Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.002 views

Inilah 3 Tips Bagi Istri untuk Tampil "Glowing" di Depan Suami

 

Oleh: Uthie Siti Solihah

Berita selingkuh atau perpisahan suami istri yang dipicu oleh perubahan fisik baik istri atau suami belakangan ini memang banyak terjadi. Nampaknya peribahasa rumput tetangga lebih hijau sedang jadi ujian dalam banyak pernikahan. Alasannya klise, sebut saja istri yang enggan berdandan dan tidak perhatian pada penampilan dirinya sendiri. Walhasil, suami lebih melirik wanita lain di luar yang lebih sedap dipandang. Akhirnya ia tergoda dan memilih berpisah dengan istrinya.

Banyak wanita beranggapan bahwa setelah menikah dan melahirkan mereka tak perlu dandan berlebihan. Toh sudah punya suami dan tidak perlu lagi  menarik hati orang lain. Apalagi tanggung jawab sebagai seorang istri plus sebagai seorang ibu makin bertambah. Mengurus anak, suami, rumah, belum lagi bila bekerja. Waktu jadi sangat terbatas, karena itulah para istri lebih memilih dandan seadanya atau tidak dandan sama sekali. 

Selain waktu, faktor pemenuhan kebutuhan untuk menunjang penampilan istri pun kurang, bahkan tidak dipersiapkan. Contohnya, istri tidak punya skincare atau produk perawatan untuk merawat kulitnya. Seiring dengan pertambahan usia, mereka lebih memilih dandanan yang lebih simple. Inilah alasan perempuan jadi malas berdandan. Padahal saat belia mereka sangat bersemangat bersolek.

Tak bisa dipungkiri, banyak faktor lain yang menyebabkan perpisahan. Namun menjaga penampilan bagi perempuan patut diperhatikan guna menjaga keharmonisan keluarga, apalagi bagi muslimah. Wajib hukumnya untuk memenuhi kebutuhan pandangan suami dengan keindahan.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.”

Tak bisa dinafikkan bahwa urusan rumah dan pengasuhan itu adalah peran yang menyibukkan. Jika Istri kurang bisa membagi waktu antara mengurus keluarga dan mengurus dirinya sendiri, maka akan didapati tampilan istri yang jauh dari glowing. Tapi apakah para suami tahu mengapa istri lupa merias dirinya minimal saat suami ada di rumah? Apakah nafkah yang diberikan suami belum cukup untuk memenuhi kebutuhan perawatan dirinya? Karena di zaman sekarang kebanyakan cantik dan glowing itu sudah menjadi sangat komersil. Seakan butuh modal banyak untuk bisa tampil menawan.

Jadi harus bagaimana seorang istri yang bisa tampil glowing dengan segala kesibukannya? Walaupun ibu rumah tangga yang sehari-harinya di rumah, ada banyak yang bisa dilakukan istri untuk membuat dirinya "glowing". Karena glowing tak selalu harus mempunyai kulit wajah yang mulus layaknya selebriti.

Ada 3 tips sederhana yang bisa dilakukan para istri:

1. Menjaga Kesehatan

Walau kegiatannya seabreg, namun menjaga kesehatan bagi seorang istri dan Ibu jangan dilupakan. Ibu bersama keluarga bisa sama-sama mengkonsumsi makanan sehat, mengatur waktu istirahat yang cukup, dan berolahraga bersama untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari stres. Sehat adalah modal utama istri menjalani harinya. Dengan sehat, tampilan istri menjadi lebih segar. Ingat bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai dari mukmin yang lemah.

2. Merawat Diri

Merawat diri sendiri bagi seorang istri sebenarnya mudah dan murah. Tak harus beli skincare lengkap dengan belasan tahapan pemakaian. Namun cukuplah dengan kebersihan diri dan pakaian, mandi dengan bersih serta memakai pakaian yang rapih dan serasi. Jangan lupa sesuaikan dengan selera suami tentang penampilan istri yang ia sukai.

Mengutip satu kisah oleh Ummu Habibah dalam bukunya Belajar dari Aisyah, bahwa Ayah Nailah berpesan kepada putrinya yang menikah dengan Usman bin Affan. Seorang perempuan hendaknya melakukan dua hal saat dia menikah, yaitu menggunakan celak dan wangi-wangian. Meski mendorong perempuan berdandan karena memang disyariatkan, Ummu Habibah sebagai penulis menegaskan bukan berarti para perempuan boleh berlama-lama di depan cermin. Apalagi sampai mereka meninggalkan ibadah dengan alasan fokus berdandan untuk sang suami. Semuanya mesti dilakukan secara proporsional, tidak berlebih-lebihan dan masih dalam koridor syariat yang dibenarkan. Misalnya, berpakaian syar'i, tidak mencukur alis dan memakai kosmetik yang halal.

3. Tingkatkan Keimanan

Apalah artinya jika tampilan glowing tapi hati kering. Teruslah memperbarui ibadah sehari-hari. Karena buah dari ketaatan adalah akhlak yang baik. Istri yang solehah tidak hanya berfokus pada cantik fisik semata. Tapi hatinya akan ia jaga juga supaya tidak hilang fokus pada keridhoan Allah. Visi pernikahan baginya adalah jalan menuju Surga. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai)

Dari ketiga tips di atas tentu saja harus  dikomunikasikan kepada suami untuk mendapatkan kesepakatan bagaimana tekhnis istri mengatur waktu antara mengurus rumah, mengasuh anak dan memperhatikan penampilannya supaya tampil "glowing". Awalnya mungkin tidak mudah untuk menerapkan tips di atas  karena selama ini pemikiran kita sudah terkontaminasi oleh arti cantik yang sempit. Kulit mulus badan langsing dan wajah glowing.

Sistem kapitalis liberal memang menggiring para muslimah untuk melewati batasan mereka untuk bisa cantik tapi tidak memperhatikan syariat. Maka kita berharap supaya sistem ini segera berakhir dan berganti dengan sistem Islam yang memuliakan para perempuan. Mempermudah tugas perempuan untuk taat pada Allah dan RasulNya dengan segala aturan Islam yang mensejahterakan. Wallahu alam bishowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X