Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.013 views

Dampak Buruk Perpecahan dan Taqlid Bagi Masa Depan Umat

Bismilllahirrahmannarrahiiim 

Allah telah menurunkan al-Qur’an dan Sunnah kepada Nabi kita Muhammadshallallahu alaihi wa sallam sehingga umat manusia dapat mempelajari dan mempraktekkannya. Inilah agama Islam yang telah disampaikan oleh Rasulullah untuk sahabatnya, yang kemudian mereka menyampaikannya kepada generasi setelahnya. Islam telah dijaga di dalam al-Qur’an dan Sunnah, dan Sunnah dijaga di dalam kitab-kitab hadis.

Jika seorang Muslim dengan pemahaman bahasa Arab mengambil Qur’an, atau Sahih al-Bukhari, atau Sahih Muslim, maka ia tidak membutuhkan ensiklopedi pengetahuan lagi untuk dapat memahami dan mempraktikkan agamanya secara keseluruhan, untuk mempelajari dasar-dasarnya semua telah difasilitasi oleh Allah.

Dia membuat Tauhid dan Iman dari hal-hal sederhana yang mana orang awam pun bisa mengerti. Tidak berbeda pada kebanyakan masalah hukum yang pasti dari Islam, termasuk kewajiban untuk bersatu dalam satu tubuh, menunjuk seorang pemimpin tunggal, dan mendengar dan mematuhinya, sebagai bukti dalam syari’at dan bukti dalam penciptaan begitu banyak seseorang lewat fitrahnya saja, bahkan walau seandainya dia cukup bodoh, tidak akan mampu untuk mengabaikan kewajiban ini.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا

{Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah bersama-sama dan janganlah bercerai berai} [Ali Imran: 103]. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda; “Barangsiapa mati dan tidak ada ikatan bai’at di atas lehernya maka dia mati dalam keadaan jahiliah” [diriwayatkan oleh Muslim dari Ibn Umar]. Petunjuk-petunjuk baik yang tersurat maupun yang tersirat tentang hal ushul ini sangat banyak, siapapun yang beruasaha mencarinya pasti akan menemukannya dengan mudah.

Namun umat Islam hari ini tidak dianjurkan oleh apa yang disebut “Salafi” atau bahkan oleh pengklaim “Salafi Jihadi” untuk mendekati al-Qur’an dan Sunnah, membatasi mereka demi keinginan “ulama” kontemporer dari mereka yang mendukung para thahgut atau mereka yang kembali duduk di antara istri-istri mereka dalam naungan thaghut. Bisakah wasilah sesat dari sebuah kondisi seperti ini untuk memahami agama? Apakah itu pernah menjadi sebuah prasyarat untuk jama’ah?

Ketahuilah bahwa penolakan ini merupakan salah satu sifat orang-orang sesat untuk tetap tercerai berai tanpa seorang imam tunggal. Karena sebab inilah, Ahlus-Sunnah disebut Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, yang berarti mereka mengikuti Sunnah dan mematuhi untuk persatuan Muslim yang diwujudkan dalam Khilafah, dan Imam ini yang akan menjauhkan para aliran yang menyimpang dan pihak-pihak yang memberontak.

Adapun “Ahlus- Sunnah,” kontemporer maka mereka telah mengganti konsep jama’ah dengan interpretasi menyimpang dari syura yang jauh lebih mirip dengan kotak suara demokrasi daripada syura menurut Khulafa’ ar-Rasyidin.

Imam Muhammad Ibn ‘Abdil Wahhab rahimahullah berkata, “ini adalah perkara-perkara di mana ahlul Kitaab dan orang-orang ummi dari kaum Jahiliyyah menentang Rasulullah. Seorang Muslim tidak bisa untuk tidak mengetahui hal ini,

dan dengan mengetahui lawan sesuatu maka kebaikan akan menjadi jelas, dan dengan mengetahui lawannya maka perkara itu akan jelas. Hal yang kedua dari hal ini [setelah syirik akbar] adalah bahwa mereka memecah belah agama mereka, seperti yang difirmankan oleh Allah Ta’ala

فَتَقَطَّعُوا أَمْرَهُم بَيْنَهُمْ زُبُرًا ۖ كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ

"Kemudian mereka terpecah belah dalam urusan (agama) mereka menjadi beberapa golongan. Setiap golongan (merasa) bangga dengan apa yang ada pada mereka". [Al-Mu’minun: 53].

Mereka juga memecah belah dunia mereka dan mereka merasa hal itu benar. Maka nabi shallallahu alaihi wa sallam datang dengan kesatuan dien dengan pernyataan Allah;

"Dia (Allah) telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa, yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah-belah di dalamnya". [Asy-Syura: 13]

Allah juga berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka menjadi (terpecah) dalam golongan-golongan, sedikit pun bukan tanggung jawabmu (Muhammad) atas mereka} (Al-An’am: 159).

Dia juga telah melarang kita untuk berlaku seperti mereka dengan pernyataan dari Allah {Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat". (Ali Imran: 105).

"Dia juga melarang kita dari memecah belah dunia dengan firman Allah Ta’ala: (Dan berpegang teguhlahlah kamu semuanya pada tali (dien) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai".  (Ali Imran: 103].

Yang ketiga dari hal ini adalah mereka menganggap bahwa tidak mematuhi waliyul-amr dan menolak untuk tunduk kepadanya merupakan kebajikan. Mendengar dan menaati mereka dianggap penghinaan dan aib. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menentang mereka dan memerintahkan para sahabatnya untuk bersabar atas kedzaliman para pemimpin tersebut[1] .

Dia memerintahkan mereka untuk mendengar dan menaati mereka dan memberi mereka nasihat yang tulus. Rasulullah menekankan hal ini, menjelaskannya dan mengulanginya. Ketiga hal ini terkumpul dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim;

“Sesungguhnya Allah ridha kepada kalian akan tiga hal, kalian beribadah kepada Allah semata dan tidak menyekutukan Dia dengan sesuatu apapun, berpegang erat dengan tali (dien) Allah dan tidak berpecah belah, dan memberikan nasihat yang tulus kepada siapa yang Allah berikan otoritas diri kalian kepada mereka (waliyul-amr)”. Tidak ada kerusakan pada dien dan dunia manusia kecuali dengan rusaknya tiga hal ini atau sebagiannya”. [Masā’il al-Jāhiliyyah].

Dia rahimahullah juga mengatakan,

من أعجب العجاب، وأكبر الآيات الدالة على قدرة الملك الغلاب: ستة أصول بينها الله تعالى بيانًا واضحًا للعوام فوق ما يظن الظانون، ثم بعد هذا غلط فيها كثير من أذكياء العالم، وعقلاء بني آدم، إلا أقل القليل

“Dari hal yang paling menakjubkan dan tanda-tanda terbesar yang menunjukkan kekuasaan Allah Ta’ala adalah enam prinsip yang telah Allah jadikan sangat jelas lebih daripada apa yang orang-orang ragu fikirkan. Akan tetapi, banyak orang ‘pintar’ di dunia ini dan orang-orang ‘bijak’ keliru tentang prinsip-prinsip ini, kecuali sangat sedikit.

الأصل الثاني:أمر الله بالاجتماع في الدِّين، ونهى عن التفرُّق فيه، فبيَّن الله هذا بيانًا شافيًا تفهمه العوام، ونهانا أن نكون كالذين تفرقوا واختلفوا قبلنا فهلكوا، وذكر أنه أمَرَ المسلمين بالاجتماع في الدِّين، ونهاهم عن التفرُّق فيه.ويزيده وضوحًا ما وردت به السُّنَّة من العجب العجاب في ذلك، ثم صار الأمر إلى أن الافتراقَ في أصولِ الدِّين وفروعه هو العلم والفقه في الدِّين، وصار الأمر بالاجتماعِ في الدِّين لا يقولُه إلا زنديقٌ أو مجنون.

الأصل الثالث: أن مِن تمام الاجتماعِ: السمعَ والطاعةَ لمَن تأمَّر علينا ولو كان عبدًا حبشيًّا، فبيَّن الله هذا بيانًا شائعًا كافيًا بوجوه من أنواع البيان شرعا وقدرًا. ثم صار هذا الأصل لا يعرف عند أكثر من يدَّعي العلم، فكيف العمل به ؟

Prinsip kedua, setelah kewajiban tauhid dan larangan syirik adalah Allah memerintahkan bersatu dan melarang  bercerai berai di dalam agama. Allah menjelaskan hal ini dengan bukti yang sangat jelas yang dapat dimengerti oleh orang awam.

Dia melarang kita dari menjadi seperti orang-orang yang telah terpecah belah sebelum kita sehingga kemudian mereka binasa. Dia juga menyebutkan bahwa Allah telah memerintahkan Rasul untuk bersatu di dalam dien dan melarang mereka berpecah belah di dalamnya.

Apa yang membuat ini lebih jelas adalah apa yang datang di dalam Sunnah dari ajaran yang sangat menakjubkan dalam hal ini. hal ini kemudian berubah hingga perpecahan di dalam ushul dan cabang agama menjadi ‘pengetahuan’ dan ‘fiqh agama’!

Dan kemudian tidak ada yang menyebut-nyebut kewajiban untuk persatuan di dalam dien kecuali dianggap orang ‘zindiq’ atau ‘orang gila’! Prinsip ketiga adalah bahwa lengkapnya persatuan adalah dengan mendengar dan menaati siapa yang telah diberikan otoritas atas kita (waliyul-amr) bahkan walau dia seorang budak Habasyah.

Allah telah menjelaskan hal ini dengan penjelasan yang luas dan cukup melalui berbagai macam penjelasan syar’i dan qadarī. Namun ini kemudian menjadi dasar yang tidak diketahui oleh sebagian besar pengklaim ilmu. Apa lagi beramal dengan hal ini! “[Sittatu Ushul ‘Adzimah Mufidah].

Dan meskipun Jama’ah adalah di antara kewajiban yang paling jelas bahkan sesuai dengan fitrah dari banyak hewan yang cenderung untuk itu, mereka yang mengklaim Islam modern berpendapat bahwa lebih baik bagi umat untuk memiliki keberagaman dalam agama dan politik! Mereka lebih memilih bahwa Ahlus-Sunnah mentolerir berbagai sekte bid’ah dan bahkan murtad yang diklaim bagian dari umat Islam.

Mereka juga berharap bahwa Ahlus-Sunnah akan mengizinkan keberadaan kesesatan, yang memerangi, dan partai politik egois dan faksi-faksi militan di negeri-negeri Muslim yang telah dibebaskan! Mereka membuat taqlid (mengikuti secara buta) atas para pengikut mereka, “ulama” jahat merupakan salah satu aspek penting dari “agama”.

Dan melalui ini, mereka menyebarkan “kebajikan” perpecahan dan mencela “jahatnya” Jama’ah dalam seruan mereka yang dihidupkan kembali melawan bangkitnya persatuan Islam, Khilafah. Betapa jahat kelompok-kelompok sesat ini dan para “ulama” buruk!

Oleh karena itu ketahuilah – semoga Allah merahmatimu – bahwa dasar utama bagi agama-agama jahiliyyah adalah taqlid. Setelah Imam Muhammad Ibn ‘Abdil Wahhab rahimahullah menyebutkan tiga aspek pertama agama mereka (syirik, perpecahan agama, dan keberagaman politik), ia mengatakan, “Masalah keempat adalah bahwa agama mereka didasarkan pada prinsip-prinsip, yang terbesar adalah taqlid .

Ini adalah kaedah terbesar untuk semua orang-orang kafir, baik yang pertama dari mereka hingga yang terakhir, sebagaimana yang Allah firmankan:

“Dan demikian juga ketika Kami mengutus seorang pemberi peringatan sebelum engkau (Muhammad) dalam suatu negeri, orang-orang yang hidup mewah (di negeri itu) selalu berkata, “Sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami menganut suatu (agama) dan sesungguhnya kami sekadar pengikut jejak-jejak mereka”. (Az-Zukhruf: 23).

Dia juga berfirman; "Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Ikutilah apa yang diturunkan Allah!” Mereka menjawab, “(Tidak), tetapi kami (hanya) mengikuti kebiasaan yang kami dapati dari nenek moyang kami.” Apakah mereka (akan mengikuti nenek moyang mereka) walaupun sebenarnya setan menyeru mereka ke dalam azab api yang menyala-nyala (neraka)?” (Luqman: 21).

Maka dia (nabi shallallahu alaihi wa sallam) datang kepada mereka dengan firman Allah, {Katakanlah, “Aku hendak memperingatkan kepadamu satu hal saja, yaitu agar kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri; kemudian agar kamu pikirkan (tentang Muhammad). Kawanmu itu tidak gila sedikit pun. Dia tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi) azab yang keras.”. (Saba’: 46).

Dan juga dengan firman Allah Ta’ala: "Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti selain Dia sebagai pemimpin. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran". (Al-A’raf: 3). [Masa`il al-Jahiliyah].

Kemudian dia mulai menjelaskan lebih rinci tentang beragam jenis taqlid yang dikerjakan oleh orang-orang jahiliyah, dia mengatakan; “Di antara kaedah terbesar mereka adalah mereka tertipu dengan jumlah kebanyakan, menjadikannya hujjah bahwa sesuatu itu di atas kebenaran, dan menjadikannya sebagai dalil atas batilnya sesuatu dengan asingnya dan sedikitnya orang yang mengerjakannya, maka Dia datang dengan sestuatu yang bertentangan dengan hal ini dan menjelaskannya bukan hanya pada satu tempat di dalam Al-Quran[2].

Mereka juga menjadikan orang-orang terdahulu sebagai hujjah, seperti yang Allah jelaskan tentang perkataan mereka {(Fir‘aun) berkata, “Jadi bagaimana keadaan umat-umat yang dahulu?”. ([Thaha: 51) dan firman Allah: "Belum pernah kami mendengar (seruan yang seperti) ini pada (masa) nenek moyang kami yang dahulu". (Al-Mu`minun: 24].

"Mereka juga mengambil dalil dengan suatu kaum yang menilai sebuah kekuatapan pada penegetahuan dan pekerjaan, pada keuasaan, harta dan pangkat, maka Allah membantah hal itu dengan firmannya; (Dan sungguh, Kami telah meneguhkan kedudukan mereka (dengan kemakmuran dan kekuatan) yang belum pernah Kami berikan kepada kamu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan, dan hati; tetapi pendengaran, penglihatan, dan hati mereka itu tidak berguna sedikit pun bagi mereka, karena mereka (selalu) mengingkari ayat-ayat Allah, dan (ancaman) azab yang dahulu mereka perolok-olokkan telah mengepung mereka". (all-Ahqaf: 26].

Mereka juga mengklaim atas kebatilan sesuatu apabila ia tidak diikuti kecuali oleh orang-orang lemah {Mereka berkata, “Apakah kami harus beriman kepadamu, padahal pengikut-pengikutmu orang-orang yang hina?”. (Asy-Syu’ara`: 111]. “Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah oleh Allah?”. (Al-An’am: 53),  maka Allah menjawab itu dengan firmannya: “Bukankah Allah lebih mengetahui siapa yang bersyukur?} [Al-An’am: 53].

Mereka mengambil teladan dengan mengikuti ulama dan ahli ibadah fasiq:  "Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah". (At-Taubah: 34),  dan juga dalam firman Allah; "Janganlah kamu berlebih-lebihan dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti keinginan orang-orang yang telah tersesat dahulu dan (telah) menyesatkan banyak (manusia), dan mereka sendiri tersesat dari jalan yang lurus.” (Al-Maidah: 75),

Mereka juga menjadikan dalil batilnya dien dengan sedikitnya jumlah pengikut dan lemahnya kecerdasan mereka, seperti kata mereka “Berpikiran rendah” (Hud: 27). Mereka juga menjadikan dalil dari qiyas yang salah, seperti pernyataan mereka {“Engkau tidak lain hanyalah manusia biasa seperti kami”. [Ibrahim: 10], dan mereka juga menolak qiyas yang shahih[3],

Dan yang menyatukan hal ini dengan sebelumnya adalah tidak adanya kefahaman antara sesuatu yang menyamakan dan yang membedakan. Mereka juga bersikap ghuluw dalam mencintai dan meniru ulama dan orang-orang shalih, seperti yang dijelaskan oleh firman Allah: "Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar". [An-Nisa`: 171].

Semua hal yang telah disebutkan di atas dibangun di atas kaedah yaitu an-nafyu (peniadaan) dan itsbat (penetapan), sehingga mereka mengikuti hawa nafsu, persangkaan dan berpaling dari apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. [point ke 5-14 dari Masa`il Al-Jahiliyyah].

Ketahuilah juga bahwa taqlidnya orang-orang jahiliah bukanlah kepada ulama-ulama shalih atau kepada ahli ibadah yang berilmu, tapi seperti yang dijelaskan oleh Imam Muhammad ibn Abdul Wahhab: “Para pemimpin agama mereka adalah ulama su’ (buruk) dan ahli ibadah yang bodoh, sebagaimana yang Allah jelaskan di dalam ayat-Nya :  "Sedangkan segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubah taurat setelah memahaminya, padahal mereka mengetahuinya". (Al-Baqarah: 75).  hingga firman Allah: "Dan di antara mereka ada yang buta huruf, tidak memahami Kitab (Taurat), kecuali hanya berangan-angan dan mereka hanya menduga-duga". [Al-Baqarah: 78]” [Masa`il al-Jahiliyyah].

Beliau rahimahullah juga menjelaskan kondisi ini dengan mengatakan; “Kaedah yang keempat adalah penjelasan tentang ilmu dan ulama, fiqih dan fuqaha, dan siapakah yang merasa diri termasuk mereka padahal bukan bagian dari mereka. Allah telah menjelaskan kaedah ini di dalam surat Al-Baqarah ketika menjelaskan tentang Bani Israel [Al-Baqarah: 40-121].

Dan hal ini menjadi lebih jelas dengan apa yang telah diterangkan oleh as-sunnah dalam membicarakan hal ini dengan penjelasan yang gamblang dan terang bahkan bagi seorang yang awam dan bodoh. Kemudian hal ini menjadi hal yang mengherankan dan asing.

Sehingga ‘ilmu’ dan ‘fiqh’ menjadi bid’ah dan sesat, dan amal terbaik yang mereka lakukan adalah mencampur yang haq dengan yang bathil, sehingga ilmu yang telah Allah wajibkan atas hamba-Nya dan telah memujinya tidak lagi diucapkan kecuali oleh orang yang dianggap ‘zindik’ atau ‘gila’, dan orang yang mengingkari mereka, memusuhi dan membuat tulisan untuk memperingatkan dari mereka, mencegah dari mereka kecuali dia dianggap ‘faqih’ dan ‘alim’.

Kaedah yang kelima adalah bahwasanya Allah menjelaskan tentang wali-wali-Nya dan membedakan antara mereka dan antara orang-orang yang menyerupai dari kalangan musuh-musuh-Nya kaum munafiq dan pendosa. Dan cukup dalam hal ini sebuah ayat di dalam surat Ali Imran, yaitu firman Allah Ta’ala; {Katakanlah (Muhammad).

“Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu". [Ali Imran: 31] dan satu ayat di dalam surat Al-Maidah: "Wahai orang-orang yang beriman! Barangsiapa di antara kamu yang murtad (keluar) dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela". ([Al-Maidah: 54).

Dan sebuah ayat di dalam surat Yunus {Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa} [Yunus: 62-63] kemudian hal ini kebanyakan orang yang mengklaim dirinya sebagai orang yang berilmu, mendapat petunjuk dan penjaga syariat bahwa para wali haruslah orang yang meninggalkan sikap ittiba’ (mengikuti) rasul.

Siapa yang mengikuti rasul berarti bukan wali, dia harus orang yang meninggalkan jihad, maka siapa yang berjihad maka berarti bukan termasuk wali, dia harus meninggalkan iman dan taqwa, maka siapa yang memiliki sikap iman dan taqwa maka bukan termasuk wali. Wahai Rabb kami, kami mengharap padamu maaf dan keselamatan, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar do’a. [Sittatu Ushul ‘Azhimah Mufidah].

Begitu juga halnya para pengklaim Islam saat ini meminta kaum Muslimin untuk mengikuti secara buta para ulama suu’ dan ahli ibadah bodoh dan menolak kewajiban berjama’ah jika tidak maka dia adalah “khawarij”! mereka meminta kaum Muslimin untuk mengikuti ‘ulama’ ini yang telah meninggalkan jihad di zaman di mana jihad adalah fardhu ‘ain.

Mereka meminta kaum muslimin untuk mengikuti para ‘ulama’ yang diam dengan kejahatan pemerintah yang mereka adalah thaghut dan bukan sekedar tirani. Mereka bahkan meminta kaum muslimin untuk mengikuti para ‘ulama’ ini yang menyeru kepada kesesatan dan kemunafikan dan yang berdiri di sisi para salibis dan kaum murtad memerangi kaum muslimin! Bukankah ini menjadi kewajiban untuk membenci para ‘ulama’ ini di jalan Allah dan memboikot mereka hingga mereka bertaubat?

Shaykhul-Islām Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “hijrah yang komperhensif (paripurna) adalah dengan hijrah dari perbuatan dosa dan dari para pelaku dosa, serta dari para penyeru bid’ah, orang-orang fasiq, orang-orang yang bersosialisasi dengan orang-orang ini atau membantu mereka dalam dosa mereka , dan orang-orang yang meninggalkan jihad, perbuatan yang tidak memiliki manfaat bagi umat, maka dia harus dihukum dengan diboikot karena ia tidak membantu umat Islam dalam kesalehan dan kebenaran.

Karena itu pezina, pelaku sodomi, orang yang meninggalkan jihad, para pelaku bid’ah, dan pemabuk, orang-orang ini dan berbaur dengan mereka adalah berbahaya bagi agama Islam. Mereka tidak memberikan mashlahat pada kebenaran atau pada kesalehan. Siapa pun tidak memboikot mereka maka telah meninggalkan perbuatan yang diperintahkan dan telah melakukan perbuatan yang layak dikecam” [Majmu ‘al-Fatawa].

Ya, mereka yang meninggalkan jihad mereka mirip dengan pezina, para pelaku sodomi dan pemabuk. Namun demikian pengklaim Islam meminta para mujahid untuk taqlid buta mengikuti ‘ulama’ jahat ini, mereka yang lebih memilih duduk di bawah naungan para thaghut dan salibis daripada melakukan jihad melawan orang-orang kafir …

Adapun para ‘ulama’ yang hanya diam terhadap para thaghut, maka mereka lebih buruk dari orang-orang yang melakukan dosa bahkan dosa besar.

Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata;

ومن له خبرة بما بعث الله به رسوله صلى الله عليه وسلم – وبما كان عليه هو وأصحابه رأى أن أكثر من يشار إليهم بالدين هم أقل الناس دينا والله المستعان وأي دين وأي خير فيمن يرى محارم الله تنتهك وحدوده تضاع ودينه يترك وسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم- يرغب عنها وهو بارد القلب ساكت اللسان شيطان أخرس كما أن المتكلم بالباطل شيطان ناطق وهل بلية الدين إلا من هؤلاء الذين إذا سلمت لهم مآكلهم ورياساتهم فلا مبالاة بما جرى على الدين وخيارهم المتحزن المتلمظ ولو نوزع في بعض ما فيه غضاضة عليه في جاهه أو ماله بذل وتبذل وجد واجتهد واستعمل مراتب الإنكار الثلاثة بحسب وسعه وهؤلاء مع سقوطهم من عين الله ومقت الله لهم قد بلوا في الدنيا بأعظم بلية تكون وهم لا يشعرون وهو موت القلوب فإن القلب كلما كانت حياته أتم كان غضبه لله ورسوله أقوى وانتصاره للدين أكمل

“Siapa yang memiliki khibrah (latar belakang) dengan apa yang telah Allah utus dengannya Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam dan dengan apa yang diamalkan olehnya dan juga para shahabatnya, maka dia akan melihat bahwa sebagian besar dari mereka yang terkenal religiusitasnya sebenarnya adalah manusia yang paling sedikit agamanya, wallahul-Musta’an, agama apakah dan kebaikan apakah atas orang yang melihat larangan-larangan Allah dilanggar, batas-batas-Nya dirusak, dien-Nya ditinggalkan dan sunnah Rasul-Nya dibenci sedangkan hatinya tetap merasa tenang dan lisannya diam? Dia adalah setan bisu, sebagaimana orang yang berbicara kebatilan adalah setan yang bicara, adakah bencana dien kecuali karena orang-orang yang apabila selamat lumbung makanan mereka dan jabatan mereka maka mereka tidak peduli dengan apa yang terjadi dengan dien? Yang lebih mending dari mereka adalah yang berusaha bersedih dan membuka mulutnya. Jika mereka diganggu di sebagian hal yang membuat mereka marah, pada jabatannya atau hartanya maka dia akan berusaha dan beruasaha, berjuang dan mengerahkan semua tiga tingkat pengingkaran yang bisa untuk dia lakukan. Orang-orang ini, selain telah jatuh di dalam pandangan Allah, murka Allah juga atas mereka. Mereka telah tertimpa musibah di dunia dengan musibah yang terbesar sedangkan mereka tidak menyadari, yaitu matinya hati, sesungguhnya itu adalah hati, di mana jika kehidupan hati itu semakin baik maka semakin kuat juga murkanya karena Allah dan Rasul-Nya serta semakin sempurna pembelaannya terhadap dien.” [I’lām al-Muwaqqi’īn].

Dia rahimahullah juga berkata,

وليس الدين بمجرد ترك المحرمات الظاهرة بل بالقيام مع ذلك بالأوامر المحبوبة للهواكثر الديّانين لا يعبأون منها إلا بما يشاركهم فيه عموم الناس
وأما الجهاد والأمر بالمعروف والنهى عن المنكر والنصيحه لله ورسوله وعباده ونصرة الله ورسوله ودينه وكتابه فهذه الواجبات لا تخطر ببالهم فضلا عن أن يريدوا أفضلها فضلا عن أن يفعلوه.  وأقل الناس دينا وأمقتهم الى الله من ترك هذه الواجبات وان زهد فى الدنيا جميعها وقلّ أن ترى منهم من يحمّر وجهه ويمعّره في الله ويغضب لحرماته ويبذل عرضه فى .نصرة دينه . وأصحاب الكبائر أحسن حالا عند الله من هؤلاء

“Agama bukanlah hanya meninggalkan dosa yang zhahir saja, akan tetapi, dia harus melakukan perintah yang dicintai oleh Allah. Kebanyakan dari mereka yang mengaku sebagai orang paling religius tidak melakukan itu semua kecuali apa yang orang awam memiliki kesamaan dengan mereka. Adapun jihad, memerintahkan kebaikan, melarang kejahatan, memberi nasihat dengan tulus karena Allah dan Rasul-Nya, sungguh-sungguh menasihati hamba-Nya, dan menolong Allah, Rasul-Nya, agama-Nya, dan kitab-Nya, maka perbuatan tersebut tidak terlintas dalam pikiran mereka, apa lagi terfikir untuk melakukannya, apalagi benar-benar melakukan itu dengan sebaik-baiknya. Orang yang paling sedikit diennya dan paling dibenci oleh Allah adalah mereka yang meninggalkan perbuatan ini bahkan walaupun mereka berlaku Zuhud terhadap semua dunia. Sangat sedikit engkau akan melihat salah satu dari mereka yang wajahnya berubah dan menjadi merah karena Allah, marah karena kehormatan-Nya, dan mengerahkan harga dirinya demi menolong dien-Nya. Orang-orang yang melakukan dosa-dosa besar lebih baik dalam pandangan Allah dari orang-orang ini ” [‘Uddat as-Sābirīn].

Dengan demikian, bagaimana bisa seseorang mengambil teladan dari laki-laki banci – yang meninggalkan jihad? Atau setan bisu yang diam terhadap para thaghut, di bawah naungan thaghut sambil beristirahat bersama istri-istri mereka?

Jika taklid buta dalam mengikuti seorang ulama yang saleh atau ahli ibadah yang berilmu adalah salah, maka jauh lebih salah mengikuti setan berdosa! Mengapa umat Islam tidak berpaling kembali kepada ajaran dasar al-Qur’an dan Sunnah dan menerapkannya sebagaimana mestinya diterapkan tanpa menjadikan para “ulama” ini penghalang baginya untuk bergabung dengan jama’ah kaum muslimin; Khilafah?

Imam Muhammad ibn Abdul-Wahhab berkata: “Kaedah keenam adalah menolak syubhat yang dibuat oleh setan untuk meninggalkan Al-Quran dan Sunnah, dan mengikuti pendapat dan hawa nafsu para pemecah belah dan pembuat perbedaan, yaitu: bahwa Al-Quran dan sunnah tidak dapat difahami kecuali oleh para mujtahid mutlaq.

Dan mujtahid adalah orang yang memiliki sifat ini dan ini – yaitu sifat-sifat yang mungkin tidak dapat ditemukan secara sempurna bahkan dalam sosok Abu Bakr dan Umar! Dan jika seseorang tidak seperti maka, maka ‘tidak diragukan’ lagi, dia ‘wajib’ untuk jauh-jauh dari al-Quran dan Sunnah!

Maka siapa yang mencari petunjuk dari al-Quran dan Sunnah, maka dia adalah ‘zindiq’ atau ‘orang gila’, karena sangat sulit untuk memahami keduanya! Maha Suci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya! Berapa banyak Allah telah menjelasakan syari’at, qadar, penciptaan dan perintah, dalam menolak syubhat terlaknat ini dari berbagai arah, bahkan mencapai derajat dharuriyat ‘ammah (pengetahuan umum), akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

"Sungguh, pasti berlaku perkataan (hukuman) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. Sungguh, Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena  itu mereka tertengadah. Dan Kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat. Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan kepada mereka atau engkau tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman juga. Sesungguhnya engkau hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, walaupun mereka tidak melihat-Nya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia".  [Yasin: 7-11]. [Sittatu Ushul ‘Azhimah Mufidah].

Setelah ini, setiap orang harus menghancurkan berbagai berhala yang didirikan di dalam hati oleh para “jihadis” muqallidīn dalam upaya untuk menghambat pertumbuhan Khilafah. Setiap patung kesesatan harus dihancurkan hingga kejayaan hanya untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam saja dan bay’ah bagi Imam Qurasyiy saja. Tidak ada berhala hizbī yang menjadi kendala bagi seorang Muslim pada jalannya menuju Khilafah. Semoga Allah menunjukkan kebenaran sebagai kebenaran dan menujukkan kemunafikan orang-orang munafik. Wallahu'alam.

============================

[1] Maksudnya adalah penguasa muslim yang memerintah dengan syariat namun melakukan ketidakadilan, bukan penguasa yang murtad secara legislatif dan eksekutif, yang berhukum dengan hukum buatan manusia, atau penguasa yang berwala` kepada salibis dalam memerangi umat Islam.

[2] Misalnya firman Allah Ta’ala: {Dan sekalipun Kami benar-benar menurunkan malaikat kepada mereka, dan orang yang telah mati berbicara dengan mereka dan Kami kumpulkan (pula) di hadapan mereka segala sesuatu (yang mereka inginkan), mereka tidak juga akan beriman, kecuali jika Allah menghendaki. Tapi kebanyakan mereka tidak mengetahui (arti kebenaran). [Al-An’am: 111]

[3] Mereka banyak menolak bukti-bukti logis uluhiyah dan kebangkitan, misalnya: {Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah, lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen, dan pohon-pohon kurma yang tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun, (sebagai) rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan (air) itu negeri yang mati (tandus). Seperti itulah terjadinya kebangkitan (dari kubur)} [Qaf: 9-11]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X