Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
47.638 views

Bipolar, Robbin Williams, Marshanda dan Kita

Sahabat Voa-Islam,

Bipolar adalah salah satu dari gangguan jiwa yang akhir-akhir ini sedang naik daun. Terlebih ketika selebritis Indonesia yaitu Marshanda dan luar negeri yaitu Robbin Williams ditengarai mempunyai gejala ini. Bedanya Marshanda mengakui secara blak-blakan meskipun kemudian disangkalnya sedangkan Robbin Williams menyangkalnya bahkan hingga ujung usia dengan cara membunuh dirinya sendiri.

Secara sederhana bipolar itu adalah kondisi perasaan atau mood yang naik turun dengan sangat ekstrem. Di satu saat merasa sangat bahagia dan bersemangat dan di saat berikutnya didera rasa sedih atau depresi yang sangat. Depresi ini bila tidak segera diatasi bisa mengakibatkan orang memutuskan untuk bunuh diri. Dan inilah yang menimpa artis kawakan Hollywood Robbin Williams.

Banyak fans terkejut mendengar berita ini. Untuk beberapa saat lamanya media sosial penuh berisi ungkapan rasa tak percaya dan duka cita yang sangat dari para fans yang menggemari aktingnya di film-film yang dibintanginya. Jangankan fans, bahkan keluarga termasuk istrinya juga shock dan merasa tidak percaya dengan keputusan yang diambil sang suami. Rumah tangga mereka cenderung stabil dan sepertinya bahagia bila dibandingkan dengan artis Hollywood lain yang kawin cerai. Anak-anak juga terlihat tak ada masalah. Karir cemerlang, apa yang kurang? Mungkin itu yang banyak muncul dalam benak kita.

Sahabat Voa-Islam, orang Jawa punya istilah ‘sawang sinawang’ yang artinya kurang lebih saling melihat

Sahabat Voa-Islam, orang Jawa punya istilah ‘sawang sinawang’ yang artinya kurang lebih saling melihat. Maksudnya adalah manusia itu hanya bisa menilai manusia lain dari penampakan luarnya semata. Sementara dalam batin seseorang apakah ia bahagia atau tidak dengan hidupnya, tak ada yang tahu kecuali yang bersangkutan sendiri dan tentunya Allah.

Mengenai Allah, ini berkaitan dengan keyakinan atau keimanan. Robbin Williams yang bukan muslim, tentu ia tak mengenal Allah. Mungkin ia bertuhan tapi tuhan versinya sendiri yang memang banyak ditemui di kehidupan orang barat yang miskin spiritualitas. Marshanda, ia muslim tapi tentang keimanan atau keyakinannya terhadap Allah, ia sendiri yang tahu. Manusia lain hanya bisa melihat ‘penampakan’ atau yang biasa nampak pada dirinya. Ia yang semula berhijab tiba-tiba melepaskannya. Topik kali ini saya tak hendak membahas hal ini. Insya Allah bisa kita bahas di kesempatan lain.

Kali ini saya hanya ingin membahas tentang kemungkinan bipolar ada pada diri kita. Naudzubillah. Ya...siapa pun tentu tak ingin memiliki gangguan psikologi dalam bentuk apapun. Membaca testimoni beberapa yang dinyatakan mengidap gangguan ini, sungguh saya menjadi bersyukur karena tidak berada pada kondisi tersebut. Dan mereka meminta agar kita yang merasa bebas dari gangguan bipolar lantas tidak sombong dan merendahkan yang sedang atau pernah terkena. Ya ...di sini kita belajar empati dan simpati.

Bipolar yang bermain di ranah emosi yaitu senang dan sedih dalam skala ekstrim mengingatkan saya akan ajaran Islam yang agung. Jauh sebelum gangguan bipolar menjangkiti manusia, Islam telah mengajarkan arti sabar dan syukur. Sabar ketika kita mendapat hal yang tidak kita sukai atau biasanya manusia menyebutnya musibah. Syukur ketika kita mendapat sesuatu yang kita senangi atau kebahagiaan.

Kedua konsep ini adalah pencegahan dari perasaan manusia yang memang ada kalanya seperti roller coaster, naik turun dengan tiba-tiba dalam kondisi ekstrim. Bayangkan bila satu pagi kita mendapat kabar gaji kita atau laba bersih usaha yang baru kita dirikan tembus angka 1 M. Lalu tak lama setelahnya, ada kabar salah satu dari anak kita, ibu atau bapak kita, atau bahkan suami atau istri kita meninggal karena kecelakaan. Bila tak punya iman yang kuat, tak jarang orang langsung terjerembab dalam kondisi emosi dari yang semula sangat bahagia terjun bebas ke dalam kesedihan hingga depresi atau bahkan bunuh diri.

Bipolar memang tak sesederhana contoh kasus di atas. Karena bipolar ini biasanya merupakan ‘tabungan’ dalam jangka waktu yang tak bisa dibilang sebentar. Tapi sebetulnya apapun kondisi emosi yang menimpa manusia, apabila dibekali dengan iman yang kuat, insya Allah semua akan selamat.

Itulah kenapa Nabi tercinta yaitu Muhammad SAW memberi teladan pada kita untuk tidak berlebihan dalam segala hal. Ketika beliau bahagia, paling ‘banter’ beliau hanya tersenyum tidak tertawa lebar atau bahkan terbahak-bahak. Ketika sedih, beliau tidak meraung-raung tapi sekadar meneteskan airmata dengan sewajarnya. Selebihnya, kedekatan pada Allah yang terus ditingkatkan. Mengingatkan diri bahwa dunia ini hanya sementara. Bahagia dan sedih hanya merupakan bagian yang bernama ujian. Toh di sisi Allah, kedua hal itu adalah poin yang sama.

Bahagia kemudian sombong sama dengan sedih kemudian meraung-raung dan menghujat Allah. Sama-sama akan menghantarkan pelakunya ke dalam neraka. Bahagia kemudian bersyukur sama derajatnya dengan sedih kemudian bersabar, sama-sama mendapat kemuliaan di sisi Allah, pahala dan surga-Nya insya Allah. Jangan menyepelekan mereka yang sedang berjuang menghadapi gangguan bipolar. Jangan pula berbangga hati karena kita terbebas dari gangguan tersebut. Karena sungguh tak ada yang tahu apa yang akan terjadi sedetik ke depan dalam kehidupan kita.

Nikmat iman, Islam dan sehat memang hal yang harus kita syukuri. Dengan bekal ini kita bisa makin meningkatkan kualitas diri di hadapan ilahi Rabbi. Tapi jangan lupa pula bahwa di luar sana ada banyak manusia yang masih bingung menemukan jati diri apalagi bila bukan iman dan Islam yang kemudian menjadi pilihan. Di sinilah dakwah diperlukan, semampu kita meskipun hanya satu ayat.

Betapa banyak jiwa-jiwa dahaga yang menemukan muara air segar dalam iman Islam ini. Baik mualaf maupun yang sejak lahir muslim tapi kehidupannya jauh dari ajaran Islam, semuanya merasa menemukan jawaban dan makna kehidupan ketika akidah Islam sebagai sandaran. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang menemukan kenikmatian beiman Islam sehingga tak perlu ada gangguang psikologi apapun dalam diri. Wallahu alam. [riafariana/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Nasihat Kematian

Nasihat Kematian

Selasa, 01 Dec 2020 11:00

Akbar Pemulung Cinta Al Qur’an

Akbar Pemulung Cinta Al Qur’an

Selasa, 01 Dec 2020 09:50

dr. Gamal Jadi Pengurus di DPP PKS, Asyik: Saya Beri Porsi Anak Muda untuk Siap Jadi Pemimpin

dr. Gamal Jadi Pengurus di DPP PKS, Asyik: Saya Beri Porsi Anak Muda untuk Siap Jadi Pemimpin

Senin, 30 Nov 2020 23:50

Lebih dari 20 Ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal di BPJPH

Lebih dari 20 Ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal di BPJPH

Senin, 30 Nov 2020 21:51

Dukung Perjuangan Palestina, Adara Gelar Acara ‘Solidarity for Peace’

Dukung Perjuangan Palestina, Adara Gelar Acara ‘Solidarity for Peace’

Senin, 30 Nov 2020 21:44

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Dalang Serangan Bom Mobil Jibaku di Markas Militer Ghazni

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Dalang Serangan Bom Mobil Jibaku di Markas Militer Ghazni

Senin, 30 Nov 2020 21:00

Israel Tingkatkan Keamanan Seluruh Misi Diplomatiknya Setelah Pembunuhan Ahli Nuklir Iran

Israel Tingkatkan Keamanan Seluruh Misi Diplomatiknya Setelah Pembunuhan Ahli Nuklir Iran

Senin, 30 Nov 2020 20:00

Persatuan Ulama Muslim Internasional Kecam Fatwa Anti-Ikwahnul Muslimin Saudi

Persatuan Ulama Muslim Internasional Kecam Fatwa Anti-Ikwahnul Muslimin Saudi

Senin, 30 Nov 2020 19:30

Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota MbS dan PM Israel Netanyahu

Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota MbS dan PM Israel Netanyahu

Senin, 30 Nov 2020 17:45

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Senin, 30 Nov 2020 15:55

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Senin, 30 Nov 2020 15:51

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Senin, 30 Nov 2020 15:50

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Senin, 30 Nov 2020 15:45

Seragam Khutbah Racun Agama

Seragam Khutbah Racun Agama

Senin, 30 Nov 2020 15:42

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Senin, 30 Nov 2020 15:31

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Senin, 30 Nov 2020 15:02

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Senin, 30 Nov 2020 14:56

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Senin, 30 Nov 2020 12:41

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Senin, 30 Nov 2020 11:32

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Senin, 30 Nov 2020 10:11


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X