Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.415 views

Muslimah dalam Pembangunan Ekonomi Ummat

Sahabat VOA-Islam...

Sebuah peradaban yang diharapkan oleh semua manusia adalah tentunya dapat memberikan kemaslahatan terhadap khalayak. Bukan hanya, laki-laki yang berperan sebagai pemimpin. Namun, juga pergegerak Perempuan Muslimah yang sudah seharusnya dapat di apresiasi atas perjuangan-perjuangannya. Dimasa kini, peran seorang Muslimah khususnya dalam Bidang ekonomi sudah tak diragukan lagi.

Banyak sekali perempuan-perumpuan muslimah yang sudah berkecimpung didunia Ekonomi dalam skala besar (makroekonomi) sampai Muslimah yang bergelut di skala kecil atau rumah tangga sekalipun.

Kadang potensi yang dimiliki perempuan untuk berkontribusi untuk ummat, masih dibatasi karena beberapa faktor. Misalnya, karena kesibukannya sebagai Ibu Rumah Tangga. Selain itu, kurang percaya dirinya seorang perempuan untuk menjalankan roda perekonomian. Hal ini memang sering kali terjadi dan tidak dapat dipermasalahkan. Sebab, citra yang sudah terbentuk di masyarakat.

Berkaca pada sejarah, nama-nama besar seperti Khadijah binti Khuwailid ra, Siti Fathimah Az-Zahra ra, Asma binti Abu Bakar ra, Sumayyah ra, Ummu Habibah binti Abu Sufyan ra, dan lain sebagainya. Yang semenjak bersentuhan dengan Islam keseharian mereka hanya dipersembahkan demi kemulian Islam dalam segala aspek kehidupan. Karena tak dapat penulis pungkiri, bahwa sosok-sosok inilah yang dapat dijadikan contoh dalam hal pergerakan Muslimah dari zaman ke zaman. Kilas balik, pada zaman jahiliyah saat dimana perempuan muslimah yang tak dihargai bahkan dilecehkan.

Bahkan sampai saat ini pun, Kekerasan serta pelecehan dan diskriminasi terhadap kaum Muslimah juga masih terjadi, seperti terjadi di Palestina. Aksi kekerasan terjadi saat memperingati Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret, lebih dari 30 warga Palestina, sebagian besar perempuan, terluka saat tentara Israel membubarkan paksa aksi damai di pos pemeriksaan Qalandiya antara Al-Quds dan Ramallah.

Tentara Israel menembakkan tabung gas air mata, granat setrum, peluru karet berlapis, dan semprotan merica terhadap ratusan perempuan dalam rangka mencegah mereka mencapai pos pemeriksaan. Empat belas dari 30 yang terluka dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Melihat kondisi diatas, sudah sepatut nya penulis sebagai Muslimah yang akan membuat sejarah baru dalam sebuah peradaban khususnya dalam pembangunan ekonomi ummat ini. Peran muslimah di ruang public tersebut dan ikut menentukan kebijakan pemerintah, tentu akan semakin mendukung dalam sebuah peradaban. Jika kita sebagai Muslimah dapat ikut serta dalam semua kebijakan pemerintah kita secara tidak langsung akan memberikan kemaslahatan terhadap ummat.

Oleh karena itulah, Muslimah merupakan komponen dalam keluarga dan masyarakat. yang dimana perannya sangat menentuka dalam sebuah peradaban. Pertama, perann Muslimah dalam Keluarga yang terpenting adalah menjadi seorang Isteri sekaligus seorang ibu. Kedua, Muslimah di masyarakat yang dimana ditutut untuk membangun sebuah peradaban pula. Seperti dalam hal pendidikan, ekonomi, social budaya serta dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Jika kita berbicara pembangunan Ekonomi Ummat pada saat ini. Sudah banyak perempuan-perempuan yang saat ini sudah duduk di bangku pemerintahan dalam hal mengelola keuangan Negara. Ini menjadi salah satu bukti nyata, bahwa perempuan muslimah juga masih dapat mengayomi masyarakat sekitar nya dengan jalan Dakwah ini.

Bahkan saat ini, menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri hari ini meluncurkan Gerakan Nasional "Muslimah Membangun" yang digagas Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional IPEMI, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (15/5/17) salah satu dari output pembentukan Gerakan Muslimah ini adalah sebuah Etos Bisnis yang dikembangkan oleh Muslimah dengan mengambil spirit paling inti Islam yakni menjadikan kepemilikan harta benda sebagai sarana menggapai surga Ilahi, akan memacu produktifitas yang tinggi.

Dari beberapa contoh diatas, bahwa peran Muslimah dalam rangka pembangunan Ekonomi Ummat menjadi salah satu yang menarik. Terutama memanfaatkan nya dalam bidang usaha. sebagai Pengusaha Muslimah dengan mendirikan berbagai lapangan kerja yang berbasis syariah. Seperti warung Muslimah, Kolam Renang Muslimah dan lain sebagainya. Dengan begitu, pertumbuhan Pembangunan ekonomi juga akan semakin berkembang. Karena seiring berjalannya waktu, sebagai perempuan khususnya demi menjaga izzah seorang perempuan.

Sudah selayaknya, sudah mendirikan berbagai tempat pariwisata atau lainnya khusus muslimah untuk menunjang beribadah pula. Dengan begitu, jika semua stakeholder turun dalam mengatasi permasalahan di negeri ini. Khusunya dalam aspek Ekonomi, Harapannya dapat mengurangi kesenjangan ekonomi, pengangguran dan kemiskinan bakal cepat tercapai.

Jadi, berdasarkan realita diatas. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tugas perempuan atau pun seorang muslimah apapun dan dimanapun itu adalah sebagian dari Dakwah. Dalam pandangan Allah, jenis kelamin tidak berpengaruh dalam meraih derajat keimanan, meski utusan Allah atau para nabi adalah laki-laki. Namun, kenabian ilahi adalah tanggung jawab dan tugas suci yang harus disampaikan ke seluruh umat manusia.

Oleh karena itulah muslimah merupakan komponen dalam keluarga dan masyarakat yang sangat menentukan perannya dalam membentuk generasi, dan dalam membangun peradaban dengan menciptakan karya-karya yang positif dan bermanfaat bagi orang lain. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Reni Marlina

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Sudah 4 bulan Ulandari menahan pedihnya patah tulang kaki karena tak punya biaya. Lukanya menganga dan membusuk, jika tidak segera dioperasi, calon dai ini terancam akan kehilangan kaki kirinya....

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Untuk pembelian tanah program wakaf produktif muallaf Bolaang Mongondow Sulawesi Utara masih dibutuhkan dana 214 juta rupiah. Ayo berwakaf Rp 15.000 per meter, agar harta kekal dan pahala terus...

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Dalam satu desa terdapat 53 muallaf hidup prihatin pra-sejahtera. Hanya dengan 15.000 rupiah kita bisa berwakaf tanah satu meter untuk rumah dan pekerjaan mereka. Total kebutuhan 70 rupiah....

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Anak yatim berprestasi ini selalu jadi juara sejak SD. Sang ayah hilang 9 tahun silam saat berdakwah ke luar kota. Terbelit kesulitan ekonomi, Ayu terbebani tagihan sekolah 8 juta rupiah....

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Dalam iman, rumah tangga muallaf ini sangat bahagia. Namun dalam hal ekonomi, pasangan pengamen dan tukang ojek yang memiliki 3 yatim ini sangat dhuafa dan memprihatinkan....

Latest News
Hukum Dipaksakan untuk Menjerat para Ulama Seperti Ustadz Zulkifli

Hukum Dipaksakan untuk Menjerat para Ulama Seperti Ustadz Zulkifli

Senin, 22 Jan 2018 22:41

Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Senin, 22 Jan 2018 22:37

Sejarawan: Hukum Kita Semakin Jelas Menunjukkan Ketidakadilan dan Pilih Kasih

Sejarawan: Hukum Kita Semakin Jelas Menunjukkan Ketidakadilan dan Pilih Kasih

Senin, 22 Jan 2018 22:33

Nasihat untuk Pembaca dan Penghagal Al-Qur'an

Nasihat untuk Pembaca dan Penghagal Al-Qur'an

Senin, 22 Jan 2018 22:25

Pemerintah dan DPR Harus Bertanggungjawab terhadap

Pemerintah dan DPR Harus Bertanggungjawab terhadap

Senin, 22 Jan 2018 21:44

Jurnalisme Islam Harus Berikan Solusi dan Mencerahkan

Jurnalisme Islam Harus Berikan Solusi dan Mencerahkan

Senin, 22 Jan 2018 21:40

Mike Pence: Kedubes AS Akan Pindah dari Tel Aviv ke Yerusalem Sebelum Akhir 2019

Mike Pence: Kedubes AS Akan Pindah dari Tel Aviv ke Yerusalem Sebelum Akhir 2019

Senin, 22 Jan 2018 21:38

[video] BANTU BISNIS KRIPIK YAMMY BUNDA ELIS USAI STROKE KEDUA, Yuk Investasi

[video] BANTU BISNIS KRIPIK YAMMY BUNDA ELIS USAI STROKE KEDUA, Yuk Investasi

Senin, 22 Jan 2018 16:49

Voa-Islam Gelar Training Muslim Journalist Trooper, Jurnalis Video Jaman Now

Voa-Islam Gelar Training Muslim Journalist Trooper, Jurnalis Video Jaman Now

Senin, 22 Jan 2018 16:45

25.000 Petempur FSA Dukung Operasi Militer Turki di Afrin

25.000 Petempur FSA Dukung Operasi Militer Turki di Afrin

Senin, 22 Jan 2018 15:25

Madu Manjakani Atasi Masalah Kewanitaan, Miss V dan Raih Kebahagiaan Suami

Madu Manjakani Atasi Masalah Kewanitaan, Miss V dan Raih Kebahagiaan Suami

Senin, 22 Jan 2018 14:41

Bangladesh Katakan Akan Berkoordinasi dengan PBB untuk Pengembalian Pengungsi Rohingya

Bangladesh Katakan Akan Berkoordinasi dengan PBB untuk Pengembalian Pengungsi Rohingya

Senin, 22 Jan 2018 14:30

Prof Dr Tono: Indonesia Sholat Subuh Terlalu awal 26 Menit, Isya Lambat 26 menit

Prof Dr Tono: Indonesia Sholat Subuh Terlalu awal 26 Menit, Isya Lambat 26 menit

Senin, 22 Jan 2018 14:21

Ikuti Training MUSLIM JOURNALIST TROOPER, Video News Jaman NOW! Yuk Daftar

Ikuti Training MUSLIM JOURNALIST TROOPER, Video News Jaman NOW! Yuk Daftar

Senin, 22 Jan 2018 14:01

Yuk Donasikan Infaq Terbaik Bagi STUDIO VOA ISLAM TV. Raih Pahala Abadi

Yuk Donasikan Infaq Terbaik Bagi STUDIO VOA ISLAM TV. Raih Pahala Abadi

Senin, 22 Jan 2018 13:49

Tema 9 Tahun Voa-Islam: Fastabiqul Khairat, Berlomba Dalam Kebaikan

Tema 9 Tahun Voa-Islam: Fastabiqul Khairat, Berlomba Dalam Kebaikan

Senin, 22 Jan 2018 13:34

Safari Dakwah Ustadz Syamsi Ali di Pulau Dewata

Safari Dakwah Ustadz Syamsi Ali di Pulau Dewata

Senin, 22 Jan 2018 13:17

Ledakan Bom di Sebuah Pasar di Yala Thailand Selatan Tewaskan 3 Orang Lukai 18 Lainnya

Ledakan Bom di Sebuah Pasar di Yala Thailand Selatan Tewaskan 3 Orang Lukai 18 Lainnya

Senin, 22 Jan 2018 13:16

FOTO: Terharu, Anak SD Donasikan Rp. 2000 untuk Maidaturahmah Jumat Berkah

FOTO: Terharu, Anak SD Donasikan Rp. 2000 untuk Maidaturahmah Jumat Berkah

Senin, 22 Jan 2018 13:13

Gelar Tabligh Akbar, MUI Manokwari? Undang Ustadz Zaitun Rasmin

Gelar Tabligh Akbar, MUI Manokwari? Undang Ustadz Zaitun Rasmin

Senin, 22 Jan 2018 13:02


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X