Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.754 views

Inilah 3 Tips Bagi Istri untuk Tampil "Glowing" di Depan Suami

 

Oleh: Uthie Siti Solihah

Berita selingkuh atau perpisahan suami istri yang dipicu oleh perubahan fisik baik istri atau suami belakangan ini memang banyak terjadi. Nampaknya peribahasa rumput tetangga lebih hijau sedang jadi ujian dalam banyak pernikahan. Alasannya klise, sebut saja istri yang enggan berdandan dan tidak perhatian pada penampilan dirinya sendiri. Walhasil, suami lebih melirik wanita lain di luar yang lebih sedap dipandang. Akhirnya ia tergoda dan memilih berpisah dengan istrinya.

Banyak wanita beranggapan bahwa setelah menikah dan melahirkan mereka tak perlu dandan berlebihan. Toh sudah punya suami dan tidak perlu lagi  menarik hati orang lain. Apalagi tanggung jawab sebagai seorang istri plus sebagai seorang ibu makin bertambah. Mengurus anak, suami, rumah, belum lagi bila bekerja. Waktu jadi sangat terbatas, karena itulah para istri lebih memilih dandan seadanya atau tidak dandan sama sekali. 

Selain waktu, faktor pemenuhan kebutuhan untuk menunjang penampilan istri pun kurang, bahkan tidak dipersiapkan. Contohnya, istri tidak punya skincare atau produk perawatan untuk merawat kulitnya. Seiring dengan pertambahan usia, mereka lebih memilih dandanan yang lebih simple. Inilah alasan perempuan jadi malas berdandan. Padahal saat belia mereka sangat bersemangat bersolek.

Tak bisa dipungkiri, banyak faktor lain yang menyebabkan perpisahan. Namun menjaga penampilan bagi perempuan patut diperhatikan guna menjaga keharmonisan keluarga, apalagi bagi muslimah. Wajib hukumnya untuk memenuhi kebutuhan pandangan suami dengan keindahan.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.”

Tak bisa dinafikkan bahwa urusan rumah dan pengasuhan itu adalah peran yang menyibukkan. Jika Istri kurang bisa membagi waktu antara mengurus keluarga dan mengurus dirinya sendiri, maka akan didapati tampilan istri yang jauh dari glowing. Tapi apakah para suami tahu mengapa istri lupa merias dirinya minimal saat suami ada di rumah? Apakah nafkah yang diberikan suami belum cukup untuk memenuhi kebutuhan perawatan dirinya? Karena di zaman sekarang kebanyakan cantik dan glowing itu sudah menjadi sangat komersil. Seakan butuh modal banyak untuk bisa tampil menawan.

Jadi harus bagaimana seorang istri yang bisa tampil glowing dengan segala kesibukannya? Walaupun ibu rumah tangga yang sehari-harinya di rumah, ada banyak yang bisa dilakukan istri untuk membuat dirinya "glowing". Karena glowing tak selalu harus mempunyai kulit wajah yang mulus layaknya selebriti.

Ada 3 tips sederhana yang bisa dilakukan para istri:

1. Menjaga Kesehatan

Walau kegiatannya seabreg, namun menjaga kesehatan bagi seorang istri dan Ibu jangan dilupakan. Ibu bersama keluarga bisa sama-sama mengkonsumsi makanan sehat, mengatur waktu istirahat yang cukup, dan berolahraga bersama untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari stres. Sehat adalah modal utama istri menjalani harinya. Dengan sehat, tampilan istri menjadi lebih segar. Ingat bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai dari mukmin yang lemah.

2. Merawat Diri

Merawat diri sendiri bagi seorang istri sebenarnya mudah dan murah. Tak harus beli skincare lengkap dengan belasan tahapan pemakaian. Namun cukuplah dengan kebersihan diri dan pakaian, mandi dengan bersih serta memakai pakaian yang rapih dan serasi. Jangan lupa sesuaikan dengan selera suami tentang penampilan istri yang ia sukai.

Mengutip satu kisah oleh Ummu Habibah dalam bukunya Belajar dari Aisyah, bahwa Ayah Nailah berpesan kepada putrinya yang menikah dengan Usman bin Affan. Seorang perempuan hendaknya melakukan dua hal saat dia menikah, yaitu menggunakan celak dan wangi-wangian. Meski mendorong perempuan berdandan karena memang disyariatkan, Ummu Habibah sebagai penulis menegaskan bukan berarti para perempuan boleh berlama-lama di depan cermin. Apalagi sampai mereka meninggalkan ibadah dengan alasan fokus berdandan untuk sang suami. Semuanya mesti dilakukan secara proporsional, tidak berlebih-lebihan dan masih dalam koridor syariat yang dibenarkan. Misalnya, berpakaian syar'i, tidak mencukur alis dan memakai kosmetik yang halal.

3. Tingkatkan Keimanan

Apalah artinya jika tampilan glowing tapi hati kering. Teruslah memperbarui ibadah sehari-hari. Karena buah dari ketaatan adalah akhlak yang baik. Istri yang solehah tidak hanya berfokus pada cantik fisik semata. Tapi hatinya akan ia jaga juga supaya tidak hilang fokus pada keridhoan Allah. Visi pernikahan baginya adalah jalan menuju Surga. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai)

Dari ketiga tips di atas tentu saja harus  dikomunikasikan kepada suami untuk mendapatkan kesepakatan bagaimana tekhnis istri mengatur waktu antara mengurus rumah, mengasuh anak dan memperhatikan penampilannya supaya tampil "glowing". Awalnya mungkin tidak mudah untuk menerapkan tips di atas  karena selama ini pemikiran kita sudah terkontaminasi oleh arti cantik yang sempit. Kulit mulus badan langsing dan wajah glowing.

Sistem kapitalis liberal memang menggiring para muslimah untuk melewati batasan mereka untuk bisa cantik tapi tidak memperhatikan syariat. Maka kita berharap supaya sistem ini segera berakhir dan berganti dengan sistem Islam yang memuliakan para perempuan. Mempermudah tugas perempuan untuk taat pada Allah dan RasulNya dengan segala aturan Islam yang mensejahterakan. Wallahu alam bishowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Tragedi Kanjuruhan, Ini Penjelasan Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya Soal Bahaya Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan, Ini Penjelasan Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya Soal Bahaya Gas Air Mata

Ahad, 02 Oct 2022 15:45

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tragedi Kanjuruhan

Ahad, 02 Oct 2022 15:09

Tragedi Kanjuruhan Tewaskan Ratusan Jiwa, Ustaz Bachtiar Nasir Sampaikan Belasungkawa

Tragedi Kanjuruhan Tewaskan Ratusan Jiwa, Ustaz Bachtiar Nasir Sampaikan Belasungkawa

Ahad, 02 Oct 2022 10:26

Isu Bjorka Diburu, Kasus Sambo Jangan Dinego

Isu Bjorka Diburu, Kasus Sambo Jangan Dinego

Ahad, 02 Oct 2022 09:38

Halalkan Cintamu, Bestie!

Halalkan Cintamu, Bestie!

Ahad, 02 Oct 2022 09:21

Rusia Bombardir Idlib Dan Aleppo Untuk Menandai 7 Tahun Intervensi Di Suriah

Rusia Bombardir Idlib Dan Aleppo Untuk Menandai 7 Tahun Intervensi Di Suriah

Sabtu, 01 Oct 2022 21:30

Pasukan Ukraina Masuki Kota Kunci Lyman, Kepung Ribuan Tentara Rusia

Pasukan Ukraina Masuki Kota Kunci Lyman, Kepung Ribuan Tentara Rusia

Sabtu, 01 Oct 2022 21:00

Layanan Komunikasi Terputus Di Kota Tengara Iran Setelah Pembunuhan Kepala Intelijen IRGC

Layanan Komunikasi Terputus Di Kota Tengara Iran Setelah Pembunuhan Kepala Intelijen IRGC

Sabtu, 01 Oct 2022 20:30

Belajar dari Doa dan Keteguhan Nabi Zakaria

Belajar dari Doa dan Keteguhan Nabi Zakaria

Sabtu, 01 Oct 2022 08:17

Gelar Remaja Bertanya Ulama Menjawab di Garut, LSBPI MUI Edukasikan Seni Budaya Islam

Gelar Remaja Bertanya Ulama Menjawab di Garut, LSBPI MUI Edukasikan Seni Budaya Islam

Jum'at, 30 Sep 2022 22:20

Data Pribadi Bocor, Mahasiswa Muhammadiyah Ramai – Ramai Surati Presiden RI

Data Pribadi Bocor, Mahasiswa Muhammadiyah Ramai – Ramai Surati Presiden RI

Jum'at, 30 Sep 2022 15:21

Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah Kampus Muhammadiyah Ini Raih Sharia Award

Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah Kampus Muhammadiyah Ini Raih Sharia Award

Jum'at, 30 Sep 2022 15:00

Mokaf, Terobosan Alternatif Pangan Bernilai Tambah

Mokaf, Terobosan Alternatif Pangan Bernilai Tambah

Jum'at, 30 Sep 2022 13:48

Jahatkah Jokowi?

Jahatkah Jokowi?

Jum'at, 30 Sep 2022 13:05

Potret Pagar Makan Tanaman di Negeri Antahberantah

Potret Pagar Makan Tanaman di Negeri Antahberantah

Jum'at, 30 Sep 2022 09:35

Kondisi Keuangan Negara Buruk, Legislator Minta Pemerintah Lakukan Ini

Kondisi Keuangan Negara Buruk, Legislator Minta Pemerintah Lakukan Ini

Kamis, 29 Sep 2022 20:10

Saudi Sita 765.000 Pil Narkoba Yang Diseludupkan Dalam Semangka

Saudi Sita 765.000 Pil Narkoba Yang Diseludupkan Dalam Semangka

Kamis, 29 Sep 2022 20:09

Utusan PBB: Israel Terus Menentang Resolusi PBB Tentang Penghentian Pemukiman Ilegal

Utusan PBB: Israel Terus Menentang Resolusi PBB Tentang Penghentian Pemukiman Ilegal

Kamis, 29 Sep 2022 16:00

Save the Children dengan Islam

Save the Children dengan Islam

Kamis, 29 Sep 2022 15:32

Jadikan setiap momen aqiqah anda berkesan menjadi #AqiqahEmas Darul Munir

Jadikan setiap momen aqiqah anda berkesan menjadi #AqiqahEmas Darul Munir

Kamis, 29 Sep 2022 15:23


MUI

Must Read!
X

Jum'at, 30/09/2022 13:05

Jahatkah Jokowi?