mali

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Al Murabitoon, sebuah kelompok afiliasi Al-Qaidah yang beroperasi di Afrika Barat, telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan jibaku pada Jum'at (20/11/2015) pagi  di sebuah hotel mewah di Bamako, Mali.

Kelompok Al-Qaidah itu mengatakan tanggung jawab atas serangan Bamako dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Al Jazeera. Operasi itu dilakukan "dalam koordinasi dengan Al-Qaidah di Maghreb Islam Emirat Sahara.".

Al Murabitoon mengatakan para pejuangnya akan melepaskan sandera yang ditahan di hotel untuk "pembebasan para mujahidin di penjara Bamako ini." Selain itu, menuntut agar pasukan Mali dan Prancis menghentikan "penindasan terhadap rakyat Mali utara." Para mujahidin mengancam akan mengeksekusi para sandera jika tuntutan tidak dipenuhi dan mengatakan akan merilis pernyataan lengkap tentang serangan itu di lain waktu.

Serangan hari Jum'at dimulai ketika jihadis, konon mengendarai kendaraan dengan pelat diplomatik, menembus perimeter keamanan Radisson Blu Hotel dan kemudian menembak untuk membuka jalan mereka ke hotel. Setelah masuk, orang-orang bersenjata melakukan pencarian di hotel "lantai demi lantai, kamar demi kamar" menurut Reuters.

Jihadis mengatakan telah mengambil 170 sandera, termasuk sejumlah warga Amerika, Prancis, Cina, dan India. Sedikitnya 27 orang tewas dan diperkirakan 80 sandera dibebaskan setelah mereka mampu membaca ayat-ayat Al-Quran secara benar. Taktik memisahkan kaum Muslim dari sandera lainnya adalah salah satu yang sering digunakan oleh Al-Qaidah untuk menghindari membunuh umat Muslim.

Pasukan khusus Mali serta pasukan khusus AS dikatakan telah menyerbu hotel dalam upaya untuk membebaskan para sandera. Enam orang Amerika dikatakan telah dibebaskan oleh Pasukan Khusus AS.

Al Murabitoon dipimpin oleh Mokhtar Belmokhtar, seorang mujahid veteran Afrika yang secara terbuka menyatakan kesetiaan kepada Syaikh Ayman al Zawahiri. Belmokhtar dan pengikutnya telah berada di balik beberapa serangan spektakuler di Afrika Barat selama beberapa tahun terakhir, termasuk serangan jibaku di fasilitas gas In Amenas di tenggara Aljazair pada Januari 2013, dan serangan bunuh diri di Niger pada Mei 2013 yang menargetkan barak militer dan tambang uranium. Puluhan orang tewas dalam serangan ini.

Belmokhtar dan unitnya masing-masing dimasukkan oleh AS sebagai teroris global yang ditunjuk khusus dan Organisasi Teroris Asing.

AQIM cabang Sahara dipimpin oleh Yahya Abu Hammam, yang terdaftar oleh AS sebagai teroris global yang ditunjuk khusus untuk memainkan "peran kunci dalam kegiatan jihad kelompok ini yang sedang berlangsung di Afrika Utara dan Mali." (st/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X