Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.867 views

Beberapa Fakta Mengejutkan Kenapa Berat Badan Anda Menurun

Oleh: dr. Marfuatus. S

Pada saat-saat tertentu tubuh kita terkadang turun secara drastis tanpa kita sadari. Ini bukan misteri karena Anda sedang diet makanan yang digoreng, porsi makanan raksasa dan pencuci mulut, atau bahkan minuman ringan manis yang akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ada beberapa pertanyaan terkait dengan berat badan, mengapa kecenderungan anda menumpuk pound kalori dibandingkan kalori yang Anda bakar dalam aktivitas fisik?. Tapi bagaimana Anda menjelaskan penambahan berat badan ketika memiliki gaya hidup olah raga teratur dan diet yang sehat? Suatu saat anda akan sangat jengkel ketika Anda benar-benar tidak mengerti mengapa jarum pada skala timbangan berat badan terus naik.

....Permasalahan Berat badan itu begitu rumit, ada begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan Anda. Hal ini lebih mungkin kombinasi dari hal-hal yang lebih dari hanya satu faktor...

Dari sini ada Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika kenaikan berat yang disebabkan kalori padahal anda masih berkegiatan aktif. Kemungkinan besar, hal ini terjadi karena sistem tubh yang bekerja bersama-sama sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan.

"Permasalahan Berat badan itu begitu rumit, ada begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan Anda. Hal ini lebih mungkin kombinasi dari hal-hal yang lebih dari hanya satu faktor," jelas dr. Michelle May, penulis buku Am I Hungry?.

Saat ini Kami akan menampilkan dari beberapa fakta yang menyebabkan penurunan drastis dari berat badan Anda, Berikut adalah empat faktor yang dapat menyebabkan skala timbangan badan menurun merayap dan Anda tidak menduganya.

1. Kemungkinan Anda Kurang Tidur

Dalam keadaan normal, Fungsi tubuh terbaik adalah ketika beristirahat dengan baik. "Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda mengalami stres, fisiologis, biokimia maka Anda menyimpan lemak lebih efisien," kata Mei.

Ketika Anda lelah dan tidak bisa menangani stres Anda biasanya akan lari ke kegiatan ngemil sebagai pemuas. Sehingga selanjutnya, Anda mengambil ekstra kalori pada malam hari dari ngemil juga. Dan fakta menunjukkan beberapa orang berpikir makan bisa membantu mereka mendapatkan kembali tidur, tetapi semua itu benar-benar adalah menambah lebih banyak total kalori sehari-hari mereka.

Gejala tadi muncul bisa menyebabkan Anda mungkin tidak akan mendapatkan istirahat yang cukup termasuk kelelahan, tingkat energi rendah, terkantuk-kantuk dengan mudah, dan merasa kesal. Kami sarankan pada Anda untuk mengupayakan untuk mendapatkan delapan jam tidur setiap malam.

"Tambahkan sekitar 15 menit untuk waktu tidur Anda dan melihat bagaimana Anda merasakan tidur Anda," Mei menyarankan . "Lanjutkan untuk bereksperimen dengan tambahan 15 menit bertahap sampai Anda menemukan jumlah tidur yang tepat untuk Anda."

Ketika Anda mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mendapatkan latihan teratur, Anda tidur lebih baik, tambahnya.

2. Kemungkinan Anda dalam keadaan Stress

Sebagai manusia sosial, terkadang kita hidup dalam sebuah masyarakat yang menuntut kita berbuat lebih, lebih, dan mencapai lebih. Stress menggerakkan kita ke masa depan dan membantu menghadapi tuntutan hidup, tetapi juga mempengaruhi suasana hati dan emosi kita.

"Stres adalah tanggapan, apakah itu adalah 'melawan-atau-mengikuti,' menyulap terlalu banyak tanggung jawab, atau menghadapi tekanan keuangan, memicu proses biokimia dimana tubuh kita masuk ke mode bertahan hidup," jelas Mei. "Tubuh kita menyimpan bahan bakar, memperlambat metabolisme, dan membuang keluar bahan kimia [kortisol, leptin, dan hormon lain] yang lebih cenderung menyebabkan kegemukan di daerah perut."

3. Mungkin Karena Kondisi Medis

Yang paling umum kondisi medis menyebabkan kenaikan berat badan adalah hipotiroidisme. Kekurangan hormon tiroid ini dapat menurunkan metabolisme, menyebabkan hilangnya nafsu makan dan berat badan.

"Jika Anda merasa lelah, lesu, bengkak, suara serak, tidak tahan dingin, tidur terlalu banyak, atau sakit kepala, Anda akan diminta dokter Anda untuk tes untuk menentukan apakah anda mempunyai hypothyroidism atau tidak," kata Mei.

Sebaliknya dan lebih langka adalah suatu kondisi yang dikenal sebagai Sindrom Cushing, yang merupakan suatu kelainan yang disebabkan oleh kelebihan hormon kortisol, kondisi ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Mungkin Anda Mendapatkan Berat Karena Menopause

Perempuan mengalami menopause pada berbagai usia, tetapi kebanyakan berada dalam umur setengah baya dan menopause cenderung sering kurang aktif secara fisik daripada ketika mereka masih muda. Seiring dengan penuaan alami yang dapat memperlambat metabolisme. Pada saat yang sama, perubahan hormon dapat memicu kelaparan, depresi, dan kurang tidur.

"Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, ketika seorang wanita mengalami menopause, mereka kehilangan estrogen sehingga menyebabkan mereka berubah bentuk, biasanya kehilangan berat badan di pinggul dan paha. Dan mereka mulai memperoleh lebih banyak di tengah tubuh mereka," kata Bowerman. Dia menjelaskan bahwa estrogen digunakan dalam penumpukan lemak di tubuh bagian bawah, dan ketika Anda kehilangan hormon ini, lemak dalam tubuh Anda lebih mungkin disimpan di bagian tengah (seperti laki-laki).

Kunci untuk menghindari lemak perut tambahan ini adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan jumlah massa agar tubuh Anda tetap ramping, yang pada gilirannya, meningkatkan metabolisme atau laju pembakaran kalori dalam tubuh Anda.

"Kaum wanita perlu memahami betapa pentingnya latihan angkat berat dan latihan kekuatan untuk kesehatan mereka," kata Bowerman. Dan jangan khawatir, melakukan latihan beban tidak akan membuat otot-perempuan terikat sesuai pendapat para ahli.

Latihan atau olah tulang juga membantu mengimbangi kerugian yang dapat datang dari menopause yang berupa kekeroposan tulang-tulang Anda. Kombinasi olahraga yang sehat, manajemen kalori yang dikontrol dengan hanya memakan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D adalah jawaban untuk menggagalkan menopause berat badan Anda. (mdw/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X