Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.109 views

Mesir: Siswa Muslim Akan Diajar Pelajaran Kristen Yahudi

Kairo (voa-islam)Telah terjadi perdebatan sengit diparlemen Mesir disebabkan usulan kementrian untuk menyusun sebuah buku bersama yang berisi nilai-nilai dari tiga agama: Islam, Kristen dan Yahudi, dan diajarkan di sekolah-sekolah "demi memperdalam rasa nasionalisme."
 
Hal ini datang setelah diumumkannya persetujuan Menteri Pendidikan Ahmed Zaki Badr untuk mempelajari permohonan yang disampaikan oleh Menteri Keluarga dan Penduduk, Musyirah Khattab.
 
Meskipun Menteri Pendidikan berusaha menghindari perkara sensitif ini, dia menekankan untuk dilanjutkan pengajaran buku-buku agama di sekolah dan supaya tidak disentuh, namun usulan tersebut telah membangkitkan kemarahan perwakilan Ikhwanul Muslimin dan perwakilan lainnya dari Partai Nasional dan independen.
 
Mereka telah mengungkapkan rasa takut mereka terhadap pembicaraan sebelumnya mengenai isu "nasionalisme" untuk melarang atau mengurangi lagi jam pelajaran dan manhaj agama islam di sekolah-sekolah, atau barangkali perkara itu telah menjadi kesepakatan pemilu dengan bangsa Qibti, atau untuk mencari muka dalam menaggapi kritikan dari beberapa organisasi asing atas dugaan penindasan terhadap bangsa Qibti di Mesir.
 
Kantor Berita Al-Quds meyakini bahwa sejumlah perwakilan di parlemen Mesir mempersiapkan memorandum untuk disampaikan kepada pemerintah untuk mengetahui kebenaran isu terbaru tersebut yang akan mengurangi pelajaran tarbiyah Islam.
 
Pelanggaran hak asasi:

Organisasi HAM kristen Mesir mengkritik dugaan pemaksaan para siswa Kristen untuk mempelajari ayat-ayat Al-Qur'an dan menghapalkannya yang termasuk dalam kurikulum  bahasa Arab yang ditetapkan kepada anak-anak sekolah, terutama kisah-kisah sejarah Islam.
 
Organisasi-organisasi ini menganggap bahwa hal itu bertentangan dengan "nasionalisme" yang telah diatur dalam Amandemen terakhir dalam Konstitusi Mesir, bagaimanapun, intelektual Kristen yang lain tidak menemukan adanya kesalahan dalam mengajarkan ayat-ayat ini atau cerita islamiyah kepada anak-anak kristen dengan menganggapnya sebagai bagian dari bahasa Arab.
 
Sebelumnya para pengacara kristen Qibti telah memaksa Universitas Al-Azhar untuk menerima mahasiswa Kristen, yang telah ditolak oleh Presiden Universitas Al Azhar, beranggapan bahwa tidak ada tempat bagi orang-orang Qibti di universitas tersebut karena merupakan tempat studi Islam saja.
 
Sebelumnya sejumlah pemimpin partai Marxisme dan liberalisme di Mesir mengkritik sistem pendidikan, mereka menuntut penghapusan pelajaran-pelajaran pendidikan agama dan mengurangi ayat-ayat Al-Qur'an dari kurikulum, disampaikan selama "Konferensi Pendidikan dan nasionalisme" yang diselenggarakan di kantor pusat  partai sayap kiri di Kairo tahun lalu.

(ar/ aljazeera)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X