Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.797 views

Taliban Lancarkan Serangan di 27 dari 34 Provinsi Afghanistan Sejak Penandatanganan Perjanjian Damai

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban telah melancarkan serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan di 27 dari 34 provinsi negara itu sejak menandatangani perjanjian dengan AS yang memfasilitasi penarikan pasukan Amerika.

Banyak dari operasi ini bukan "serangan kecil, tingkat rendah," seperti yang Jenderal Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan mencirikan serangan-serangan itu pekan lalu.

Taliban kini telah menyatakan tanggung jawab mereka atas 147 serangan sejak melanjutkan operasi ofensif terhadap pasukan keamanan Afghanistan pada 3 Maret, hanya tiga hari setelah menandatangani apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai "perjanjian damai".

Jumlah serangan yang dilaporkan - dan persentase provinsi yang terkena - mungkin sebenarnya berada di ujung bawah.

Taliban menyatakan tanggung jawab atas serangan-serangan itu dalam pernyataan yang dirilis di Voice of Jihad, situs resminya yang diterbitkan dalam bahasa Inggris, Dari, Pashto, Urdu, dan Arab. Jumlah ini hanyalah sebagian dari serangan yang dilakukan oleh Taliban; ini hanya serangan yang dipilih Taliban untuk dipublikasikan.

Operasi Taliban telah terjadi secara nasional, di 27 dari 34 provinsi di negara itu, dengan pengecualian provinsi Baymian, Daykundi, Ghor, Nuristan, Panjshir, Samangan, dan Takhar.

Operasi ekspansif ini tidak dilakukan oleh apa yang ditandai oleh Sekretaris Pertahanan AS Mark Esper pekan lalu sebagai "garis keras" Taliban yang gagal menghormati pengurangan dalam perjanjian kekerasan. Bahkan, juru bicara resmi Taliban telah menyatakan bahwa kelompok itu tidak terikat untuk mempertahankan pengurangan kekerasan, dan bersumpah untuk melanjutkan serangan terhadap pasukan Afghanistan. Mereka telah melakukan hal itu.

Alih-alih, pola operasi Taliban adalah bukti nyata dari upaya sistematis oleh kelompok itu untuk melanjutkan serangan di seluruh negeri dan memberikan tekanan tambahan pada militer dan polisi Afghanistan yang sudah kewalahan.

Berdasarkan serangan yang diakui Taliban, Helmand tetap provinsi paling kejam, diikuti oleh Balkh, Kandahar, Kunduz dan Nangarhar. Kelima provinsi ini secara konsisten mengalami serangan paling banyak di Afghanistan.

Mengecilkan operasi militer Taliban

Pekan lalu, Jenderal Milley mengecilkan serangan Taliban, menyebutnya sebagai sebagian besar tidak penting saat bersaksi kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat. Taliban, sesuai kesepakatannya dengan AS, tidak menyerang pasukan Amerika, tetapi hanya pasukan Afghanistan.

Milley mengatakan kekerasan Taliban terdiri dari "serangan kecil, tingkat rendah di pos pemeriksaan, dll,"

“Yang penting: Tidak ada serangan terhadap 34 ibu kota provinsi; tidak ada serangan di Kabul; tidak ada serangan profil tinggi; tidak ada pelaku bom jibaku; tidak ada [bom]  kendaraan jibaku; tidak ada serangan terhadap pasukan A.S. tidak ada serangan terhadap koalisi, ”Milley mencatat dengan optimis. "Ada daftar informasi lengkap tentang hal-hal ini yang tidak terjadi."

Namun, berdasarkan laporan Taliban, kelompok itu telah melakukan beberapa penyergapan yang signifikan, baku tembak dan pemboman pinggir jalan terhadap pasukan Afghanistan di sembilan ibukota provinsi: Kota Farah, Gardez, Ghazni, Jalalabad, Kota Kunduz, Lashkar Gah, Maiden Shahr, Pul-i- Khurmi, dan Tarin Kot.

Sementara serangan ini mungkin tampak kurang dari profil tinggi, itu tidak kurang mematikan bagi pasukan keamanan Afghanistan yang terkepung. Selain itu Taliban telah memfokuskan sebagian besar pertempurannya di distrik pedesaan Afghanistan untuk memposisikan dirinya untuk menyerang pasukan Afghanistan setelah penarikan militer AS.

Taliban secara efektif mengendalikan distrik-distrik yang mengelilingi beberapa ibukota provinsi, serta jalan raya yang mengarah ke ibukota-ibukota ini. Kota Farah, Kota Ghazni, Kota Kunduz, Lashkar Gah, Maimana, dan Tirin Kot semuanya pada dasarnya dikepung oleh Taliban. (TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X