Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
43.694 views

Bercermin Dari Kasus JIS: Hati-hati Memori Palsu Si Buah Hati

Jakarta (voa-islam.com) - 

Ahli investigasi kekerasan terhadap anak dari Australia, Chris O'Connor, sengaja datang ke Indonesia untuk memberikan kesaksian sebagai ahli dalam sidang Kasus JIS. Kesaksiannya sungguh mengejutkan sekaligus membawa secercah cahaya bagi para terdakwa!

Katanya, kesaksian MAK di persidangan sebenarnya tidak dapat dijadikan bukti, apalagi alasan kuat untuk menjebloskan para tersangka ke penjara, apalagi bila mereka mengalami intimidasi hingga salah seorang di antara terduga tindakan asusila itu tewas. Bila itu terjadi, maka justru menimbulkan kejahatan yang baru!

Lantas, mengapa tidak bisa dijadikan bukti?

Dalam sebuah acara gathering bersama keluarga terdakwa kasus JIS di Jakarta, beberapa waktu lalu, O’Connor mengatakan, anak-anak sangat mudah mengalami sindrom ingatan palsu atau mudah meyakini sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi sehingga kesaksiannya tidak kuat.

"Memori seorang anak sangat rentan, dia bisa dengan mudah memanipulasi keterangannya dan meyakini bahwa apa yang diterangkannya, meskipun tidak pernah terjadi, adalah fakta," kata O'Connor.

"Karena itu, meminta keterangan dari anak berbeda dengan meminta kepada orang dewasa," ujarnya.

Dia juga menyatakan ketidak yakinannya atas kejadian tindakan asusila seperti yang selama ini dituduhkan kepada para terdakwa.

“Dari pengalaman saya dan apa yang saya lihat, saya tidak percaya ada kejadian itu," katanya.

Selama 35 tahun, O’Connor bekerja di bidang investigasi dan perlindungan anak. Ia membantu  menyelesaikan kasus kekerasan seksual terhadap anak di berbagai negara, seperti Finlandia, Inggris, juga Amerika. Selama itu, ia belum pernah menemukan kasus seperti kasus JIS ini.

"Saya baru menemukan ada kasus seperti ini," ujarnya. Satu korban disodomi oleh enam orang dewasa,  salah satunya perempuan, dan dilakukan di sekolah berulang kali.

Pengacara terdakwa Syahrial dan Agriawan, Patra M Zen, yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, sidang Kasus JIS ini tidak jarang menghadirkan saksi ahli dari luar negeri. Hal ini tidak lain untuk menjelaskan bahwa interview kepada anak tidak boleh dilakukan main-main.

“Bohong kalau ada yang mengatakan anak itu tidak pernah berbohong, dan juga bohong bila seorang ibu tidak mungkin menjerumuskan sang anak. Sebab banyak fakta ibu-ibu yang bejat, yang tega mengorbankan anaknya sendiri. Oleh karena itu, kita berhadapan dengan satu kesadaran umum, bahwa anak itu tidak pernah bohong. Sebab, banyak orang yang dihukum gara-gara keterangan anak. Karena itu proses interview dan proses introgasi harus dilakukan dengan benar,” kata Patra

Dalam kasus JIS, sudah sangat jelas pengaruh intervensi sang ibu ketika anak itu memberikan keterangan. Bukan karena anak itu ingin berbohong, tapi banyak motivasinya. Misalnya menyenangkan si penanya. Dan sang anak, kemungkinan besar telah memiliki memori palsu, bahwa dirinya telah mengalami tindakan asusila.

Kata Patra, sebagaimana dijelaskan pula oleh O’Connor, sebuah kalimat akan mudah melekat dalam memori si anak, meskipun itu bukan fakta alias fiktif. Hanya dengan 10 minggu, bila si anak dicekoki dengan kalimat yang sama, misalnya ‘saya telah disodomi’, maka ketika ditanya kapan pun juga, jawabannya akan sama. Bahkan dalam jangka satu minggu, jawaban si anak sudah bisa diarahkan. Dan dalam jangka waktu enam bulan, kalimat itu akan tertanam seperti kalimat itu benar-benar pernah dialaminya.

Karena itu, menurut Patra, kehadiran saksi ahli ini sangat penting, karena menyangkut nasib orang yang tidak bersalah.

“Aapapun keputusannya nanti, ini adalah satu upaya kita untuk membantu mereka. Saya yakin, Zainal Anwar (alhmarhum), Agriawan, Syahrial, Azwar, Afrischa, tidak pernah melakukan perbuatan yang dituduhkan, disangkakan, apalagi didakwakan,” kata Patra. (may/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X