Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.222 views

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Memantapkan dan Menegakkan Islam

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Memantapkan dan Menegakkan Islam*

Oleh: Adi Permana Sidik

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ ، وَنَسْتَعِيْنُهُ ، وَنَسْتَغْفِرُهُ ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا ، وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (102) [آل عمران]

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا (1) [النساء]

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا (70) يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا (71) [الأحزاب]

أَمَّا بَعْدُ : فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا ، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ 

Allahu Akbar 7 X

Walillah Hilham..

Masyirol Muslimin Jamaah Shalat Idul Fitri yang Berbahagia…

Di tengah situasi politik tanah air yang masih panas, dan masih dalam suasana  penuh duka atas musibah wafatnya ratusan petugas KPPS, beberapa warga sipil yang meninggal ketika aksi 22 Mei, serta beberapa tokoh nasional yang juga wafat belum lama ini, kita semua semua wajib bersyukur kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, karena atas Izin dan Kasih Sayang-Nya, pada pagi hari yang cerah ini kita bisa dikumpulkan di sini di tempat yang penuh keberkahan, dalam keadaan yang sehat, damai, tenang dalam rangka menjalankan sholat idul fitri. Padahal bisa saja dengan mudah Allah membuat negeri ini menjadi kacau balau, penuh dengan peperangan, Tapi Alhamdulillah, semua tidak terjadi.

Sholawat dan salam terbaik marilah senantiasa kita sampaikan kepada Nabi dan Rosul kita tercinta, Sayyidul An-biya, Baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah berjuang mengorbankan seluruh harta dan jiwanya untuk menyebarkan dan menegakkan Al-Islam yang mulia ini keseluruhan wilayah bumi.

Sholawat dan salam juga kita haturkan kepada para keluarga, shahabat, tabi’in, tabiut tabiin, serta para ulama salafus sholeh yang setia dan istiqomah mengikuti Al-Islam hingga ajal menjemputnya. Semoga kita semua bisa mengikuti jejak langkahnya. Aamiin.

 

Masyirol Muslimin Rohimakumullah…

Sejak kemarin malam sampai dengan pagi yang cerah ini,  takbir, tahmid, tahlil terus dilantunkan oleh 1,8 Milyar kaum Muslimin di seluruh dunia, sehingga alunan merdu kalimat tayyibah itu menggema ke seluruh belahan bumi. Fenomena tersebut setidaknya menggambarkan 2 hal.

Pertama, sebagai bukti implementasi dari amal yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh ayat 185:

 ...Walitukmillul iddata wali tukabbirollaha ‘ala ma hadakum wala’allakum tasyukurun.

Artinya: “…Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangannya dan bertakbirlah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur”.  (QS 2: 185)

Kedua, gema takbir, tahmid, tahlil yang disuarakan oleh kaum Muslimim, semakin menegaskan dan membuktikan bahwa tidak akan ada satu jengkal pun di belahan bumi ini, yang di situ tidak disebut asma Allah, dan tidak akan pernah terlewatkan satu detik pun waktu yang berajalan di muka bumi ini, tanpa disebut nama Allah.

Fakta-fakta ini semakin menegaskan bahwa tidak ada nama Tuhan dalam agama manapun, yang namanya senantiasa disebut disetiap waktu dan disetiap tempat kecuali Allah SWT. Dengan demikian, mudah-mudahan orang yang masih ragu-ragu mengimani Allah SWT sebagai Tuhannya, kemudian menjadi menjadi yakin dan mantap untuk beriman kepada Allah SWT, setelah mendengar, menyaksikan, dan merasakan langsung salah satu kehebatan dalam agama Islam ini.

 

Allahu Akbar 5 x

Walillah hilham…

Jamaah Shalat Idul Fitri yang Dirahmati Allah SWT….

Dalam kesempatan khutbah idul fitri kali ini, izinkan saya secara singkat menjelaskan tentang makna dan hakikat idul fitri. Kata Id artinya kembali kepada asal mula. Sedangkan Fitri bermakna cenderung untuk dekat kepada Allah. Sementara, untuk dapat mendekat kepada Allah ini, maka caranya adalah dengan mengiktui ketentuan-ketentuan yang ada dalam Din / (agama Islam) sebagaimana terdapat dalam Surat Ar-Rum ayat 31.

“Faaqim wajhaka liddini hanifa fitrotollahillati fathoronnasa ‘alaiha…”

Artinya: Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu… (QS 30:30).

Berdasarkan surat Ar-Rum ayat 30 tersebut, maka setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini,  sejatinya sudah Allah tetapkan memiliki firah tersebut, yakni kecenderungan untuk mendekat kepada Allah SWT.  Sehingga sesungguhnya tidak ada manusia yang tidak memiliki kecenderungan untuk dekat dengan Allah. Dan untuk mendekat kepada Allah ini maka tunaikan ketentuan-ketentuan yang ada dalam Din yakni (Al-Islam).

Pertanyaan berikutnya apa itu, Islam? Menurut Imam Nawawi dalam Hadits Arbain-nya No.2. Islam itu adalah Bersaksi bahwa Tiada Illah yang Berhak Diibadahi Kecuali Allah dan Bersaksi bahwa Muhammad bin Abdullah adalah Utusan-Nya, kemudian menunaikan Sholat, membayar zakat, melaksanakan shaum Ramadhan, dan menunaikan ibadah haji jika mampu. Arti Islam ini kemudian kita kenal dengan rukun Islam.

Ketika seseorang melaksanakan rukun Islam itu dengan benar dan baik, sesungguhnya ia sedang mendekat kepada Allah. Termasuk shaum Ramadhan yang baru kita tunaikan selama 1 bulan kemarin adalah bagian dari upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga ketika kita selesai melaksanakan shaum Ramadhan, namun kita tidak semakin dekat dengan Allah maka ada yang salah dengan shaum Ramadhan kita.

 

Jamaah Shalat Idul Fitri yang Dimuliakan Allah…

Timbul pertanyaan berikutnya, apakah Islam itu hanya sebatas rukun islam yang lima? Jawabannya tentu saja tidak. Islam bukan hanya sekedar rukun Islam yang lima saja. Namun Islam adalah sebuah manhaj, sistem hidup, jalan hidup, way of life, yang juga mengatur seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari ibadah vertical (ritual) sampai dengan ibadah horizontal (muamalah).

Islam mengatur dari mulai bangun tidur sampai dengan tidur lagi. Islam mengatur dari urusan yang kecil sampai urusan yang besar. Islam juga mengatur urusan sosial, politik, ekonomi, teknologi, hukum, dan budaya. Islam juga mengatur mulai dari urusan individu sampai dengan urusan negara.

Jadi, makna idul fitri pada hakikatnya adalah seorang Muslim harus kembali kepada asalnya yakni rela, ikhlas, ridho, agar seluruh kehidupannya diatur oleh Islam. Ketika kita bekerja, berbisnis, mengajar, bermasyarakat, berinteraksi, kita harus mau diatur oleh Islam. Juga ketika kita berkeluarga, berpolitik mengurus negara dan pemerintahan maka kita pun harus mau diatur oleh Islam. Bahkan saat kita sedang berselisih, berkonflik, kita pun juga harus mau dan rela diatur oleh Islam. Hanya dengan cara dan jalan itulah kita akan selamat. Dan dengan cara itulah kita bisa lebih dekat dengan Allah. Dan itulah makna dan hakikat kita merayakan Idul Fitri.

 

Allahu Akbar 3 x

Walillah hilham…

Jamaah Shalat Idul Fitri yang Dirahmati Allah…

Kita tahu bahwa jatah hidup kita di dunia ini tidaklah lama. Kita juga tahu bahwa dunia sudah semakin tua dan semakin dekat dengan hari kiamat. Waktu yang kita miliki tidak banyak. Tidak ada waktu untuk banyak perpikir dan dan merenung lagi karena semuanya sudah jelas.

Kita bisa menyaksikan baik di media massa maupun media sosial, orang-orang yang dulunya membenci Islam akhirnya memutuskan untuk masuk Islam dan membela Islam. Kita juga bisa menyaksikan banyak public figur, tokoh-tokoh, atau artis-artis yang dulunya kita pernah melihat hidup mereka penuh dengan foya-foya, hiburan, dekat dengan kemaksiatan serta jauh dari nilai-nilai Islam, maka saat ini kita bisa juga menyaksikan banyak diantara mereka yang akhirnya bisa meninggalkan itu semua dan memilih Islam sebagai jalan hidupnya dan siap berjuang untuk tegaknya Islam.

Oleh karena itu, mari kita gunakan waktu kita yang singkat ini untuk melakukan tindakan yang tepat dan benar.

 

Jamaah Shalat Idul Fitri yang Diberkahi Allah SWT…

Yang masih ragu-ragu dengan ajaran Islam, segeralah untuk memutuskan dan memantapkan hatinya untuk memilih Islam. Yang sudah memilih Islam namun masih belum melaksanakan ajaran Islam dengan serius serta masih melaksanakan dosa-dosa besar, segerelah untuk hijrah, bertaubat, dan meninggalkan semua perbuatan buruk tersebut.

Wanita Muslimah yang sudah baligh,  yang masih membukat auratnya kepada yang bukan mahramnya, dan belum juga mau untuk berhijab, maka segeralah untuk menutup auratnya dengan hijab yang sesuai syariat, karena dengan menutup auratnya, maka seorang Muslimah, sudah memulai langkah pertamanya yang kokoh untuk hidup mulia. Yang sudah mantap dengan keislamannya, pertahanakan, kemudia istiqomahlah. Jangan hiraukan dan pedulikan godaan-godaan duniawi itu, yang jika kita ambil maka itu semua akan menghinakan diri kita baik di dunia maupun di akhirat.

Setelah kita sudah mantap dengan keislaman kita, tugas kita ternyata belum selesai. Islam adalah ajaran yang selamat dan menyelamatkan. Maka tugas kita selanjutnya adalah berdakwah dengan segenap kemampuan yang kita memiliki, Kita wajib berdakwah untuk mengajak sebanyak mungkin orang untuk masuk islam dan merasakan indahnya islam ini. Hanya dengan cara ini, in syaa Allah keislaman kita semakin mantap. Dan hanya dengan cara ini juga kita akan hidup lebih mulia lagi. Dan dengan kemulian kita itulah in syaa Allah kita akan memasuki surganya Allah SWT. Aaamin ya Robbal ‘alamin.

 

Jamaah Shalat Idul Fitri yang Mengharap Ridho Allah SWT…

Diakhir khutbah ini, di waktu yang baik dan mulia ini marilah kita semua tundukan kepala dan hati kita, untuk sama-sama berdoa dengan tulus dan penuh pengharapan, memohon kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kekuatan dan kemampuan, agar menjadi orang-orang yang kuat dalam memegang dan mempertahankan prinsip keislaman kita hingga ajal menjemput kita..

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَناَ وَلِوَالِدِيْناَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمينَ وَالْمُسْلِماتِ اَلأَحْياَءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

Ya Allah Ya Rabb, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, guru-guru kami, dan saudara-saudara kami, kaum Muslimin semua, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat.

Ya Allah Ya Rabb, hanya kepada-Mu, kami mengabdi. Hanya kepada-Mu, kami shalat dan sujud. Hanya kepada-Mu, kami menuju dan tunduk. Kami mengharapkan rahmat dan kasih sayang-Mu. Kami takut adzab-Mu, karena adzab-Mu sangat pedih.

Ya Allah Ya Rabb, jagalah kami dengan Islam dalam keadaan berdiri. Ya Allah, jagalah kami dengan Islam dalam keadaan duduk, dan jagalah kami dengan Islam dalam keadaan tidur. Jagalah kami dengan Islam saat kami sehat maupun saat kami sakit. Jangan cabut nyawa kecuali kami dalam kondisi beragama Islam.

Ya Allah Ya Rabb, persatukanlah kami kaum Muslimin, untuk mengamalkan dan menegakkan Agama-Mu. Dan, karuniakanlah kepada kami keberkahan dari langit dan bumi.

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhdhaalimiin…3X

Ya Allah Rabb, yang mendengar rintihan hamba-Mu yang lemah dan banyak dosa ini.

Ya Allah ya Rabb, lindungi kami, masyarakat kami, dan anak-anak kami dari berbuat dosa dan godaan syetan. Jangan segera Engkau lenyapkan hari yang suci ini. Berikanlah waktu kepada kami. Kami masih ingin bertemu dengan bulan Ramadhan lagi. Kami masih ingin shalat ‘Idul Fitri kembali.

Ya Allah Ya Rabb, jangan biarkan orang-orang yang sengaja merusak kesucian ‘Idul Fitri dengan pesta dosa dan kemaksiatan. Yang membuat masyarakat kami rusak dan anak-anak kami hancur. Ya Allah, jauhkan mereka dari kami.

Ya Allah Ya Rabb, tolonglah saudara-saudara kami yang sedang dilanda kesedihan, dan musibah, para janda, anak-anak yatim, kaum lemah, dan para fakir-miskin. Sembuhkan yang sakit. Tolong dan lindungi mereka yang ditimpah musibah di mana pun  mereka berada. Anugerahkan kebahagiaan kepada mereka. Siramilah mereka dengan rizki yang melimpah dari sisi- Mu yang penuh berkah. Kami lemah tak begitu berdaya membantu dan meyantuni mereka. Ampuni kami, ya Allah.

Ya Allah ya Rabb, kumpulkanlah hati-hati kami di atas dasar kecintaan kepada-Mu, pertemukanlah di jalan ketaatan kepada-Mu, satukanlah di jalan dakwah-Mu, dan ikatlah di atas janji setia demi membela syari’at-Mu. Ya Allah, padukanlah jiwa-jiwa ini sebagai hamba-hamba-Mu yang beriman dan bertaqwa.

Ya Allah ya Rabb, selamatkanlah kami, anak-anak kami, keluarga kami, daerah kami, negeri kami, dan umat kami dari badai krisis, fitnah, bencana, dan dosa yang membinasakan.

Ya Allah ya Rabb, janganlah Engkau goyangkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan tetapkankan hati kami di atas agama-Mu.

Ya Allah, jadikanlah hari terbaik kami sebagai hari pertemuan kami dengan-Mu, jadikanlah amal terbaik kami sebagai pamungkasnya, dan jadikan usia terbaik kami sebagai akhir ajal kami. Ya Allah, limpahkanlah rahmat, ampunan, dan hidayah-Mu kepada kami semuanya. Aamiin..aamiin ya Rabbal ‘alamin..

Rabbana Aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qinaa adza bannaar.

Wa shollahu ‘ala nabiyinan Muhammad wa ala alihi Wa ashabihi Wa sallim.

Subhana Robikka Robbil izzati ‘amma yasifun, Wassalamun alal mursalin. Walhamdulillahirobbil ‘alamin.                                                                                        

Wallahu’alam Bis Showab. Aquula Qouli hadza wastagfirullaha li walakum.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

*) Disampaikan pada Khutbah Idul Fitri di Pelataran Kampus Unpas Jalan Lengkong Besar No.68. Rabu, 5 Juni 2019/1 Syawwal 1440 H

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Sabtu, 28 Nov 2020 12:05

Bulu Kucing Najis?

Bulu Kucing Najis?

Sabtu, 28 Nov 2020 11:15

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Sabtu, 28 Nov 2020 09:27

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Sabtu, 28 Nov 2020 08:59

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

Sabtu, 28 Nov 2020 07:53

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Nov 2020 23:06

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Jum'at, 27 Nov 2020 22:38

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Jum'at, 27 Nov 2020 21:45

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Jum'at, 27 Nov 2020 21:14

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Jum'at, 27 Nov 2020 21:05

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Jum'at, 27 Nov 2020 21:00

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Jum'at, 27 Nov 2020 20:46

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Jum'at, 27 Nov 2020 19:00

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Jum'at, 27 Nov 2020 16:45

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

Jum'at, 27 Nov 2020 11:39

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Jum'at, 27 Nov 2020 10:36

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Jum'at, 27 Nov 2020 09:21

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 08:25

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Jum'at, 27 Nov 2020 07:16

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Jum'at, 27 Nov 2020 05:32


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Kamis, 26/11/2020 19:00

Ketika TNI Menjadi Pamong Praja