Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.459 views

Muslimat Dewan Da'wah Aceh Laksanakan Seminar Parenting

ACEH (voa-islam.com) - Di awal tahun 2014, Pengurus Wilayah Muslimat Dewan Da’wah Aceh mengawali kegiatannya dengan melaksanakan seminar Parenting yang bertemakan Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perspektif Islam. Seminar yang dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Januari 2014 di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menghadirkan dua orang pembicara; Ustadzah Hj. Dedeh Agustinah,Lc (konsultan parenting Islam) dan Dian Marina, SP (Praktisi Psikososial dan Ketua P2TP2A Aceh).
 
Ustadazh Dedeh dalam paparannya antara lain menjelaskan keluarga dalam pandangan Ilmu Tarbiyatul Islamiyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan, di samping sekolah dan masyarakat. Di dalam keluarga, seseorang dilahirkan, dibesarkan dan dididik pertama kali oleh kedua orang tuanya. Peran orang tua sebagai pendidik anak dalam keluarga menurut pandangan Islam dapat dilihat dari dua aspek, yaitu : Pertama, menanamkan nilai-nilai keislaman dalam diri anak. Orang tua adalah pusat kehidupan rohani anak sehingga nilai-nilai keagamaan orang tua akan banyak diadopsi oleh anak dan mempengaruhi cara pandangnya dan cara mengamalkan agamanya.

Hal ini ditegaskan sendiri oleh Rasulullah saw. dalam satu hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :
‘Tidak seorang pun yang dilahirkan melainkan dalam konidisi fitrahnya, maka akibat orang tuanyalah yang menjadikan mereka Yahudi, Nasrani atau Majusi. (HR. Muslim).

Kedua, Peran orang tua sebagai pendidik anak dalam keluarga menurut pandangan Islam adalah membangun dan mengembangkan kepribadian anak. Kepribadian seorang individu terdiri dari berbagai macam unsur, misalnya dorongan atau motif, pikiran, perasaan, sikap, kebiasaan dan keyakinan yang merupakan sistem menyatu dan dinamis dari sifat-sifat mental, moral, sosial dan fisik yang mengarahkan tingkah laku individu tersebut ketika berinteraksi dalam masyarakat. Pembentukan kepribadian anak sangat penting menurut pendidikan Islam. Allah Swt. mencontohkan nasehat yang diberikan Luqman kepada anaknya tentang tata cara bergaul dengan berlaku ramah, tidak sombong dan melunakkan suara dalam berbicara ketika bergaul dengan masyarakat, khususnya dalam Q.S. Luqman (31) ayat 18-19 :
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

kondisi seperti yang diharapkan di atas sepertinya belum wujud sesuai dengan harapan Islam, di mana hari ini rumah-rumah orang Islam dihuni oleh kehidupan suami isteri dan anak-anak mulai jauh dari nilai-nilai Islam.
 
Sementara Ibu Dian Marina, sebagai Praktisi Psikososial lebih banyak menyampaikan kasus-kasus kesalahan pola asuh anak dalam keluarga yang berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak. Salah satu pola asuh yang salah sering dipraktekkan orang tua adalah tidak samanya perlakuan yang diberikan oleh ayah dan ibu terhadap anak. Ini yang kerap dikenal dengan istilah “polisi baik dan polisi jahat” dalam keluarga. Ibu kadangkala berlebihan dalam memberikan kasih sayang kepada anak sehingga melahirkan sifat manja dan selalu mau dituruti, dan menjadi jauh dengan ayahnya. Juga sebaliknya hal tersebut dapat juga dilakukan oleh ayah.
 
Di sesi tanya jawab, seminar yang dimoderatori oleh Siti Zahara A. Djalil, terlihat peserta antusias menanyakan konsep dan solusi dari permasalahan cara mendidik anak menurut Islam dan dapat menjawab tantangan relaitas yang dihadapi hari ini.
 
Seminar ini dibuka oleh Kepala Badan pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Provinsi Aceh, Dra. Hj. Dahlia, M.Ag, dan diikuti oleh sekitar 100 peserta dari unsur ormas perempuan, pengurus majlis taklim perempuan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Dalam sambutannya ibu Dahlia menyampaikan bahwa seminar ini menjadi penting dan strategis di tengah banyaknya persoalan dan tantangan yang dihadapi setiap rumah tangga dan keluarga yang ada di Aceh hari ini. Akibat globalisasi dan kemajuan tehnologi informasi banyak kasus-kasus keluarga di Aceh seperti trafikking, pergaulan bebas, narkoba, kekerasan dalam rumah tangga yang memerlukan penanganan serius dan komprehensif. Diharapkan seminar ini dapat memberikan kontribusi ke arah sana, demikian kepala BP3A mengakhiri sambutannya.
 
Pengirim:

Banda Aceh, 20 Januari 2014
Pengurus Muslimat Dewan Da’wah Aceh,
Roslaila Usman Latief, S.Ag
Sekretaris

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X