Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.911 views

Inilah 5 Hal yang Harus Diwaspadai di Balik Serunya Bukber

Oleh: Ragil Rahayu

 

Ramadan identik dengan bukber alias buka bersama. Bukber itu seru karena bisa kumpul rame-rame sama teman apalagi teman alumni. Wah, bisa cerita-cerita masa lalu yang lucu-lucu ya. Buka bareng, makan bareng, ketawa bareng, trus foto bareng. Diupload di medsos, lalu saling tag, kasih jempol dan komen. Wah, seru. Tapi, ada lima hal yang harus diwaspadai nih di balik serunya bukber. Hati-hati, jangan sampai kita kena di salah satunya. Yuk, cekidot.

1. Menu haram/syubhat

Namanya bukber, pasti makan donk ya. Nah ada banyak pilihan menu makanan. Juga pilihan tempat makan. Pastikan tempat makan kalian menyajikan menu halal. Jika kepengen banget menu Jepang atau China, carilah yang menyatakan halal.

Ada kok, tempat makan yang menyajikan makanan asing tapi halal. Bahannya sudah disesuaikan dengan pangsa pasar Indonesia yang mayoritas muslim. So, jangan maksain berbuka di tempat makan yang menunya haram/syubhat ya. Hanya karena tempatnya terkenal atau instagramable. Sayang kan, seharian kita menahan diri dari sesuatu yang halal, tapi pas buka justru makan yang haram.

2. Khalwat dan ikhtilat

Khalwat (cowok-cewek berduaan tanpa mahram) bisa terjadi kalau berangkatnya boncengan cowok-cewek. Semobil atau semotor berdua. Sedangkan ikhtilat (banyak cowok-cewek campur baur) bisa terjadi kalau bukber-nya campur cowok-cewek. Padahal Islam telah mengharamkan khalwat.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda :

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahrom wanita tersebut, karena syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad dari hadits Jabir 3/339. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaul Gholil jilid 6 no. 1813)

Sedangkan ikhtilat dilarang karena Allah ta'ala memerintahkan untuk ghadul basar (menundukkan pandangan) : "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. (TQS an Nuur : 30)

Larangan ikhtilat juga didasarkan pada terpisahnya jamaah laki-laki dan perempuan dalam salat jamaah. Juga perintah untuk bersegera pulang setelah salat jamaah di masjid.

Agar tidak khalwat dan ikhtilat, adakan bukber khusus cowok, atau khusus cewek saja. Jadi aman deh dari bahaya khalwat dan ikhtilat. Juga carilah tempat yang menjamin privasi grup bukber kita. Agar nggak senggol-senggolan dengan pengunjung lain.

3. Telat/tidak salat magrib

Niatnya sih baik, untuk jalin silaturahim via bukber. Tapi eh tapi, terlalu seru makan dan ngobrol, bisa bikin lupa waktu lho. Salat magribnya jadi telat banget. Atau bahkan bolong. Aduh, sayang banget kan. Ngejar silaturahim, malah dosa karena nggak salat.

So, awali bukber dengan salat magrib dulu. Cukup makan kurma dan minum air, lalu salat. Habis salat, baru makan-makan. Eits, tapi jangan lewat waktu azan Isya' ya. Kan sayang kalau nggak tarawih di masjid. Carilah tempat makan yang dekat masjid atau musola. Jadi mobilitasnya gampang. Nggak capek di jalan juga.

4. Ngobrol Nggak Jelas

Biasanya bukber diisi dengan ngobrol ngalor ngidul nggak jelas. Juga haha hihi tanpa esensi. Sayang kan nggak dapat ilmu. Nah, agar berfaedah, jadikan bukber sebagai sarana dakwah. Misal, buat dresscode bukber adalah gamis dan khimar syar'i. Lalu waktu bukber ada yang tausiyah pendek tentang kewajiban menutup aurat. Seru, kan. Kenyang makanan iya, kenyang ilmu juga iya.

5. Overdosis Bukber

Nih penyakitnya anak gaul, tiap hari bukber. Sama alumni TK,  alumni SD,  alumni SMP,  dst. Trus sama teman sekelas, teman OSIS, teman ekskul, teman les, dll. Ingat, keluarga juga punya hak terhadap diri kita. Bukber dengan keluarga juga seru, lho. Bahkan bisa jadi perekat keluarga. Yang biasanya sibuk sendiri-sendiri, sekarang ngumpul bareng. Nggak harus makan di resto. Bisa juga majan di rumah. Dengan menu yang dimasak bareng-bareng. Asyeek...

So, silakan bukber ya sobat. Tapi jangan lupakan rambu-rambu Islamnya agar bukbernya berkah. Insya Allah. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Lakukan 6 Hal Ini agar Jin Tidak Menggangu Kaum Perempuan

Lakukan 6 Hal Ini agar Jin Tidak Menggangu Kaum Perempuan

Selasa, 16 Oct 2018 22:59

Arus LGBT di Era Digital, Kaum Millenial Terancam Punah?

Arus LGBT di Era Digital, Kaum Millenial Terancam Punah?

Selasa, 16 Oct 2018 22:36

Bahaya Laten LGBT dan Solusinya

Bahaya Laten LGBT dan Solusinya

Selasa, 16 Oct 2018 22:14

Mengapa Delima Disebutkan dalam Al-Quran?

Mengapa Delima Disebutkan dalam Al-Quran?

Selasa, 16 Oct 2018 21:50

Facebook Ungkap 29 Juta Data Pengguna Diakses Hacker

Facebook Ungkap 29 Juta Data Pengguna Diakses Hacker

Selasa, 16 Oct 2018 21:45

Jaisyul Al-Adl Culik Sedikitnya 10 Pasukan Keamanan Iran di Perbatasan Pakistan

Jaisyul Al-Adl Culik Sedikitnya 10 Pasukan Keamanan Iran di Perbatasan Pakistan

Selasa, 16 Oct 2018 21:45

Kesulitan Air, ASN Kota Bandung Laksanakan Shalat Istisqo

Kesulitan Air, ASN Kota Bandung Laksanakan Shalat Istisqo

Selasa, 16 Oct 2018 21:24

Riyal Saudi Jatuh ke Level Terendah Sejak 2016 Menyusul Kasus Hilangnya Jamal Khasoggi

Riyal Saudi Jatuh ke Level Terendah Sejak 2016 Menyusul Kasus Hilangnya Jamal Khasoggi

Selasa, 16 Oct 2018 20:45

Laporan: Militer Myanmar Gunakan Akun Facebook Palsu untuk Targetkan Muslim Rohingya

Laporan: Militer Myanmar Gunakan Akun Facebook Palsu untuk Targetkan Muslim Rohingya

Selasa, 16 Oct 2018 20:30

(Video) Ini Tanggapan Dani Anwar Tentang Garbi

(Video) Ini Tanggapan Dani Anwar Tentang Garbi

Selasa, 16 Oct 2018 19:21

Satu Tahun Anies Pimpin DKI, Politisi: Hidup Rakyat Miskin Terlindungi

Satu Tahun Anies Pimpin DKI, Politisi: Hidup Rakyat Miskin Terlindungi

Selasa, 16 Oct 2018 17:45

Pesan Mantan Jubir Presiden ke Indonesialeaks

Pesan Mantan Jubir Presiden ke Indonesialeaks

Selasa, 16 Oct 2018 15:45

Australia Pertimbangkan Mengakui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Australia Pertimbangkan Mengakui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Selasa, 16 Oct 2018 13:45

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Selasa, 16 Oct 2018 09:21

Maksiat Mengundang Bencana!

Maksiat Mengundang Bencana!

Selasa, 16 Oct 2018 09:14

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

Selasa, 16 Oct 2018 08:40

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Selasa, 16 Oct 2018 05:24

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Selasa, 16 Oct 2018 05:12

 Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Senin, 15 Oct 2018 23:00

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Senin, 15 Oct 2018 22:45


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X