Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.033 views

Kekeliruan Paradigma Emosi

 

SETIDAKNYA ada dua fenomena yang berperan pada timbunan frustasi dan luka emosi pada anak di awal kehidupannya dan terus ia bahwa sampai masa dewasa. Apakah itu?

Pertama, pengasuhan dan pendidikan yang berfokus pada pengasahan kognisi, bukan pengasahan emosional juga spiritual.

Pada umumnya, di usia dini anak digagas dengan ragam pencapaian prestasi  (Achievement)  tanpa dituntaskan dulu masa attachment. Masa yang seharusnya anak dikencangkan dengan ragam pengalaman bermain menyenangkan, namun anak malah dijejali dengan ragam tuntutan yang begitu potensial membuat anak merasa stres dan kelelahan. Masa pengasuhan yang seharusnya kenyang dengan cinta dan kehangatan dari ayah bunda namun banyak juga anak yang akhirnya merasa haus cinta dan membawa sejuta kesepian.

Lalu fenomena lain, pendidikan keimanan pada anak usia dini tampak lebih digegas pada hal-hal ritual bukan spiritual. Kurang ada perhatian yang optimal dari para orangtua untuk menumbuhkan rasa cinta anak kepada Maha Pemilik alam. 

Anak usia dini banyak yang digegas fokus dan diikutkan lomba juga berbagai aktivitas yang secara kasat mata dikategorikan anak juara dan sukses. Yang sejatinya, jika diselami lebih dalam: "Kesusksesan anak ini sebenarnya di tujukan untuk siapa? Untuk kebutuhan anak atau justru untuk kepuasan orang tua?"

Fenomena yang terjadi saat ini seperti seorang petani yang mengharapkan buah tumbuh lebat dengan segera, namun cenderung abai menyiapkan akar yang kokoh. Banyak orang tua lebih terpukau untuk cepat-cepat menikmati hasil panen tanpa bersusah-payah menumbuhkan akar yang memang tertimbun tidak kelihatan di permukaan. Sekilas pohon tampak indah menjulang namun bayangkan apa yang terjadi, ketika di kemudian hari datang badai melanda sementara akar pohon sangat rapuh dan ringkih?

Kedua, pendidikan yang berorientasi pada standarisasi, bukan berbasis pada keunikan individu.

Setelah di masa sebelumnya akar kehidupan tersebut belum kokoh, lalu ia menghadapi masa pendidikan yang berorientasi pada standarisasi. Fenomena ini membuat problema tersendiri yang membuatnya terus menyimpan saldo berbagai frustasi dari masa kecilnya. Kelak ketika ia tumbuh dewasa, orang ini tidak tahu apa Kekuatan dirinya. Data 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan merupakan suatu fakta yang sangat mencengangkan. Dengan dibebani berbagai tekanan hidup lain, membuat pribadi ini mengikuti alur kehidupan tanpa arah dan misi hidup yang ajeg. Ia menjalani hidup dengan terpacu menjadi versi terbaik orang tua atau masyarakat, bukan versi terbaik dirinya.

Fenomena lain, orang tua terlalu sibuk merancang skenario keberhasilan masa depan anak dan cenderung 'lupa mengajarkan anak mengelola kegagalan'. Apa yang terjadi kemudian? Anak tidak siap dengan penolakan dan kegagalan. 

Alih-alih diharapkan mampu berperan mengambil bagian dari solusi, ia malah menjadi bagian dari 1001 karena anak itu menjadi pribadi penuh frustasi yang 'belum selesai dengan dirinya'.

Kita tahu, bahwa rasa frustasi adalah sumber pemantik kuat emosi amarah. Semakin besar rasa frustasi seseorang maka akan semakin kuat pula ledakan amarahnya. Jika tidak mampu mengelola amarah dengan benar, maka tinggal menanti amarah tersebut akan meledak dimana. Amarah itu sifat alami, hanya mengelolanya butuh ilmu dan seni. 

Dicomot dari Buku yang berjudul "Anger Management the Life Skill" karangan pasutri Dandi Birdy & Diah Mahmudah.*

Mia Fitriah Elkarimah

el.karimah@gmail.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X