Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.819 views

Ramadhan di Negeri Moyangnya Sekuler

Masjid-masjid di Turki penuh sesak dengan jamaah yang ingin melaksanakan shalat tarawih. Ketika melihat begitu banyak animo Muslim Turki yang bergegas ke masjid dan melaksanakna shalat tarawih, sepertinya Turki bukan negeri yang menjadi moyang sekuler. Turki sampai hari ini konsitutisinya, menyatakan Turki sebagai negeri sekuler. Tetapi, sejak Partai AKP (Keadilan dan Pembangunan), berkuasa selama dua periode, kehidupan Islam dan kaum Mulsimin nampak di dalam kehidupan sehari-hari.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan,  menyampaikan pesannya, menyerukan meningkatkan kasih-kasang diantara kaum Muslimin, serta menciptakan persatuan, pada  hari Jumat. Pernyataan Erdogan itu, disampaikan saat meresmikan masjid baru di kota Istambul, yang dahulunya menjadi kerajaan Romawi, Konstitonipel.

Erdogan membuka Masjid Mimar Sinan, yang memiliki kapasitas untuk menjadi tuan rumah 10.000 jamaah, di distrik Ataşehir, terletak di sisi kota Asia.

"Mencintai satu sama lain adalah kebutuhan iman kita. Kita harus mengasihi satu sama lain. Kita tidak dapat bersikap masa bodoh terhadap satu Muslim dengan Muslim lainnya. Kami akan terus menegakkan dan membangun solidaritas dan persatuan, dan Turki akan menjadi tempat yang jauh berbeda dalam semua aspek di masa depan, "kata Erdogan.

Erdogan menjelaskan masjid yang baru di bangun itu, merupakna masjid yang paling besar di Istambul, yang menamung 10.000 jamaah. Erdogan menyerukan bersamaan dengan Ramadhan ini, selanjutnya akan menjadi tonggak perdamaina dunia. Kota Istambul yang terletak di selat Bosporus, memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Tidak kurang setiap tahun kota itu, dikunjungi hampir 10 jutar turis dari Eropa, Asia Tengan, dan Timur Tengah.
Gabon Presiden Ali Bongo Ondimba, Ketua Parlemen Irak Osama al-Nujaifi, Wakil Perdana Menteri Bekir Bozdağ, Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, Menteri Pertahanan Ismet Yilmaz, Uni Eropa Affiars Menteri dan Kepala Perunding Egemen Bagis dan Menteri Pendidikan Ömer Dincer hadir di pembukaan.

Masjid yang sangat megah itu, merupakan sebuah  kompleks dengan beberapa fasilitas di dalamnya, termasuk ruang konferensi, ruang kelas, serta dapat memuat parkir mobil dengan kapasitas 270-kendaraan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Kota merilis pernyataan memberikan, dan rincian tentang masjid pada hari Jumat. "Masjid ini adalah campuran dari teknologi konstruksi saat ini dan gaya arsitektur  Ottoman ," ujar Erdogan Bayraktar. Pengukuran Ottoman teknik yang disebut "arşın" telah diterapkan dalam desain dan dimensi masjid, daripada sistem metrik, dan metode tradisional konstruksi masjid juga telah digunakan.

Bangunan baja dan hidrolik slipform sistem dipergunakan dalam pembangunan masjid. Tinggi kubah utama 42 meter dan rentangnya 27 meter. Masjid ini memiliki empat menara, masing-masing pada ketinggian 72 meter. Pekarangan masjid adalah 6.500 meter persegi. Bayraktar mengatakan masjid dibangun diatas tanah seluas 36.758 meter persegi tanah.

Turki perlahan-lahan terus berubah. Nilai-nilai sekuler akan perlahan berganti dengan nilai-nilai Islam. Bersamaan dengan waktu. Sekalipun kalangan sekuler berusaha mempertahankan nilai-nilai yang diwariskan Kemal at-Turk, yang sudha usang, dan tidak ada lagi yang tertarik.

Penjaga sistem sekuler yaitu militer, sekarang sudah tidak lagi memiliki kekuatan, dan berada di bawah supremi pemerintahan sipil. Selamat menikmati Ramdhan. mi

    

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X