Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.269 views

Eksploitasi Anak, Demi Konten dan Popularitas?

 

Oleh: Siti Hasriani
Pendidik Generasi Gemilang


Sosial media, terutama Instagram dan Youtube, sudah menjadi lebih dari sekadar trend. IG dan Youtube bagi kebanyakan orang adalah sebuah preferensi aktualisasi diri.

Sayangnya, banyak pribadi yang kebablasan dalam mengejar konten IG dan Youtube. Segala cara seolah dihalalkan demi mencapai iming-iming hadiah penghargaan follower terbanyak dan juga agar mendapat kesan hebat. Berbagai cara pun ditempuh, salah satunya adalah dengan mengeksploitasi anak.

Seorang youtuber terkenal di negeri ini mendapatkan kritikan dari netizen setelah mengunggah video liburannya bersama keluarganya. Pasalnya youtuber tersebut mengajak suami dan bayinya yang masih berusia 5 bulan untuk naik jetski dengan sedikit ngebut ke tengah laut.

Di dalam video yang diunggah sang youtuber di akun Instagram pribadinya, sang anak hanya digendong oleh suami yang mengendarai jetski. Sang youtuber dan suaminya sama-sama terlihat menggunakan pelampung, sedangkan tidak untuk bayi yang usianya belum genap 1 tahun tersebut. Demikian dikutip dari laman liputan6.com, Jumat (6/1/2023).

Beberapa media asing pun ikut menyoroti aksi youtuber yang subscriber-nya mencapai 30 juta tersebut. Salah satunya adalah South China Morning Post atau SCMP, yang menyebutkan bahwa tidak ada aturan soal larangan orang tua membawa anak naik jetski. Lebih lanjut SCMP melaporkan, bahwa sebagian besar pedoman dari pabrik jetski merekomendasikan agar seluruh penumpangnya harus bisa menyentuh lantai jetski secara aman dengan dua kakinya. CNN Indonesia (10/1/2023).

Dengan kata lain bayi yang kakinya belum sampai lantai sebaiknya tidak naik jetski. Nampak, bahwa popularitas memang telah menjadi salah satu tujuan yang ingin diraih oleh sebagian besar manusia di kehidupan sekarang. Mirisnya popularitas membuat seseorang abai akan hal-hal yang harus dijaga dan bahkan keselamatan anaknya sendiri yang masih bayi.

Ria Ricis diduga melakukan eksplotasi anak demi konten Youtube dan popularitas. Dorongan eksistensi diri bisa menjadi hal yang membahayakan keselamatan, sementara arus kehidupan justru dikuasai hal ini. Ditambah lagi popularitas, di tengah penerapan sistem kehidupan kapitalisme sekuler, menjadi sumber pundi-pundi uang yang menggiurkan. Sudah bukan rahasia lagi, jika gaji yang tinggi dari seorang youtuber menjadikan banyak orang tertarik untuk mengambil profesi ini.Tak heran masyarakat yang sudah terpengaruh gaya hidup materialis dan hedonis beramai-ramai memilih atau bahkan beralih profesi menjadi konten kreator youtuber.

Penerapan sistem kapitalisme dalam segala aspek kehidupan termasuk pendidikan, menjadikan para ibu tidak memahami perannya sebagai pengasuh, pelindung, dan pendidikan anak-anaknya. Fenomena ini berbeda dalam pandangan Islam. Islam sebagai din yang sempurna telah memposisikan anak sebagai anugerah dan amanah dari Allah SWT. yang harus dipertanggungjawabkan oleh setiap orang tua.

Di samping itu anak adalah aset generasi mendatang yang memegang estafet perjuangan kedua orang tuanya. Orang tua diberi amanah oleh Allah dengan kehadiran anak bukan hanya untuk keberlangsungan kehidupan di dunia semata, melainkan juga untuk kehidupan akhirat. Dalam Islam, orang tua wajib menjaga tumbuh kembang anak dengan penuh kasih sayang dan kesabaran.

Oleh karena itu Islam memberikan tuntunan bagi seorang perempuan dalam perannya sebagai seorang ibu untuk menjaga keselamatan anaknya. Islam juga mewajibkan negara untuk menjadi pelindung setiap rakyatnya termasuk anak-anak, terlebih anak merupakan aset yang tidak akan tergantikan dengan nominal berapa pun.

Dalam Islam, setiap orang tua wajib mempersiapkan diri untuk menjaga keselamatan anak sejak dalam kandungan, hingga saat kelahirannya. Kemudian berlanjut penjagaan dan pendidikan anak mulai masa kanak-kanak sampai ke masa dewasanya yang memerlukan kesiapan membangun keluarga sendiri. Walaupun terkadang orang tua masih dibutuhkan untuk mengawal kelanjutan hidupnya.

Melalui sistem pendidikan berbasis akidah Islam, anak-anak akan dibentuk menjadi pribadi bersyakhsiyyah Islam. Selain itu orang tua juga dibekali pemahaman oleh negara untuk memahami kewajiban-kewajiban yang melekat pada orang tua dalam membersamai tumbuh kembang anak.

Sistem pendidikan Islam juga membentuk para orang tua memahami bahwa tujuan tertinggi hidup yang mereka jalani adalah untuk mendapatkan keridaan Allah SWT., bukan untuk mendapatkan materi atau harta sebanyak-banyaknya, hingga melalaikan perkara-perkara yang berkaitan dengan nilai-nilai kehalalan dan keharaman.

Anak adalah aset generasi mendatang yang sangat berharga. Di tangan merekalah tergenggam masa depan umat. Oleh karena itu merupakan suatu keniscayaan bagi para orang tua untuk memperhatikan dan mempersiapkan strategi pengasuhan dan pendidikan yang baik untuk anak-anak, yang di dalamnya termasuk proses tumbuh kembang anak ini.

Semua itu dalam rangka mengarahkan dan membimbing mereka menuju tujuan yang diharapkan, yaitu mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas menuju peradaban yang gemilang. Salah satu hak yang harus dipenuhi orang tua dan negara atas anak adalah mendapatkan perlindungan dan keamanan.

Perlindungan dan keamanan yang dimaksud disini adalah perlindungan dari berbagai macam ancaman dan kekerasan, baik fisik maupun psikis, serta hal lain yang membahayakan anak. Dalam hal ini, orang tua dilarang melakukan eksploitasi anak dalam bentuk apapun.

Negara akan hadir sebagai pihak yang menjalankan sanksi sesuai hukum syariah. Jika terjadi eksploitasi anak meski dilakukan oleh orang tuanya sendiri, maka negara akan menindaknya dengan sanksi hukum tersebut. Seluruh aturan yang menjamin hak perlindungan atas anak ini hanya akan terwujud dalam sistem kehidupan yang diberkahi oleh Allah, yaitu sistem Islam. Wallahu'alam bishshawaab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Ahad, 29 Jan 2023 11:09

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

Sabtu, 28 Jan 2023 20:45

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Sabtu, 28 Jan 2023 19:52

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Sabtu, 28 Jan 2023 19:41

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

Sabtu, 28 Jan 2023 15:06

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Sabtu, 28 Jan 2023 11:35

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 09:15

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Sabtu, 28 Jan 2023 08:27

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 07:33

Trilogi Kesesatan

Trilogi Kesesatan

Sabtu, 28 Jan 2023 07:20

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Sabtu, 28 Jan 2023 07:17

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Sabtu, 28 Jan 2023 07:15

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Sabtu, 28 Jan 2023 07:10

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Jum'at, 27 Jan 2023 16:32

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 15:07

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 11:17

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Jum'at, 27 Jan 2023 10:36

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Kamis, 26 Jan 2023 16:16

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Kamis, 26 Jan 2023 15:16

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Kamis, 26 Jan 2023 14:15


MUI

Must Read!
X

Sabtu, 28/01/2023 19:52

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?