Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
28.191 views

Kekurangan Biaya, Anak Istri Aktifis Belum Bisa Dibawa Pulang Selepas Operasi Caesar. Mari Bantu!

BEKASI, JAWA BARAT (voa-islam.com) - Kurang mampu secara ekonomi bukan pilihan. Meminta-minta bantuan juga bukan tujuan. Apa yang dialami pasangan suami istri yang tinggal di rumah kontrakan di wilayah Babelan – Kabupaten Bekasi berikut ini merupakan ujian dari Allah. Bukan saja bagi yang menderita, tapi juga bagi saudaranya seiman.

Kondisi kekurangan saat menunggu kelahiran buah hati tidak diinginan oleh keluarga Bapak Syafi’i dan Ibu Soimah. Persiapan dana persalinan hanya pas-pasan. Cuma cukup untuk kelahiran normal di bidan. Namun ternyata Allah berkehendak lain, Dia ingin menguji kesabaran pasangan yang cukup aktif dalam kegiatan keislaman ini. Operasi Caesar menjadi satu-satunya pilihan dalam ikhtiyar untuk menyelamatkan sang Ibu dan buah hatinya, setelah lebih dari tiga hari berjuang menahan sakitnya proses melahirkan.

Kronologi

Pada hari Rabu, tanggal 22 Januari 2014, Ibu Soimah mengalami sakit pinggang yang berkepanjangan. Kondisi pada waktu itu sedang mengandung anak pertama dengan umur kandungan 9 bulan. Lalu di bawa ke klinik AL-IKHLAS, Setu, Bekasi; dan di sarankan untuk rawat inap.

Selama perawatan di klinik terjadi pendarahan yang hebat, darah keluar terus menerus. Namun sakit pinggangnya masih terasa menyiksa.

Setelah 3,5 hari dilakukan perawatan oleh Bidan Ema secara professional dan optimal. Tetapi Allah berkehendak lain. Hasil USG terakhir menunjukan bahwa plasenta menutup jalan lahir sehingga bayi sulit untuk keluar.

“Kita sudah maksimal berikhtiar, Allah-lah yang menentukan, sampai dilakukan USG terakhir dan hasilnya masih tetap sama, plasenta menutup jalan lahir,” tutur bidan Ema kepada contributor voa-islam.com.

Dengan penuh pertimbangan, akhirnya Bidan Ema segera merujuk Ibu Soimah ke Rumah Sakit Kartika Husada Setu, Bekasi timur, pada Sabtu (25 Januari 2014) untuk dilakukan operasi Caesar.

Al-Hamdulillah, operasi Caesar berhasil dengan lancer. Ibu Soimah selamat, begitu juga bayinya yang imut.

Kemudian bayi yang lahir dengan berat 3,6 kg dan panjang 50 cm ini diberi nama Muhammad jibril. Semoga kelak ia menjadi ana sholeh yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan menjadi dai & pejuang Islam sebagaimana harapan orang tuanya.

Total biaya yang habis untuk persalinan kurang lebih RP. 15 000 000. Persediaan dana yang kurang dari 3 juta tentu masih menyisakan hutang ke Rumah Sakit yang sulit dilunasi oleh seorang karyawan swasta di UD. Putra Mandiri. Belum lagi untuk kebutuhan makan harian. Berhutang sana-sini sudah dilakukan, namun belum juga cukup untuk membawa si buah hati pulang.

Sampai hari ini (Selasa, 28 Januari 2014) pagi, Ibu Soimah dan Muhammad JIbril masih berada di rumah sakit menunggu pelunasan biaya perawatan.

Saudaraku! ujian yang menimpa saudara seiman kita ini, hakikatnya, bukan ditujukan untuk diri yang menderita saja. Tapi juga kepada kita yang mengaku insan beriman. Allah ingin melihat kecintaan dan kepedulian kita kepada saudara seiman. Apakah kita merasa satu tubuh dengan saudara seiman lainnya; di mana jika satu anggota sakit yang lain ikut merasakannya?

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

"Tidak sempurna keimanan seseorang dari kalian, sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ الْوَاحِدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal kasih sayang, kecintaan dan kelemah-lembutan diantara mereka adalah bagaikan satu tubuh, apabila ada satu anggotanya yang sakit maka seluruh tubuh juga merasakan demam dan tidak bisa tidur.” (Muttafaqun ‘Alaihdari al-Nu’man bin Basyir)

Semoga kepedulian kita kepada saudara seiman yang sedang menderita kesusahan menjadi sebab datangnya keberkahan dalam hidup kita dan mengundang pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Allah senantiasa menolong hamba selama hamba itu suka menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Dalam hadits lain,

وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dan siapa yang berusaha memenuhi kebutuhan  saudaranya maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Siapa yang menghilangkan kesusahan seorang muslim, maka Allah akan menghilangkan darinya kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya pada hair kiamat.” (Muttafaq ‘alaih)

Kemana Bantuan Bisa Disalurkan?

Bagi pembaca kaum muslimin yang ingin ikut meringankan beban keluarga Bapak Syafi’I dan Ibu Soimah, bisa menyalurkan donasinya melalui Voice of Al-Islam:

(Bank Syariah Mandiri, Cabang Bekasi, No.Rek: 70.6591.4788 a/n: Badrul Tamam)

Kami ucapkan terima kasih atas kepedulian saudara sekalian, dan semoga Allah memberi ganti yang lebih baik, Jazakumullah Khaira. [PurWD/voa-islam.com]

CATATAN:

Untuk konfirmasi Transfer, hubungi Badrul Tamam (pengasuh Rublik Islamia/voa-islam.com) di 087781227881.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Kementerian Kesehatan Saudi: Umat Islam Yang Ingin Menunaikan Haji Tahun Ini Harus Divaksin COVID-19

Kementerian Kesehatan Saudi: Umat Islam Yang Ingin Menunaikan Haji Tahun Ini Harus Divaksin COVID-19

Selasa, 02 Mar 2021 19:05

Turki Buka Kembali Sebagian Besar Restoran dan Sekolah

Turki Buka Kembali Sebagian Besar Restoran dan Sekolah

Selasa, 02 Mar 2021 18:35

279 Siswi Nigeria Yang Diculik 'Bandit' Dari Sekolah Asrama Di Zamfara Telah Dibebaskan

279 Siswi Nigeria Yang Diculik 'Bandit' Dari Sekolah Asrama Di Zamfara Telah Dibebaskan

Selasa, 02 Mar 2021 17:45

Rusia Tarik Pasukan Dari Kota Saraqib Untuk Lindungi Tentaranya Dari Serangan Jihadis

Rusia Tarik Pasukan Dari Kota Saraqib Untuk Lindungi Tentaranya Dari Serangan Jihadis

Selasa, 02 Mar 2021 17:05

Pembunuhan Khashoggi Halangi Jalan Mohammed Bin Salman Menuju Tahta Kerajaan Saudi

Pembunuhan Khashoggi Halangi Jalan Mohammed Bin Salman Menuju Tahta Kerajaan Saudi

Selasa, 02 Mar 2021 16:35

Legalisasi Miras: Apa Kabar Kiyai Ma’ruf Amin?

Legalisasi Miras: Apa Kabar Kiyai Ma’ruf Amin?

Selasa, 02 Mar 2021 07:48

Abdul Mu'ti Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat yang Keberatan dengan Perpres Miras

Abdul Mu'ti Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat yang Keberatan dengan Perpres Miras

Selasa, 02 Mar 2021 07:11

Pilpres 2024, Antara yang Muda dan yang Tua

Pilpres 2024, Antara yang Muda dan yang Tua

Selasa, 02 Mar 2021 06:54

Perpres Produksi Miras, Presiden Jokowi Mikir Apa Tidak Ya?

Perpres Produksi Miras, Presiden Jokowi Mikir Apa Tidak Ya?

Selasa, 02 Mar 2021 06:39

Laporan: 3 Nama Secara Misterius Dihapus Dari Laporan AS Tentang Pembunuhan Khashoggi

Laporan: 3 Nama Secara Misterius Dihapus Dari Laporan AS Tentang Pembunuhan Khashoggi

Senin, 01 Mar 2021 20:35

Badan Amal Turki Akan Bangun Kota Untuk Para Pengungsi Di Azaz Barat Laut Suriah

Badan Amal Turki Akan Bangun Kota Untuk Para Pengungsi Di Azaz Barat Laut Suriah

Senin, 01 Mar 2021 20:01

Taliban Serukan AS Patuhi Perjanjian Damai Yang Ditandatangani Tahun Lalu Di Qatar

Taliban Serukan AS Patuhi Perjanjian Damai Yang Ditandatangani Tahun Lalu Di Qatar

Senin, 01 Mar 2021 17:03

Politik Mabuk Jokowi

Politik Mabuk Jokowi

Senin, 01 Mar 2021 14:54

Forum Jurnalis Muslim Tetapkan Dudy Sya'bani Takdir sebagai Ketum Periode 2021-2024

Forum Jurnalis Muslim Tetapkan Dudy Sya'bani Takdir sebagai Ketum Periode 2021-2024

Senin, 01 Mar 2021 14:28

281 Anak dari 19 Provinsi Ikuti Lomba Tahfidz Nasional yang Diadakan Masjid Astra

281 Anak dari 19 Provinsi Ikuti Lomba Tahfidz Nasional yang Diadakan Masjid Astra

Senin, 01 Mar 2021 13:48

Sebagus Apapun, Dakwah Bisa Gagal Jika Salah Pendekatan

Sebagus Apapun, Dakwah Bisa Gagal Jika Salah Pendekatan

Senin, 01 Mar 2021 12:15

Bisa Jatuh Digoyang Maumere

Bisa Jatuh Digoyang Maumere

Senin, 01 Mar 2021 12:05

Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Ahad, 28 Feb 2021 22:36

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

Ahad, 28 Feb 2021 21:06

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

Ahad, 28 Feb 2021 18:52


MUI

Must Read!
X