Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.606 views

Islam Wave, Bukan Korean Wave

 

Oleh:

Ernadaa Rasyidah || Pengamat Generasi

 

DEMAM K-Pop melanda negeri ini. Mulai dari anak-anak, remaja hingga emak-emak seolah tersihir dengan segala yang berbau Korea. Mulai dari K-drama, lifestyle, girband dan boybandnya. Suguhan "eye catching" yang ditampilkan, mulai dari wajah rupawan, body ideal, kulit mulus, dan penampilan yang menarik, acapkali terlihat sempurna di mata penggemar. 

Korean Wave atau Hallyu Wave sendiri secara definisi adalah  sebutan  bagi  kebudayaan  atau pop culture  yang  berasal  dari  Korea  Selatan.  Orang-orang  di perkenalkan  budaya  Korea melalui  musik,  film,  drama,  makanan,  fashion,  lifestyle  dan lainnya. Budaya Kpop sudah menjamur, bahkan  Indonesia  salah satu penikmatnya.  Banyak  sekali  brand-brand  terkenal  yang  menjadikan Idol  K-Pop  sebagai  brand  ambassador  produknya karena  mereka  paham  kawula  muda sedang "mabuk" K-Pop. 

Baru-baru ini, wapres mendorong anak negeri mencontoh Korea dalam berkreatifitas. Bahkan menjadikan mereka sebagai role mode yang bisa menginspirasi generasi. Benarkah bahwa Korean Wave ini layak di copy paste?, mengingat banyaknya angka kasus bunuh diri, perceraian, pergaulan bebas, gaya hidup hedon dan banyak lagi yang menjadi gambaran riil life style ala Korea.

Sebelum lebih jauh, mari sama-sama kita telisik lebih mendalam, karena di balik industri kreatif yang disuguhkan bahkan di ekspor ke seluruh negeri-negeri, tidak terkecuali Indonesai tentu saja menghasilkan devisa yang sangat besar bagi negara mereka. Korean Wave sendiri juga memperlihatkan budaya permisif dan liberal yang menjadi ciri khasnya.  Korean Wave menampilkan budaya yang sangat jauh berbeda dengan budaya timur Idonesia, tampilan yang senantiasa terbuka, ditambah  gerakan vulgar, seolah menunjukkan bahwa eksploitasi tubuh adalah hal yang wajar. Sekaligus mengkonfirmasi bahwa nilai mereka tidak lebih pada tampilan fisik semata.

Korean Wave sedikit banyak telah berkontribusi melahirkan generasi muslim yang kehilangan jati diri dan identitasnya. Bahkan menjadi rahasia umum, melalui perantara film, musik maupun drama menjadi sarana efektif menjebak generasi untuk membebak budaya mereka.  Lifestyle  para aktor dan aktris yang mengenalkan kepada para penggemar solusi instan dalam menghadapi permasalahan dengan meneggak miras atau narkoba. Bahkan acapkali menjadikan bunuh diri dianggap bagian dari solusi. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi generasi, apalgi tidak memiliki benteng iman yang cukup untuk memfilter budaya yang seharusnya mereka ambil atau tinggalkan. Alhasil, bukannya menginspirasi dalam kebaikan, malah menjerumuskan generasi. 

Sudah seharusnya generasi muslim didorong menguasai dan mempromosikan ajaran Islam, bangga mengkampanyekannya agar menjadi sumber life style global. Kita tidak kurang sosok teladan yang nyata dan terbukti menginspirasi. Sebut saja Sultan Muhammad  Al-Fatih yang mampu menaklukkan  konstantinopel  diusia 21 tahun, ada juga seorang pemuda yang tampan bernama  Mush'ab bin Umair yang bahkan di usianya yang sangat belia sudah mampu mengemban amanah dakwah menjadi duta pertama Islam di Madinah.

Atau Usamah bin Zaid, yang mendapatkankan gelar panglima perang termuda rasulullah, usianya ketika itu baru menginjak 18 tahun, namun telah dipercayakan mengemban tugas sebagai panglima perang kaum muslimin, dan tentu banyak lagi para pemuda yang memiliki  kontribusi  besar untuk  peradaban  yang dibangun  berdasarkan  aqidah  Islam.   Inilah yang layak menginspirasi  kaula muda,  karena mereka mampu mengembalikan  posisi dan fungsi vital seorang pemuda sebagai  generasi  agent of change  bukan generasi  "bucin" atau generasi "halu" yang menjadi sasaran empuk budaya luar. 

Korean Wave sendiri bisa menjadi industri  global  karena tidak  lepas dari support  system  negaranya,  pemerintah  Korea Selatan  telah  menyiapkan  dana besar dan serius  dalam  memajukan  industri  musik  Korsel dan hari  ini  terbukti  K-Wave digemari para pemuda  hampir  di seluruh  dunia. Maka untuk  menghentikan pengaruh  buruk  dari  K-Wave  tadi juga  diperlukan  support  system dari negara. Negara dan pemerintah seharusnya menjadi perisai yang melindungi generasi agar tidak terinfeksi oleh budaya rusak dan merusak. Bukan "  malah memberikan ruang dan memandang dari aspek materi saja untuk dijadikan sebagai inspirasi.

Islam memandang bahwa generasi muda adalah aset peradaban. Di tangan merekalah estafet keemimpinan ini akan dititipkan. Maka islam melalui sistem kehidupan yang mendasar dan menyeluruh sangat memperhatikan laju perkembangan generasi. Orientasi negara yang berlandaskan akidah Islam akan menjadikan mereka sebagai pemuda yang mufakkirun siyyasiyun, fakih fiddin, dan terdepan dalam sainstek. Tak terbersit adanya keinginan negara menjadikan mereka aset ekonomi apalagi menjadikan mereka menjadi generasi "halu". 

Maka dalam mewujudkan inspirasi bagi generasi muda tidak perlu mencari jauh, hingga meniru budaya kufur. Cukup dengan menjadikan Islam sebagai inspirasi terbaik. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

“Aku tinggalkan untuk kamu sekalian dua hal. Jika kalian mau berpegang teguh kepadanya niscaya kamu sekalian tidak akan sesat selama-lamanya, dua hal itu adalah kitab Allah (al-qur’an) dan sunnah Rasul-Nya. (HR Imam Malik).

Tak ada satu pun kebaikan yang datang dari selain Islam. Karena Islam itu tinggi dan tidak ada yang menyaigi ketinggiannya. Rasulullah SAW bersabda, “Islam itu tinggi dan tidak ada yang melebihi ketinggiannya.” (Hadist Hasan riwayat Ar-Rawiyani, Ad-Daruquthni). 

Alhasil, referensi sebagai muslim tentu berbeda dengan selainnya. Mulai dari cara makan, berbusana, hingga cara pandang tentang kehidupan pun tidak sama. Jika mereka tidak percaya hisab dan dosa, sehingga bebas menjalani kehidupan dengan menghalalkan segala cara. Sebagai muslim tentu meyakini, bahwa kehidupan dunia ini fana, akan ada hisab untuk mempertangging jawabkan segala pilihan kita di dunia, menuju kehidupan abadi.

Sehingga standar baik dan buruk tidak ditentukan manusia. Akal yang lemah akan menghantarkan standar nilai yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, wajib menyandarkan standar baik dan buruk pada Sang Pemilik manusia. Allah SWT telah menurunkan Alquran dan mengutus Rasulullah Saw agar umat manusia bisa menjalankan kehidupan sesuai fitrah. 

Tentunya support system seperti ini hanya bisa terwujud  dengan adanya  sebuah  institusi  yang menjadikan Islam sebagai asasnya. Tak ada bentuk pemerintahan lain selain sistem pemerintahan Islam yang menjadikan standar baik dan buruk hanyalah dari Allah SWT. Dengan penerapan syariat kaffah oleh negara, generasi akan terjaga. Generasi muslim tidak butuh "Korean Wave" melainkan “Islam Wave” di tengah kehidupan umat manusia. Wallahu'alam bi shawwab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X