Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.199 views

Ummu 'Umarah, Sang Pejuang Yang Berani Berkorban

Sahabat Muslimah VOA-Islam yang Shalihah...

Ummu ‘Umarah seorang sahabat wanita yang agung. Sahabiyah yang berani berkorban dan penyabar, serta terlibar dalam Bai’at Aqabah II. Ialah orang yang bersama putra-putranya, pernah didoakan oleh Rasulullah; “Ya Allah, jadikanlah mereka sebagai teman-temanku di surga.”

Nama lengkapnya adalah Ummu ‘Umarah Nasobah binti Ka’b ibn Amr ibn Auf ibn Mabdzul al-Khazrajiyyah an-Najjariyyah al-Anshariyyah al-Maziniyyah al-Madaniyyah. Ia ibu dari para sahabat pejuang yang mulia; Abdullah dan Hubaib ibn Zaid ibn ‘Ashim ibn ‘Umar.

Ummu ‘Umarah adalah salah seorang wanita Madinah yang paling awal memeluk Islam dan membela Rasulullah. Beliau memeluk Islam dan meneladani akhlak kaum Muslimin. Iman telah memenuhi hantinya hingga ia persembahkan segala yang di milikinya untuk Allah, menyebarkan agama Islam dan berjuang di jalan Allah selagi ia dan keluarganya mampu.

Ummu ‘Umarah, seorang pejuang yang berani berkorban ini, bersama kedua putra serta suaminya, Ghizyah ibn ‘Amr, terlibat dalam perang Uhud. Pada pagi hari, ia pergi dengan membawa kantung air untuk memberi minum para prajurit yang terluka.

Ia tidak mampu menahan diri ketika melihat pasukan Muslimin mengalami kekalahan karena tidak mengikuti petunjuk sang penglima, Rasulullah saw. Ummu ‘Umarah turun ke medan perang, menyerang kaum kafir, dan berjuang sekuat-kuatnya hingga mengalami dua belas luka berupa tusukan tombak ataupun sabetan pedang.

Berperang dengan sungguh-sungguh karena didorong oleh Iman dan keyakinan akan kebenaran dalam membela Rasulullah saw. Pada saat itu, ia berperang dengan mengikatkan baju di perutnya hingga mengalami tiga belas luka. Ummu ‘Umarah mengatakan, “Sungguh aku tidak melihat Ibnu Qami’ah” Ibnu Qami’ah adalah orang yang telah menyabet punggungnya. Sungguh ini merupakan pengorbanan terbesar darinya.

Hari demi hari terus berlalu. Ummu ‘Umarah, sang wanita pejuang yang berani berkorban dan beriman ini selalu mengabdi kepada Islam dan menunaikan kewajiban, baik dalam perang maupun damai, dengan sekuat tenaga. Beliau menjadi teladan sesungguhnya bagi wanita mukminah yang bersungguh-sungguh memperjuangkan dan menghidupkan agama.

Wanita yang kuat dan pejuang yang mampu melahirkan anak-anak mukmin yang jujur dan saleh hingga menjadi para pejuang di jalan Allah. Semoga Allah merahmatimu wahai sahabat yang agung, memuliakan kesabaranmu atas berbagai cobaan, perjuanganmu di jalan Allah, dan harapanmu hanya kepada-Nya.

 

Ummu ‘Umarah; Teladan Sejati Bagi Muslimah Pejuang

Dari kisah sahabiyah yang mulia ini, terlampau banyak pelajaran yang bisa di ambil dan dijadikan contoh untuk para muslimah. Keteguhannya, kekuatan Imannya, Keberaniannya dan paling utama cinta luar biasa yang dipersembahkannya untuk sang kekasih mulia, Rasulullah saw dan pencipta yang agung, Allah swt.

Cintanya kepada Allah dan Rasul mampu mendorongnya pada pengorbanan yang mulia, harta dan jiwa hingga keluarga di ikhlaskannya untuk kemenangan Islam dan untuk membela agama Allah.

Lalu, sudahkah muslimah zaman now yang telah Allah berikan sejuta kemudahan dalam memeluk agama sempurna ini, kemudahan menuntut ilmu agama agar mampu menjadi muslimah cerdas, memberikan semua yang dimilikinya untuk Allah dan Rasul sebagaimana Ummu ‘Umarah dan Sahabiyyah mulia lainnya.

Sudahkah berkorban dan berjuang dengan kesungguhan dan keikhlasan hati untuk membela agama Islam seperti Ummu ‘Umarah yang ikhlas menerima dua belas luka di tubuhnya. Sudahkah ?

Sebenarnya telah ada dalam diri sahabiyyah yang mulia contoh terbaik bagi muslimah khususnya muslimah pejuang yang telah meneguhkan hati dan langkah kakinya untuk Allah, Rasul dan Islam. Sungguh, tak ada muslimah yang pantas dijadikan contoh atau teladan terbaik selain para sahabiyyah yang telah dijanjikan syurga oleh Allah dan Rasul. Wanita muslimah yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk Allah, Rasul dan agama mulia ini. Masya Allah.

Dan wanita muslimah sekelas Ummu ‘Umarah hanya akan lahir dari sistem yang baik, yang menerapkan hukum Islam secara sempurna lagi menyeluruh. Karena Islam sungguh  sangat menjaga dan memuliakan wanita “Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para wanita”(HR. Muslim; 3729). Wallahu’alam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X