Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.244 views

Rela Meninggalkan Kuliah Demi Masyarakat Lombok

LOMBOK (voa-islam.com) - Shalat duhur baru saja usai. Di bawah terimatahari yang membakar, sekitar 30an laki-laki dan 10an orang perempuan yang shalat di mesjid darurat yang didirikan Muhammadiyah di tengah lapang berdebu, orang-orang ada yang sedang berdzikir, ada yang ngobrol dan satu-dua orang sudah meninggalkan mesjid semi terbuka itu.

Tiba-tiba terdengar suara motor berisik mengitari mesjid dan berhenti di sebelah kanan mesjid. Tokoh masyarakat Sutisna yang sedang ngobrol sambil berdiri tiba-tiba menghampiri pengendara motor, melempar senyum dan memanggil.

“Rul gimana ada ya?” tanyanya sambil menyambutnya.

Sambil melepas helm, laki-laki muda bernama Khaerul Rijal itu langsung masuk mesjid, “Alhamdulillah pak dapat,” katanya sambil tersenyum mengembang.

Tidak lama menurunkan ransel dipunggungnya dan mengeluarkan sejumlah baju koko yang masih terbungkus plastik. Tiba-tiba orang yang berada di dalam mesjid menghampirinya sambil membentuk lingkaran. Setiap orang memilih baju dan langsung mencobanya. Satu orang ibu-ibu ikut mengambil dan melihat satu per satu baju yang dikeluarkan Khaerul.

Setelah semua terbagi, Khaerul meminta saya dan rekan Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Jawa Barat Ade Irfan untuk turut berjejer dengan masyarakat untuk difoto sambil membawa secarcik kertas bertuliskan “Sumbangan Muhammadiyah.” Saya heran, mengapa mesti saya yang difoto, bukankah dia sendiri yang membawa dan membagikan pakaian itu kepada masyarakat.

“Engga apa-apa bang saya saja yang moto,” kilahnya.

Selesai berfoto saya penasaran, siapa anak muda yang baik hati ini. Sambil tidak berhenti tersenyum dia mengungkapkan tentang dirinya.

“Saya mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Makasar Bang,” ungkapnya. “Oh kamu pasti kuliahnya di Unismuh (Universias Muhammadiyah) Makasar ya?” Tanya saya. “Iya bang saya kuliah sememster tiga di Unismuh,” jawabnya bangga.

Rupanya, selain kuliah di Unismuh juga Khaerul tinggal di Asrama Pendidikan Ulama Tarjih di Makasar.

“Saya kesini diajak sama Pak Dahlan (Dahlan Lama Bawa, mantan Ketua DPP IMM),” ungkapnya. Saya dan rekan saya Ade Irfan yang alumni IMM kenal Dahlan. “Oh sama bang Dahlan? Kenapa bisa sama bang Dahlan?” Tanya Ade Irfan. “Iya Bang, Pak Dahlan kan kepala asrama pendidikan ulama tarjih itu Bang,” terangnya.

Rupanya Khaerul merupakan relawan yang diutus oleh kampusnya untuk turut membantu korban gempa di Lombok. Selama satu bulan di Lombok, Khaerul bertugas sebagai tim Psikososial. Tugasnya cukup berat dan jadwalnya sangat padat. Bekerja mendampingi warga dari mulai anak-anak sampai orang tua. Bahkan tugasnya ini dilakukan siang-malam.

“Tapi bang, di sini saya sangat senang sekali, saya betah bang,” Khaerul berkilah sambil tersenyum.

Saya heran, kenapa anak muda berpeci dan berkulit coklat ini seperti menikmati sekali tugasnya di daerah bencana yang gersang ini.

“Di sini orang-orangnya baik-baik bang, saya merasa dengan keluarga sendiri, baik anak-anak maupun orang tua semuanya menyambut baik kehadiran kita,” papar Khaerul sambil melihat Bapak-bapak yang masih berkumpul dan bercengkraman di dalam mesjid darurat itu.

“Jadi apa Rul tugas kamu di sini?” Tanya saya.

“Di sini banyak Bang, selain ngajar ngaji anak-anak di sore hari, saya juga ngajar ngajar ngaji Ibu-ibu dan Bapak-bapak di malam hari. Kalau pagi bisa ke sekolah untuk mengisi kelas. Guru-guru kalau ada saya datang, langsung memberikan kelasnya kepada saya dan teman saya,” jelas Khaerul bersemangat.

Bahkan di luar itu Khaerul juga selalu membantu masyarakat untuk hal-hal lain, seperti mencari bantuan untuk keperluan sehari-hari, mencari bantuan pakaian, dan sering memberikan layanan lain dengan maksud agar warga cepat pulih dari trauma bencana yang dialaminya.

Saat ini Khaerul bertugas mendampingi dan mendidik masyarakat di Dusun Lading-lading Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tanjung. Tidak kurang dari 200 Kepala Keluarga di Dusun ini. Pada saat bencana ada 2 orang yang meninggal di dalam mesjid, yaitu Imam mesjid dan satu orang jamaah yang tertimpa reruntuhan saat akan keluar mesjid.

Masyarakat di sini sangat luar biasa menurut Khaerul. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memulihkan kondisi mentalnya. Bersama tiga orang lainnya yang tergabung di tim Psikososial, Khaerul melihat masyarakat yang begitu tabah dan cepat kembali pada keadaan semula. Kini tinggallah Khaerul dan teman-temannya mengamalkan ilmu agamnya bagi masyarakat.

Setiap mengajar mengaji anak-anak Khaerul sangat gembira, “Kalau anak-anak sedang belajar semua rebutan pengen nempel di saya, ada yang duduk di paha kiri-kanan, ada yang rangkulan dari belakang, pokoknya semuanya senang, tiap hari begitu, mereka bersemangat belajar al-Quran,” katanya sambil tertawa.

Bahkan menurut Khaerul, untuk orang tua pun, mereka tidak gengsi diajari al-Quran olehnya yang masih mahasiswa.

“Saya ajari tahsin dan mereka bersemangat, tiap malamnya bisa 20 sampai 30 orang yang ikut,” tuturnya.

Perihal kuliah yang ditinggalkannya, bagi Khaerul tidak jadi soal. “Bagi saya ini mengabdi bagi masyarakat juga sama pentingnya, berdakwah untuk ummat,” jawabnya mantap.

Sebagai alumni dari SMA Muhammadiyah Bantaeng Sulsel Khaerul merasa dirinya sebagai kader Muhammadiyah sejati ketika hidup berada di tengah-tengah ummat dan bermanfaat bagi mereka.

“Toh sekarang pun kalau bukan Muhammadiyah saya belum tentu bisa kuliah, karena saya dapat beasiswa dari Muhammadiyah,” pungkas Khaerul yang mulai terlihat serius. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Roni Tabroni

Lokasi: Dusun Lading-lading – Tanjung – Lombok

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Mengenal Titik Kritis Kehalalan Biskuit

Mengenal Titik Kritis Kehalalan Biskuit

Jum'at, 19 Oct 2018 10:17

Racun LGBT Ancam Generasi

Racun LGBT Ancam Generasi

Jum'at, 19 Oct 2018 09:56

Indonesia Darurat Maksiat, Saatnya Bertobat

Indonesia Darurat Maksiat, Saatnya Bertobat

Jum'at, 19 Oct 2018 00:07

Azab Allah untuk Kaum Sodom, Akankah Terulang?

Azab Allah untuk Kaum Sodom, Akankah Terulang?

Kamis, 18 Oct 2018 23:53

Penyusup Taliban Tembak Mati Salah Satu Jenderal Paling Berpengaruh di Afghanistan

Penyusup Taliban Tembak Mati Salah Satu Jenderal Paling Berpengaruh di Afghanistan

Kamis, 18 Oct 2018 22:30

Serangan Udara AS Secara Keliru Targetkan Militan Komunis Kurdi di Deir Al-Zor

Serangan Udara AS Secara Keliru Targetkan Militan Komunis Kurdi di Deir Al-Zor

Kamis, 18 Oct 2018 21:45

Fahri Hamzah Respon Keluhan Jokowi Soal BPJS Kesehatan dan Singgung KIS

Fahri Hamzah Respon Keluhan Jokowi Soal BPJS Kesehatan dan Singgung KIS

Kamis, 18 Oct 2018 18:39

Untuk ‘’Wong Cilik’’ Anies Menata Jakarta

Untuk ‘’Wong Cilik’’ Anies Menata Jakarta

Kamis, 18 Oct 2018 18:00

Letnan Saudi Diduga Terlibat Kasus Hilangnya Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Letnan Saudi Diduga Terlibat Kasus Hilangnya Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Kamis, 18 Oct 2018 17:45

Istighfar Menangkal Datangnya Bencana

Istighfar Menangkal Datangnya Bencana

Kamis, 18 Oct 2018 14:29

Penjaga Masjid Kuno, Selamat Dari Terjangan Tsunami

Penjaga Masjid Kuno, Selamat Dari Terjangan Tsunami

Kamis, 18 Oct 2018 13:00

Kasus Hilangnya Khashoggi: Penyidik Turki Kembali Lakukan Penggeledahan di Konsulat Saudi

Kasus Hilangnya Khashoggi: Penyidik Turki Kembali Lakukan Penggeledahan di Konsulat Saudi

Kamis, 18 Oct 2018 11:30

Kasus Suap Meikarta, Budayawan Bekasi : Mereka Kena Balasan

Kasus Suap Meikarta, Budayawan Bekasi : Mereka Kena Balasan

Kamis, 18 Oct 2018 09:05

Dua Aktivis Lingkungan Hidup Ditangkap, WALHI Bereaksi Keras dan Singgung Orba

Dua Aktivis Lingkungan Hidup Ditangkap, WALHI Bereaksi Keras dan Singgung Orba

Kamis, 18 Oct 2018 08:37

Pakistan Hukum Gantung Pria Pembunuh dan Pemerkosa Gadis 6 Tahun Zainab Fatima Ameen

Pakistan Hukum Gantung Pria Pembunuh dan Pemerkosa Gadis 6 Tahun Zainab Fatima Ameen

Rabu, 17 Oct 2018 21:15

UEA Sewa Tentara Bayaran Asal AS untuk Bunuh Politisi, Ulama dan jihadis di Yaman

UEA Sewa Tentara Bayaran Asal AS untuk Bunuh Politisi, Ulama dan jihadis di Yaman

Rabu, 17 Oct 2018 20:35

Mengkritisi Setahun Anies Memimpin Jakarta

Mengkritisi Setahun Anies Memimpin Jakarta

Rabu, 17 Oct 2018 20:00

Satu Warga Palestina Tewas dalam Serangan Udara Terbaru Zionis Israel di Gaza

Satu Warga Palestina Tewas dalam Serangan Udara Terbaru Zionis Israel di Gaza

Rabu, 17 Oct 2018 17:15

Konsul Jenderal Saudi Mendadak 'Pulang Kampung' Saat Penyelidikan Kasus Hilangnya Khashoggi Meluas

Konsul Jenderal Saudi Mendadak 'Pulang Kampung' Saat Penyelidikan Kasus Hilangnya Khashoggi Meluas

Rabu, 17 Oct 2018 14:15

FPI Tasikmalaya: Kaum LGBT yang Terang-terangan adalah Para Bencong Pelacur

FPI Tasikmalaya: Kaum LGBT yang Terang-terangan adalah Para Bencong Pelacur

Rabu, 17 Oct 2018 13:18


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X