Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
73.476 views

Bermimpi Kuliah di Universitas Azhar Mesir? Yuk Simak Tipsnya

Sebagaimana kita ketahui bersama, arus revolusi Mesir yang diawali pada tanggal 25 Januari 2011 dengan aksi demonstrasi besar menuntut revolusi Negara dan turunnya Presiden Husni Mubarak dari kursi presiden Republik Mesir, hingga terakhir pada tanggal 14 Agustus 2013 lalu Presiden terpilih Dr. Muhammad Morsi digulingkan dari kursi kepresidenannya, turut mempengaruhi denyut nadi aktivitas mahasiswa Indonesia di Mesir karena jaminan keamanan, sebagai dampak hiruk pikuk politik dalam negeri Mesir yang tidak stabil.

Ketidakstabilan tersebut yang menjalar pada instabilitas politik pada saat itu, akhirnya memaksa pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Agama Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Islam dalam surat keputusannya (Dj. I /Dt . I . IV/ 4 / PP. 04 / 1946 / 2013) membatalkan ujian seleksi ke Mesir untuk tahun ajaran 2013-2014.

Tiga bulan setelah revolusi kedua tersebut, keadaan Mesir telah membaik, proses belajar mengajar di Universitas Al-Azhar pun telah berjalan sebagaimana mestinya. Dan pemerintah Indonesia mendapatkan apresiasi dari pihak Al-Azhar dan seluruh lapisan rakyat Mesir karena tidak mengevakuasi warganya seperti yang dilakukan Negara tetangga lainnya. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan Presiden RI. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Negara kepada pemerintahan Mesir dan Grand Syeh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Muhammad al-Thayyib yang telah memberi saran kepada Presiden RI. ketika itu, sebelum mengambil keputusan untuk mengevakuasi WNI di Mesir.

Pada tanggal 13 Oktober 2013, beberapa perwakilan dari PPMI Mesir mendapat kehormatan untuk bersilaturrahmi dengan Grand Syeh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Muhammad al-Thayyib di kediamannya di Luxor. Yang mana hal ini telah tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan pertama kepada beliau dari mahasiswa asing yang belajar di Mesir ini.

Dan dalam kunjungan tersebut kami selaku yang mewadahi seluruh aspirasi mahasiswa yang ada di Mesir mengajukan permohonan kepada beliau berupa jaminan keamanan, terkhusus untuk mahasiswa-mahasiswa baru yang berniat melanjutkan studynya di Negara ini. Dan permohonan tersebut Alhamdulillah diamini oleh beliau.

PPMI Mesir sebagai duta bangsa Indonesia akan terus mengupayakan langkah-langkah strategis dalam rangka membangun hubungan yang lebih erat dan lebih baik lagi dengan Mesir melalui aksi gotong royong, pertukaran budaya antardua bangsa dan seminar-seminar yang dilakukan secara sinergis antara PPMI Mesir dengan pihak-pihak terkait yang berada di Mesir. Tentu, hal ini kami lakukan dalam rangka ikut serta dalam upaya diplomasi total elemen mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Mesir melalui basis kultural dan lembaga pendidikan di Mesir yang dapat kami jangkau. Serta untuk menjaga hubungan baik yang selama ini terjaga baik dengan seluruh elemen lembaga yang ada di Mesir.

Karena sebagaimana kita ketahui bersama, Al-Azhar sebagai Universitas kedua tertua di dunia ini telah memberikan banyak peranan penting baik untuk peradaban Islam sendiri maupun untuk Ibu Pertiwi. Yang telah mencetak ulama-ulama, pemikir besar, dan para cendekiawan terkenal di dunia. Al-Azhar dengan ideologi washathiyahnya selalu memberikan pembaharuan dalam peradaban Islam. Peranannya, tidak pudar dalam kemajuan peradaban umat. Ia selalu memberikan pembaharuan dan pemikiran yang segar pada umat. Dari awal berdirinya, hingga saat ini peranannya terus dinantikan.

Dari Grand Syeikh pertama, al-Syeikh Muhammad Abdullah al-Khurasyi, hingga Prof. Dr. Ahmad Muhammad al-Thayyib, Al-Azhar tetap eksis sebagai Universitas Islam yang memberikan kemajuan bagi peradaban umat Islam. Dan al-Azhar tetap menjadi kiblat bagi pendidikan Islam di dunia.

Maka melalui surat ini, kami selaku Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir menyampaikan kepada seluruh Calon Mahasiswa Baru Universitas AL-Azhar Mesir, di Indonesia bahwa:

1. Ujian masuk Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar tetap akan diadakan, yang bertempat di Markaz Al-Azhar untuk Belajar Bahasa Arab, Hay Sadis- Madinah Nasr- Mesir.
2. Ujian akan diadakan antara tanggal 10-14 Desember 2014. Diharapkan kepada seluruh Calon Mahasiswa Baru sudah tiba di Mesir 1 hari sebelumnya.
3. Materi ujian yang akan diujikan hanyalah materi yang berkenaan dengan bahasa dan pengetahuan agama seperti nahwu, sima’ah, imla’ dan insya’ dll.
NB: Materi Al-Qur’an tidak diujiakan.
4. Ujian diadakan di Mesir melihat karena semakin dekatnya ujian awal tahun di Universitas Al-Azhar dan tidak adanya dana dari kami selaku Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (PPMI) Mesir jika diadakan di Indonesia.
5. Diharapkan kepada seluruh Calon Mahasiwa Baru agar mengurus paspor dan visa secepat mungkin.
6. Pengurusan visa dapat diperoleh dari Kedutaan Besar Mesir yang bertempat di, Jn. Teuku Umar no. 68, Manteng- Jakarta Pusat. Atau dapat juga diperoleh dari pihak-pihak travel (visa ziarah atau turis).
7. Dana yang dibutuhkan untuk keberangkatan dan pengurusan Calon Mahasiswa Baru Al-Azhar berkisar 10 sampai 15 juta rupiah.
8. Diharapkan kepada seluruh Calon Mahasiswa agar mendaftarkan dirinya kepada kami Amrizal Batubara dan ust, Ahmad Hafifi.
Waktu akhir pendaftaran sampai dengan Rabu 04 Desember 2013.

Seluruh Calon Mahasiswa akan ditentukan oleh hasil nilai ujian masing-masing, dengan ketentuan langsung masuk kuliah atau mengikuti kursus bahasa terlebih dahulu. Setelah mengikuti kursus bahasa baru diperbolehkan masuk kuliah.
B. Untuk pengurusan visa di Kedutaan Besar Mesir baru bisa dilakukan setelah nama-nama yang akan ikut ujian terdata semua dan adanya pemberitaan dari kami.

Hal ini semuanya adalah hasil komunikasi kami dengan pihak Al-Azhar dan atas persetujuan pihak-pihak yang bersangkutan seperti Grand Syeikh Al-Azhar, Rektor Al-Azhar, Mudir Markaz Al-Azhar untuk Bahasa, Ikatan Alumni Al-Azhar Pusat di Mesir, Duta Besar Mesir dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia(PPMI) Mesir.

Demikian surat ini kami sampaikan, somoga menjadi informasi yang baik bagi kita semua terkhusus bagi Calon Mahasiswa Baru di Indonesia. Dan ini adalah sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT,. Tuhan Yang Maha Esa, atas segala nikmat yang telah Dia anugrahkan bagi kebaikan Negara dan bangsa Indonesia.

Informasi Penting Bagi Calon Mahasiswa Al-Azhar Mesir

Syarat-syarat Ujian Masuk Universitas Al-Azhar Mesir:
1. Menyerahkan photocopy paspor halaman depan 3 lembar.
2. Menyerahkan photo pribadi 4x6 sebanyak 2 lembar.
3. Mengisi dan menyerahkan data pribadi sebagaimana yang ada dibawah ini.
4. Membayar administrasi untuk ujian masuk Al-Azhar 50 LE.

Syarat-syarat Berkas yang Harus Dikumpulkan Setelah Ujian Masuk Al-Azhar Dilaksanakan:
1. Menyerahkan ijazah asli akhir jenjang pendidikan yang diselesaikan.
2. Menyerahkan akte asli kelahiran.
3. Menyerahkan kartu keluarga.
4. Menyerahkan surat keterangan dari pihak Kedutaan Indonesia di Mesir.
5. Menyerahkan photocopy paspor halaman depan 3 lembar.
6. Menyerakan photo pribadi 4x6 sebanyak 5 lembar.

NB:
= Semua pengurusan dalam hal penerjemahan dan berkas-berkas akan dikerjakan pihak relawan dari Dewan Pengurus Pusat Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (DPP-PPMI) Mesir.
= Selain pihak relawan dari Dewan Pengurus Pusat Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (DPP-PPMI) Mesir tidak diperkenankan. Hal ini sesuai dengan keputusan pihak Universitas dan PPMI Mesir.
= Semua Calon Mahasiswa Baru dianjurkan agar memilih broker-broker yang sudah dipercaya seperti IKPM broker, Al-Masry broker dan lain-lain.
= Hubungi dan konsultasikan kepada kami jika ada hal-hal yang belum jelas.
Amrizal Batubara (Presiden PPMI Mesir) 081382073411, 085719584224.

(Sumber: Islamianews/Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Mesir --PPMI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Rabu, 22 Sep 2021 18:15

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Rabu, 22 Sep 2021 17:56

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

Rabu, 22 Sep 2021 17:23

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Rabu, 22 Sep 2021 16:21

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Rabu, 22 Sep 2021 13:21

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Rabu, 22 Sep 2021 12:48

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud,  Harus Tepat Sasaran

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud, Harus Tepat Sasaran

Rabu, 22 Sep 2021 10:36

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Rabu, 22 Sep 2021 02:39

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Selasa, 21 Sep 2021 23:51

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Selasa, 21 Sep 2021 23:28

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Selasa, 21 Sep 2021 23:17

´╗┐Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

´╗┐Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

Selasa, 21 Sep 2021 22:29

Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte

Selasa, 21 Sep 2021 22:18

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

Selasa, 21 Sep 2021 22:08

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Senin, 20 Sep 2021 22:20

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Senin, 20 Sep 2021 22:12

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Senin, 20 Sep 2021 20:30

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

Senin, 20 Sep 2021 17:45


MUI

Must Read!
X