Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.273 views

Temukan 8 Kunci Bahagia Wanita Shaliha

Oleh: Desi Wulan Sari

Setiap manusia memiliki impian untuk hidup bahagia. Bahagia adalah pilihan, keputusan yang lahir dari hati setiap manusia. Dicari, diperjuangkan dan dinikmati dalam kehidupan kita.

Allah SWT  telah menggariskan kepada kita jalan kebahagiaan, dan menjelaskan pula jalan kesengsaraan, dan seorang hamba dibiarkan untuk memilih jalan apa yang ia inginkan sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”  (QS An-Nahl: 97).

Menjadi seorang wanita adalah suatu keistimewaan yang Allah berikan untuk kita, terutama terpilih menjadi seorang wanita Muslimah. Allah mengangkat derajat kaum wanita. Sebagai wanita,memiliki impian sebuah keluarga sakinah mawardah warrahmah, adalah cita-cita mulia yang patut diperjuangkan dan diwujudkan dalam bingkai rumah tangga.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menjadi seorang wanita shaliha yang bahagia, dalam koridor syariat yang telah ditetapkan oleh Allah SWT?

Kebahagiaan bagi wanita jangan sampai hanya yang terlihat di layar kaca saja. kadangkala wanita lupa, saat dunia sedang menyapa dengan keindahan materinya dia akan metasa bahagia dengan melakukan kesibukan-kesibukan yang dibanggakannya. Akan tetapi bahagia seorang wanita shaliha akan selalu terpancar secara spontan dalam dirinya, saat ia memiliki kunci kebahagiaan hakiki dalam dirinya, yaitu dengan melakukan ketaatan-ketaatan pada Allah yang selalu dirindukannya.

Memiliki kunci dalam proses kehidupan, merupakan modal utama wanita shaliha dalam meraih kebahagiaan. Tanda bahwa bahagia yang dirasakan seorang muslimah tidak dapat dipaksakan dan diatur oleh siapa pun. Karena bahagia dan tidak bahagia itu adalah pilihan manusia, merekalah yang menentukan sendiri jalannya.

Inilah kunci-kunci kebahagiaan yang harus diyakini oleh wanita shaliha sebagai pegangan hidup, antara lain:

  1. Kunci kemuliaan adalah taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
  2.  Kunci rezeki adalah berusaha dengan diiringi istighfar dan ketaqwaan.
  3. Kunci kehidupan hati adalah merenungkan Al-Qur’an, berdo’a di malam hari, dan meninggalkan perbuatan dosa.
  4. Kunci pertolongan dan keberhasilan adalah kesabaran.
  5.  Kunci kebahagiaan adalah ketakwaan.
  6. Kunci bertambahnya nikmat adalah bersyukur.
  7. Kunci Rindu akhirat adalah menjaga jarak diri dari kenikmatan duniawi.
  8. Kunci permintaan dikabulkan adalah doa.

Sesungguhnya , seorang wanita harus bangga dengan akhlak mulia dan amal-amal shalihnya. Karena wanita shaliha selalu berusaha meraih cahaya dalam mengokohkan keimanan diri, yang ditunjukkan dalam kepribadian dirinya. Antara lain mernjaga keteguhan agamanya, kesuciannya, hijabnya, akhlaknya yang baik, kebaikannya dalam bertetangga, dan ketaatannya pada suami.

Peran penting hadirnya kebahagiaan bagi wanita shaliha, juga ditentukan oleh faktor-faktor yang  dimiilikinya, antara lain:

  1. Menjaga agama, kehormatan diri, suami dan keluarganya.
  2. Berrsyukur dalam setiap keadaan.
  3. Memiliki jiwa Qona'ah, merasa cukup dengan yang diberikan oleh Allah.
  4.  Amanah dalam melaksanakan tugas rumah tangganya.
  5. Pendidik awal generasi rabbani bagi masa depan umat.

Dalam hadis disebutkan:

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.” (HR. Muslim).

Allah SWT berfirman:

Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (QS. an-Nur [24]: 31).

Maka jelas, dalam proses meraih bahagia seorang wanita shaliha, hanya  bisa dicapai dengan iman dan amal shalih, maka sumber kebahagiaan yang hakiki itu hanyalah terdapat dalam ayat-ayat suci Al-Quran dan hadis-hadis suci Baginda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Dengan mengaplikasikan keduanya, mama seorang wanita  telah meniti jalan bahagia lewat sumbernya yang utama, dan mesti berujung pada akhir kebahagiaan yang hakiki pula yaitu surga Allah ta’ala.

Imam Ibnul-Qayyim rahimahullah mengisahkan bahwa beliau mendengar Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: ” Sesungguhnya di dunia ini terdapat surga, barangsiapa yang tidak memasukinya maka ia tidak akan memasuki surga akhirat “. (al-Mustadrak ‘ala Majmu’ al-Fatawa: 1/153). Wallahu a'lam bishawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X