Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.339 views

True Love?

Oleh: Amalidatul Ilmi (Guru dan Pemerhati Remaja)

Bicara soal cinta itu selalu nggak ada habisnya ya. Apalagi bagi para kaum muda. Uluh-uluh paling suka bahas yang demikian. Nah apa salah sih? Lalu harusnya gimana sebenarnya? Kita bahas perlahan ya. Yuk cekidot​! 

Kalo ada pertanyaan nih, semua orang yang hidup di dunia ini tahu dan sadar nggak sih? Terkait keberadaan dirinya. Ya sebagai manusia sekaligus sebagai hamba Allah SWT tentunya. Mungkin mudah jawaban kita "ya ada yang tahu dan sadar dan ada yang enggak." Iya gitu kan ya? Hehe

Iya benar. Tetapi jika kita lihat hari ini masih banyak yang abai akan pentingnya kesadaran akan keberadaannya sebagai manusia sekaligus sebagai hamba Allah SWT. Bahkan tidak semua orang juga paham betapa pentingnya akan kesadaran ini.

Kita perlu memahami lebih jelas esensi dari manusia serta keberadaannya. Maka dari itu harus mengkaji lagi terkait manusia itu sendiri. Pengkajian yang dilakukan juga harus mendalam dan menyeluruh (tidak parsial). Salah satu cara untuk memahami manusia itu ya dengan memahami potensi kehidupannya.

Nah, pemahaman mengenai potensi kehidupan inilah yang akan menentukan pemahaman selanjutnya. Tentang apa dan bagimana manusia seharusnya melakukan akivitasnya. Pemahaman ini akan sangat mempengaruhi pandangan setiap muslim dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Potensi yang dimiliki manusia adalah bagian dari nikmat Allah yang diberikan kepada kita. Manusia memiliki potensi berupa kebutuhan naluri, jasmani dan akal.

Akan kita bahas potensi kehidupan tentang naluri manusia. Naluri manusia dalam kitab Nidhomul Islam karya Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani ada tiga, yaitu: Naluri beragama (Gharizatut Taddayun), Naluri mempertahankan diri (Gharizatul Baqa’) dan Naluri melangsungkan keturunan (Gharizatun Nau’).

Gharizatut Tadayyun penampakannya mendorong manusia untuk mensucikan sesuatu yang mereka anggap sebagai wujud dari Sang Pencipta. Maka dari itu dalam diri manusia ada kecenderungan untuk beribadah kepada Allah, perasaan kurang, lemah dan membutuhkan kepada yang lainya.

Hanya saja diantara manusia banyak yang keliru dalam rangka memenuhi kebutuhan naluri yang satu ini. Contohnya diantara manusia ada yang menyembah berhala, pohon keramat, binatang, bahkan menyembah sesama manusia dan lain-lain.

Orang atheis pun yang katanya tidak mengakui adanya tuhan, toh mereka juga mensucikan orang-orang tertentu semacam Lenin dan Stelin. Semua itu sebenarnya penampakan dari naluri yang memang diberikan oleh Allah SWT sebagai sang penciptanya.

Adanya kebutuhan ini dalam Al-Quran telah di isyaratkan. Allah SWT berfirman:

"Dan apabila manusia itu ditimpa kemudaharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan ni’mat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah ia berdo’a (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: “Bersenang-senanglahlah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka."" (TQS. Az-Zumar: 8)

Kedua adalah Gharizatul Baqa’ penampakanya mendorong manusia untuk melaksanakan berbagai aktivitas dalam rangka melestarikan kelangsungan hidup. Maka dapat dilihat pada diri manusia ada rasa takut, keinginan menguasai, cinta pada bangsa dan lain-lain. Adanya naluri ini telah diisyaratkan dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman:

“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagai bagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan kami sendiri, lalu mereka menguasainya?” (TQS. Yaasin: 71)

Ketiga adalah Gharizatun Nau'. Penampakanya akan mendorong manusia melestarikan jenis. Sebagai penampakan dari naluri ini, manusia memiliki kecenderungan seksual, rasa kebapakkan, rasa keibuan, cinta pada anak, orang tua, lawan jenis, orang lain.

Adanya naluri ini telah banyak diisyaratkan pula dalam Al-Quran. Contohnya rasa suka terhadap lawan jenis, Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan yusuf, dan yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba kami yang terpilih.” (TQS Yusuf: 24)

Selain itu Allah juga melengkapinya dengan seperangkat aturan. Agar dalam pemenuhan kebutuhan jasmani dan naluri sesuai dengan segala yang diperintahkanNya.

Namun, semuanya tetap dengan peran akal. Akal akan menuntun manusia memenuhi semua kebutuhan tersebut dengan benar. Disinilah nantinya akan muncul power manusia yang sesungguhnya. Karena apa yang dilakukannya berdasarkan ketaqwaannya kepada Allah.

Inilah keberadaan manusia yang sangat istimewa jika dibandingkan dengan hewan. Allah telah bekali manusia dan berupa kebutuhan jasmani dan naluri. Sehingga dengan potensi kehidupan ini, manusia dan hewan itu masih bisa melangsungkan kehidupannya.

Tapi dalam pemenuhannya itu, sangatlah berbeda antara manusia dan hewan. Lihat saja hewan, meskipun telah dibekali potensi kehidupan namun Allah tidak bekali ia akal. Maka dalam aktivitasnya dia nggak pernah lihat itu makanan milik anak atau saudaranya, asal lapar pokoknya sikat. Hehe.

Sehingga dari sini jelas hewan tidak memiliki pemahaman terkait potensi kehidupannya. Berbeda dengan manusia yang telah Allah bekali akal. Manusia akan menggunakan akalnya untuk memenuhi potensi kehidupannya. Artinya dia harusnya nggak asal tabrak atau terobos sana-sini dalam memenuhi kebutuhannya.

Akhirnya dapat kita pahami bahwa cinta itu adalah fitrah. Semua orang memilikinya tidak hanya remaja atau pemuda. Anak-anak dan orang dewasa pun punya. So, tak ada yang salah dengannya selama dalam pemenuhannya tetap terikat dengan yang Allah perintahkan dan Rasulullah ajarkan. Yuk semangat taat. Hanya dengan cinta karena Allah akan memperindah segalanya. InsyaaAllah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Latest News
Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Mematikan Cina Melonjak Jadi 80 Orang, Lebih 2700 Terkonfirmasi

Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Mematikan Cina Melonjak Jadi 80 Orang, Lebih 2700 Terkonfirmasi

Senin, 27 Jan 2020 11:19

Tanggapi Pernyataan Mahfud MD, Ustaz Tengku: Yang Haram Itu Sistem Pemerintahan Firaun dan Namrud

Tanggapi Pernyataan Mahfud MD, Ustaz Tengku: Yang Haram Itu Sistem Pemerintahan Firaun dan Namrud

Senin, 27 Jan 2020 10:06

Israel Resmi Izinkan Warganya Kunjungi Arab Saudi untuk Berbisnis Dan Haji

Israel Resmi Izinkan Warganya Kunjungi Arab Saudi untuk Berbisnis Dan Haji

Senin, 27 Jan 2020 09:57

Jubir FPI: Jika Akhir Hayat Johny Indo Muslim, Jenazahnya Wajib Diurus Secara Islam

Jubir FPI: Jika Akhir Hayat Johny Indo Muslim, Jenazahnya Wajib Diurus Secara Islam

Senin, 27 Jan 2020 08:29

Anak dan Istri Kedua Johny Indo: Papa Ingin Dikubur Secara Islam

Anak dan Istri Kedua Johny Indo: Papa Ingin Dikubur Secara Islam

Senin, 27 Jan 2020 08:01

Workshop Kasus Reyhnhard Sinaga

Workshop Kasus Reyhnhard Sinaga

Senin, 27 Jan 2020 06:57

Cinta dalam Sepenggal Nasihat

Cinta dalam Sepenggal Nasihat

Senin, 27 Jan 2020 05:45

Perusahaan Keamanan UEA Bujuk Pria Sudan untuk Bertempur di Libya dan Yaman

Perusahaan Keamanan UEA Bujuk Pria Sudan untuk Bertempur di Libya dan Yaman

Ahad, 26 Jan 2020 22:00

Tentara Pemerintah Tewaskan 2 Pemimpin Militer Syi'ah Houtsi dalam Pertempuran Dekat Sana'a

Tentara Pemerintah Tewaskan 2 Pemimpin Militer Syi'ah Houtsi dalam Pertempuran Dekat Sana'a

Ahad, 26 Jan 2020 20:00

Atlet Rugby Sonny B. Williams Tolak Gunakan Logo Perusahaan Taruhan Karena Bertentangan dengan Islam

Atlet Rugby Sonny B. Williams Tolak Gunakan Logo Perusahaan Taruhan Karena Bertentangan dengan Islam

Ahad, 26 Jan 2020 19:06

Korban Luka Akibat Gempa Bumi di Turki Meningkat Jadi 1.234 Orang

Korban Luka Akibat Gempa Bumi di Turki Meningkat Jadi 1.234 Orang

Ahad, 26 Jan 2020 16:37

HNW Kritik Wacana Teks Khotbah Jumat Diatur Pemerintah

HNW Kritik Wacana Teks Khotbah Jumat Diatur Pemerintah

Ahad, 26 Jan 2020 15:40

Musykerwil Persis Jabar: Kang Emil Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Pimpin Jabar

Musykerwil Persis Jabar: Kang Emil Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Pimpin Jabar

Ahad, 26 Jan 2020 13:00

Pentingnya Edukasi dalam Menurunkan Angka Perokok di Indonesia

Pentingnya Edukasi dalam Menurunkan Angka Perokok di Indonesia

Ahad, 26 Jan 2020 11:30

Membangun Generasi Emas di Masa Depan

Membangun Generasi Emas di Masa Depan

Ahad, 26 Jan 2020 11:15

Tiga Pesan KH. Aceng Zakaria Saat Resmikan Mukernas PP Persistri

Tiga Pesan KH. Aceng Zakaria Saat Resmikan Mukernas PP Persistri

Ahad, 26 Jan 2020 11:01

Korupsi dan Demokrasi

Korupsi dan Demokrasi

Ahad, 26 Jan 2020 10:58

Waspada Virus Corona, Pemerintah Diminta Perketat Jalur Masuk ke Indonesia

Waspada Virus Corona, Pemerintah Diminta Perketat Jalur Masuk ke Indonesia

Ahad, 26 Jan 2020 10:32

Wagub Sultra: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Wagub Sultra: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Ahad, 26 Jan 2020 09:37

Meluruskan Salah Tafsir Wajibnya Jilbab

Meluruskan Salah Tafsir Wajibnya Jilbab

Sabtu, 25 Jan 2020 23:59


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Senin, 27/01/2020 06:57

Workshop Kasus Reyhnhard Sinaga