Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.137 views

Menjadi Pemuda Cerdas dan Ideologis

Oleh: Salsabila Firdausa

(Siswa SMA 2 Purwokerto kelas X, aktivis komunitas Smart With Islam Banyumas)

Remaja yang cerdas banyak kita temukan, tapi remaja yang cerdas nan ideologis sangat langka kita temukan. Remaja cerdas adalah remaja yang bisa dalam hal apapun dan bisa menyelesaikan masalah apapun.

Dan remaja cerdas nan ideologis adalah remaja yang serba bisa dalam segala masalah dengan menjadikan Islam sebagai ideologinya, sebagai standar hidupnya, dan dialah remaja yang akan membawa perubahan revolusioner dari kondisi buruk, dan terpuruk menjadi kondisi yang baik dan bangkit. Inilah sebuah kebangkitan yang banyak diimpikan orang, dan hanya remaja yang memiliki potensi ini.

Apakah kebangkitan itu perlu? Sangat perlu karena saat ini berbagai masalah dan penyimpangan menimpa negeri ini. Dari masalah maraknya perceraian, KDRT, perselingkuhan, berimbas perilaku menyimpang remaja, free seks, tawuran, narkoba dan seterusnya. Belum lagi permasalahan kesejahteraan, kemiskinan, kesenjangan, korupsi pejabat, dan masih banyak lagi. Dari hulu ke hilir sudah banyak kerusakan yang membutuhkan perubahan revolusioner di negeri ini.

Orientalis terkemuka L. Stoddard, dalam bukunya The New Wolrd of Islam mengatakan.

“Bangkitnya Islam adalah satu peristiwa yang paling menakjubkan dalam sejarah manusia. Dalam tempo kurang dari seabad, dari gurun tandus dan suku bangsa terbelakang, Islam telah tersebar hampir menggenangi separuh dunia. Menghancurkan kerajaan-kerajaan besar, memusnahkan beberapa agama besar yang telah dianut berbilang zaman dan abad.”

Pernyataan di atas merupakan salah satu bukti bahwa Islam yang dibawa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam berhasil menegakkan peradaban Islam sebagai Islam rahmatan lil alamin sampai penjuru dunia. Dan kejayaan Islam itu diakui oleh semua umat manusia bahkan yang nota bene non muslim. Dan bahwasanya telah dijelaskan dalam Q.S Al Maidah: 3 (Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.)

Saatnya berubah, tanpa menunggu nanti. Mulai dari sekarang. Menjadi pemuda yang tampil sebagai sosok revolusioner atas nama Islam yang membawa rahmah bagi seluruh alam

 

Sekarang vs Masa Lalu

Dulu pada masa ke khalifahan Umar bin Khattab gaji guru bisa mencapai 15 Dinar atau setara dengan Rp. 30.000.000,- ( 1 dinar = 2.000.000).

Sekarang dengan sistem pemerintahan kapitalis gaji guru di daerah terpencil hanya Rp. 150.000,- bahkan banyak yang di bawah itu dan dibayarkan tri wulan atau satu semester sekali. Dibandingkan dengan biaya kuliahnya sangat jauh dari kata cukup apalagi sejahtera.

Dulu pada masa kekhalifahan Hakkam bin Abdurrahman An Nashir kuliah gratis untuk semua umat yang ingin belajar tanpa memilah milih suku ras ataupun kasta ataupun agama. Dimana dibanding sekarang orang tua harus mengeluarkan biaya kuliah sampai puluhan juta. Bahkan angka putus sekolah pun terbilang tinggi.

Dulu masa Khalifah al Makmun (abad XI Masehi) al Khawarizmi dan 99 orang asistennya membuat peta bumi sekaligus peta langit (petunjuk bintang), pada saat yang sama bangsa Eropa masih berkeyakinan bumi itu datar. Dimana sekarang sangat rendah penghormatan dan penghargaan bagi orang yang berilmu sehingga melemahkan bahkan mematikan keinginan berprestasi nan cerdas.

Sedikit mengenang sejarah Islam dalam hal pendidikan dan IPTEK, Dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Apakah Persoalan Utamanya?

Persoalan utamanya adalah tidak adanya kehidupan Islam di mana di dalamnya diterapkan syariah secara keseluruhan dan dipimpin oleh seorang khalifah. Sehingga ketika permasalah ini tidak terselesikan akan muncul berbagai permasalahan cabang yang bermacam-macam seperti yang kita saksikan sekarang.

Dijelaskan dalam QS. Ar Ruum: 40 [Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)]

 

Saatnya Melakukan Perubahan

Pahami kondisi saat ini yang buruk dalam semua pilar seperti yang dipaparkan di atas, memahami kondisi yang baik dan ideal seperti sejarah Islam pernah menorehkan tinta emas peradabannya. Dan jalan terpenting setelah itu, adalah berjalan menempuh kondisi baik dan ideal seperti yang kita impikan, seperti sejarah gambarkan. Tiada jalan kecuali kita berjalan menempuh harapn dan impian kesejahteraan itu untuk mendapatkan kebangkitan dan perubahan.

Banyak pemuda yang dia terjebak pada kerusakan sistemik, ada pemuda yang peka terhadap kerusakan sistemik tapi tak peduli dan acuh untuk merubah. Pemuda yang cerdas nan ideologis adalah pemuda yang memahami kondisi yang terpuruk dalam semua pilar, kemudian bergerak melakukan perubahan kondisi yang baik dan bangkit.  

Pemuda yang idealis pembawa perubahan…

Menanamkan keberanian

Prajurit perang salib yang berkata lantang kepada ibunya ketika ia hendak menghancurkan Islam. "Ibu…tenangkan hatimu, berbahagialah, anakmu pergi ke Tripoli siap mengalirkan darah demi melumatkan bangsa yang terkutuk. Dengan segala kekuatan yang aku miliki akan aku lenyapkan Islam. Akan aku bakar al-Quran". (al-Qoumiyyah wal Ghozwul Fikriy, hlm. 208), keberanian itu jelas datangnya dengan belajar ilmu Islam yang utama dan di lengkapi dengan ilmu IPTEK.

Rela berkorban

Siap berkorban dalam hal apapun, hartanya, waktunya, tenaganya bahkan pikirannya dia berikan untuk kemaslahatan dan kemajuan Umat manusia.

Berilmu, bertaqwa dan optimis, karena adalah pilar utama menjadi pemuda yang cerdas nan idealis bisa dipercaya atas amanah perubahan ke kondisi baik di pundaknya.

Saatnya berubah, tanpa menunggu nanti. Mulai dari sekarang. Menjadi pemuda yang tampil sebagai sosok revolusioner atas nama Islam yang membawa rahmah bagi seluruh alam. Salam perubahan. [syahid/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Milad ke-14, Ini Capaian AQL Islamic Center

Milad ke-14, Ini Capaian AQL Islamic Center

Selasa, 05 Jul 2022 11:50

Menatap Idul Qurban dengan Taqwa

Menatap Idul Qurban dengan Taqwa

Senin, 04 Jul 2022 22:44

Pasukan Pemerintah Yaman Bersiap Lancarkan Operasi Militer Terhadap Al-Qaidah Di Selatan

Pasukan Pemerintah Yaman Bersiap Lancarkan Operasi Militer Terhadap Al-Qaidah Di Selatan

Senin, 04 Jul 2022 22:35

Pasukan Keamanan Saudi Lakukan Parade Di Mekah Dalam Persiapan Untuk Pengamanan Haji

Pasukan Keamanan Saudi Lakukan Parade Di Mekah Dalam Persiapan Untuk Pengamanan Haji

Senin, 04 Jul 2022 22:05

Effendi Simbolon Omong Besar

Effendi Simbolon Omong Besar

Senin, 04 Jul 2022 19:36

Jokowi Akan Menjadi Sekjen PBB?

Jokowi Akan Menjadi Sekjen PBB?

Senin, 04 Jul 2022 16:10

Potensi Diskriminasi dibalik RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA)

Potensi Diskriminasi dibalik RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA)

Senin, 04 Jul 2022 15:52

Miras Holywings di Negeri Muslim Mayoritas

Miras Holywings di Negeri Muslim Mayoritas

Senin, 04 Jul 2022 15:39

Jumlah Warga Jerman Yang Keluar Dari Dinas Militer Meningkat 2 Kali Lipat Karena Perang Rusia-Ukrain

Jumlah Warga Jerman Yang Keluar Dari Dinas Militer Meningkat 2 Kali Lipat Karena Perang Rusia-Ukrain

Senin, 04 Jul 2022 15:32

IHATEC dan Lembaga Riset Jepang Jalin Kerjasama Strategis di Bidang Halal

IHATEC dan Lembaga Riset Jepang Jalin Kerjasama Strategis di Bidang Halal

Senin, 04 Jul 2022 14:35

Bermitra dengan BPJPH, IHATEC Siap Dukung Tercipta SDM Bidang Halal

Bermitra dengan BPJPH, IHATEC Siap Dukung Tercipta SDM Bidang Halal

Senin, 04 Jul 2022 14:24

DPRD: Kasus Holywings Jadi Momentum Evaluasi Perda Miras di Kota Bekasi

DPRD: Kasus Holywings Jadi Momentum Evaluasi Perda Miras di Kota Bekasi

Ahad, 03 Jul 2022 22:07

Anis Byarwati Dinobatkan sebagai Bunda UMKM

Anis Byarwati Dinobatkan sebagai Bunda UMKM

Ahad, 03 Jul 2022 22:02

Laporan: FBI Sewa Vila Di Istanbul Untuk Tersangka Islamic State Sebelum Beri Tahu Otoritas Turki

Laporan: FBI Sewa Vila Di Istanbul Untuk Tersangka Islamic State Sebelum Beri Tahu Otoritas Turki

Ahad, 03 Jul 2022 21:05

Demonstrasi Anti-Militer Berlanjut Di Sudan Untuk Menuntut Pemerintahan Sipil

Demonstrasi Anti-Militer Berlanjut Di Sudan Untuk Menuntut Pemerintahan Sipil

Ahad, 03 Jul 2022 20:45

Otoritas Palestina Serahkan Peluru Yang Menewaskan Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh Ke AS

Otoritas Palestina Serahkan Peluru Yang Menewaskan Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh Ke AS

Ahad, 03 Jul 2022 20:13

Sebanyak 78.339 Jemaah Haji Indonesia sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 78.339 Jemaah Haji Indonesia sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sabtu, 02 Jul 2022 22:05

Pasukan Pendudukan Israel Serang Pemakaman Seorang Wanita Palestina Di Tepi Barat

Pasukan Pendudukan Israel Serang Pemakaman Seorang Wanita Palestina Di Tepi Barat

Sabtu, 02 Jul 2022 20:38

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Intensifkan Screening Kesehatan Jemaah

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Intensifkan Screening Kesehatan Jemaah

Sabtu, 02 Jul 2022 20:03

Holywings Nistai Kesucian Agama, Sangat Patut Diadili Hukum dan Dicabut Izin Usahanya

Holywings Nistai Kesucian Agama, Sangat Patut Diadili Hukum dan Dicabut Izin Usahanya

Sabtu, 02 Jul 2022 18:54


MUI

Must Read!
X