Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.955 views

Di Turki, Paham Kemalisme Lebih Ekstrim dari Sekulerisme

JAKARTA (voa-islam.com)--Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI), Ade Sholihat mengatakan bahwa sekulerisme di Turki berbeda dengan gambaran yang dipahami masyarakat Indonesia selama ini. Sekulerisme yang sebelumnya terkesan anti-agama dan menyingkirkan Tuhan.

"Sekulerisme selama ini dianggap menyingkirkan agama di ruang publik. Tapi Erdogan yang disebut sekuler justru membolehkan jilbab. Persepsi kita jadi bingung," kata Ade mengilustrasikan kebingungan publik dengan sekulerisme di Turki, saat diskusi bertajuk "Dinamika Sekulerisme di Turki, di Auditorium FIB UI, Depok, Selasa (20/9/20616).

Menurut lulusan Universitas Marmara ini, sekulerisme di Turki baik versi Mustafa Kemal Attaturk atau versi Erdogan memang jauh dari yang dibayangkan dalam pemahaman standar selama ini.

Sebelum mengungkap perbedaan lebih jauh, Ade menjelaskan ragam model sekularisme di dunia. Menurut ia, ada lima macam model sekularisme. Pertama, the militant secularist model, pemisahan agama dari kehidupan publik atau sekulerisme ekstrim. Dipraktekkan di Turki dan Perancis.

Saat model ini diterapkan di Perancis, yang menolak hanya kaum minoritas. “, ketika model sekularisme ini diterapkan di Turki, negara menghadapi protes mayoritas yang terbiasa beragama,” terangnya.

Kedua,  the agnostist secularist model. Dimana negara tidak mempersoalkan agama di ruang publik, bahkan negara menjaga masyarakat agar tidak menampakkan diri sebagai atheis. Model ini diterapkan di Amerika Serikat. Ketiga, convensional secular model. Keempat, the official sekularisme institusionalized tolerance with religion. Dan kelima, millest based model yang berlaku di Israel.

Namun, di Turki, Mustafa Kemal Attaturk dengan Kemalismenya tidak menerapkan satupun dari lima model sekulerisme di atas. Bahkan, Kemalisme juga bukan model sekulerisme pertama yang tergolong keras dalam meminggirkan agama di ruang publik.

Hal itu terjadi, sambung Ade, karena Kemalisme bukan hanya meminggirkan agama di ruang publik. Akan tetapi, Kemalisme juga mengatur bagaimana cara orang beragama. Bagaimana seseorang harus melakukan azan, shalat, dan ibadah lainnya serta mengatur individu-individu beragama sesuai keinginan Kemalis.

"Dari awal, Kemalis sudah tidak menggunakan sekularisme sesuai yang biasa kita pahami," cetusnya.

Sehingga, pada masa Kemalisme berkuasa, Islam tidak bisa bergerak di Turki. Negara melalui militer secara efektif mengawasi simbol-simbol agama agar tidak eksis di ruang publik.

"Turki tidak bisa lepas dari sekulerisme karena dijaga militer yang terus menerus mengkudeta pemerintahan yang dianggap bermasalah," urainya.

Kendati demikian, menurut Ade, di tengah kondisi represif itu, ada sosok-sosok dai yang berdakwah secara militan dan tersembunyi Ketika, dakwah secara terbuka suatu hal yang terlarang pada masa Kemalis berkuasa.

Sosok seperti Sulaiman Je inilah yang menjaga Islam tetap hidup di Turki. Di antara sosok yang fenomenal adalah "Jamaah Sulaiman Je" yang mengajarkan agama secara diam-diam di tengah masyakat Turki. Sebut saja, bagaimana Sulaiman Je berdakwah dengan metode ngobrol ringan di dalam taksi atau berdakwah di kebun-kebun yang jauh dari pantauan aparat negara

"Ada ungkapan sekularisme hanya hidup di kota-kota Turki, Islam tetap hidup di desa-desa Turki, ucap Ade.

Terlepas dari sikap Kemalis di atas, satu keanehan lagi dalam kehidupan sekularisme Turki adalah pelarangan Jilbab justru tidak terjadi pada masa Mustafa Kemal berkuasa. Akan tetapi, dilakukan jauh pada masa sesudahnya.

"Kemal memang mempropagandakan pakaian wanita Barat sebagai pakaian ideal. Tapi, tidak sampai membuat undang-undang pelarangan jilbab. Pelarangan jilbab di ruang publik baru diundangkan pada tahun 1999," ungkapnya.

Selain, sekulerisme Kemalis berbeda corak dengan yang dipahami selama ini. Kemal juga tidak konsisten dengan jargon-jargon yang partainya promosikan seperti demokrasi dan republikanisme.

"Kemal ketika berkuasa tetap otoriter, dia tinggal di rumah mewah seperti Istana, tidak menjalankan republikanisme yang digaungkan," tegasnya.* [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X