Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.495 views

Inilah 4 Tips agar Momen Menyusui Aman dari Pamer Aurat

Oleh : Erlina YD*

Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap perempuan khususnya yang sudah menikah. Menjalani dan menikmati setiap proses mulai dari hamil, menyusui, menyapih, dan mendidik buah hati hingga siap menerima hukum syara secara menyeluruh. Menyusui merupakan salah satu tahapan yang cukup penting. Sekalipun sebentar, menyusui anak merupakan momen indah tak terlupakan. Bagi seorang muslimah, tentu ada dorongan keimanan saat memberikan ASI kepada putra-putrinya.  

Allah Ta’ala berfirman :

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لاَ تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلاَّ وُسْعَهَا لاَ تُضَآرَّ وَالِدَةُ بِوَلَدِهَا وَلاَ مَوْلُودُُلَّهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالاً عَن تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَن تَسْتَرْضِعُوا أَوْلاَدَكُمْ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُم مَّآءَاتَيْتُم بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرُُ {233}

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (Al-Baqarah: 233). 

Perintah Allah untuk memberikan ASI selama dua tahun, ternyata memang banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh bunda dan bayi. Nutrisi yang terkandung di dalam ASI adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh bayi dan tidak bisa tertandingi oleh susu jenis apapun. Menyusui merupakan saat dimana bunda dan bayi bisa membentuk bonding/ikatan yang kuat. Kulit bersentuhan dan  menatap langsung mata bayi, akan menumbuhkan efek psikologis yang baik antara bunda dan bayi. Anak pun akan tumbuh sehat dan percaya diri.

Bagi sang bunda, dengan menyusui akan cepat memulihkan kondisi rahim paska melahirkan.  Selain itu, dengan menyusui juga bisa menjadi salah satu cara untuk  mencegah resiko terkena kanker payudara. Luar biasa Allah saat memerintahkan suatu hukum syara, maka akan ada banyak maslahat di dalamnya.

Dengan memberikan ASI, bunda akan merasakan lebih praktis tanpa perlu membawa peralatan botol susu dan alat-alat lain termasuk alat untuk mensterilkan botol susu. Suhu dan nutrisi yang terkandung  pada ASI akan menyesuaikan sesuai tahapan usia bayi.

Kepraktisan dalam memberi ASI terkadang membuat para ibu agak lupa dan bahkan cenderung ceroboh dengan membiarkan sedikit terbuka auratnya. Terkadang banyak dijumpai di tempat umum, seorang ibu memberikan ASI pada bayinya tanpa menutup bagian dadanya. Tentu kondisi ini diharamkan dalam Islam karena telah menampakkan sebagian auratnya. Hal ini bisa mengundang atau memicu syahwat lawan jenis. Batasan aurat telah Allah jelaskan dalam QS An Nur ayat 31 dan Al Ahzab ayat 59.

Cukuplah kasus seorang ibu MS (33) yang merupakan warga Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan menjadi pembelajaran buat kita semua. Ibu tersebut dirudapaksa oleh tetangganya sendiri karena si tetangga sering melihatnya menyusui tanpa ditutup. Hal itu akhirnya menimbulkan nafsu bejat yang keji hingga terjadi rudapaksa ini. (Inspirasinews.co, 25/7/2019).

Tips Menyusui yang Aman

Bagi seorang muslimah, tentu  dibutuhkan kehati-hatian agar jangan sampai nampak auratnya saat menyusui. Apalagi jika saat menyusui tidak menemukan ruang/pojok laktasi sehingga terpaksa harus menyusui di tempat umum. Maka seharusnya bunda memperhatikan betul agar tidak sampai auratnya terlihat.

Berikut tips menyusui di tempat umum agar bunda tetap terjaga auratnya :

1. Gunakan pakaian yang tepat

Upayakan gamis/jilbab yang dipakai menggunakan bukaan depan yang mudah dilepas/dibuka. Gunakan pula kerudung lebar yang mampu menutup tubuh bayi saat posisi menyusu. Bunda juga bisa membawa nursing cover untuk menutup bagian dada.

2. Tenang dan tidak panik

Usahakan segera beri ASI saat sudah waktunya. Jangan menunggu bayi menangis karena lapar. Hal ini untuk menghindari panik dan menarik perhatian orang-orang di sekitar  bunda.

Bunda juga bisa berlatih di depan cermin saat menyusui  bayi. Ini akan memperlihatkan bagian apa yang sekiranya akan dilihat orang saat bunda memberikan ASI. Jadi bunda bisa mengantisipasinya agar tidak sampai terbuka auratnya.

3. Membawa botol ASI

Jika bayi sudah bisa menyusu dari botol, maka dari rumah sudah dipersiapkan ASI di dalam botol. Ini bisa dimanfaatkan saat bertemu situasi yang tidak memungkinkan untuk memberi ASI di tempat umum.

4. Membawa barang penunjang saat memberi ASI

Jangan lupa juga, bunda bisa membawa benda atau barang-barang yang sekiranya dibutuhkan selama proses menyusui. Sapu tangan atau tisu, breastpads, serta barang lain agar bunda dan bayi lebih nyaman saat proses menyusui.

Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi untuk para bunda khususnya yang sedang dalam tahapan menyusui buah hati. (rf/voa-islam.com)

*Pegiat Literasi, Member Revowriter

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Jum'at, 23 Oct 2020 18:45

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Jum'at, 23 Oct 2020 18:24

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

Jum'at, 23 Oct 2020 17:35

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Jum'at, 23 Oct 2020 17:15

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

Jum'at, 23 Oct 2020 16:46

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Jum'at, 23 Oct 2020 14:14

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Jum'at, 23 Oct 2020 13:30

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Jum'at, 23 Oct 2020 11:55

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Jum'at, 23 Oct 2020 11:32

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

Jum'at, 23 Oct 2020 11:00

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Jum'at, 23 Oct 2020 10:56

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Jum'at, 23 Oct 2020 10:38

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Kamis, 22 Oct 2020 21:00

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Kamis, 22 Oct 2020 20:15

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Kamis, 22 Oct 2020 17:00

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil

Kamis, 22 Oct 2020 16:15

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Istighfar Membersihkan Hati dan Menyucikannya

Kamis, 22 Oct 2020 16:00

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Wapres Azerbaijan Sebut Armenia Gunakan Teroris PKK di Garis Depan Nagorno-Karabakh

Kamis, 22 Oct 2020 14:45

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Jum'at, 23/10/2020 18:24

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik