Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.253 views

Korean Wave Inspirasi Halu

 

Oleh:

Eni Imami, S.Si || Pendidik, member Revowriter

 

KOREAN wave yang menginvasi Indonesia selama satu dasawarsa terakhir ini telah berhasil menyasar remaja sebagai pasar mereka. Melalui K-Pop (musik pop Korea) dan Drakor (drama korea) telah menjadi trend kehidupan remaja sekarang. Dari pelosok hingga kota telah hanyut dalam gelombang Korea. Tak heran jika Wakil Presiden pun angkat bicara.

"Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri," demikian pernyataan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, sebagaimana dikutip dari kumparan.com(20/9/2020)

Dari pernyataan tersebut, beliau menaruh harapan pada generasi muda khususnya K-Poper. Dengan hallyu nya mereka dapat memunculkan kreativitas yang terinspirasi dari K-Pop. Dengan begitu mereka bisa mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri. Akankan harapan ini tepat dan akan menjadi nyata?

 

Antara Hallyu dan Halu

Hallyu pada dasarnya merupakan fenomena demam Korea yang disebarkan melalui Korean Pop Culture ke seluruh penjuru dunia. Tak dimungkiri banyak orang menggandrungi Drakor, menikmati K-Pop, menggemari produk-produknya, budayanya dari makanan, pakaian, hingga mempelajari hangul (bahasanya). Apapun tentang Korea membuat para remaja pada 'bucin' (cinta buta). Padahal dibalik itu semua ada kisah yang jarang diekspos.

Perkembangan hallyu bukanlah sesuatu yang spontan dan kebetulan. Kimmy Kim, penanggung jawab pemberitaan internasional stasiun TV SBS sebagai bagian dari acara Kwanhun-KPF (Korea Press Foundation) menyebut salah satu alasan menjamurnya budaya pop Korea Selatan di seluruh dunia adalah karena kebudayaan Korea yang sudah mulai terbuka.

"Sebelumnya, kebudayaan Korea Selatan sangat tertutup. Namun kini, kebudayaannya sudah sangat terbuka. Bahkan sudah mulai menyatu dengan budaya global," ungkap Kimmy Kim pada detikHOT saat berdiskusi di kantor Korea Press Foundation yang terletak di Seoul, Korea Selatan pada Kamis (2/11). (hot.detik.com)

Pemerintah Korea Selatan pun ikut turun tangan dalam usaha memperluas budaya Korea ke seluruh dunia. Menurutnya ekspor kebudayaan sangat penting dan lebih menguntungkan. Maka penguasa bersama masyarakat bekerjasama mencintai budaya dan menyebarkannya.

Di balik good lookingnya para oppa dan onnie bintang Hallyu ada kisah suram yang jarang diekspose juga. Mereka melakukan berbagai cara untuk bisa setenar sekarang. Dari oplas sampai bertahun-tahun menjadi trainee hingga akhirnya debut telah mereka lakoni demi popularitas.

Kehidupan sekularisme membuatnya bergelimang harta, menjadi idola tapi hatinya hampa. Stres, depresi kerap menghinggapi mereka. Lihat saja kurang tenar apa Sulli, Go Hara, dan Jang Ja Yeon. Tapi mereka memilih mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Ternyata popularitas bukan jaminan kebahagiaan. Padahal para Fandom memuja-muja mereka. Berhalusinasi memiliki kehidupan seperti mereka. Berkiblat gaya hidup pada mereka. Bahkan, ada yang ikutan bunuh diri gegara idolanya mati bunuh diri.

Mereka tak ubahnya generasi halu dan rapuh yang berada dalam peradaban lapuk. Korea sendiri tengah menuju jurang kehancuran. Tingginya angka bunuh diri menjadi bukti rusaknya jiwa generasi. Itukah yang dinamakan inspirasi? Kehidupan penuh halusinasi. Bagaimana bisa memajukan budaya bangsa gaya hidup seperti itu. Maka jangan biarkan generasi negeri ini turut halu dibuatnya.

 

Perkuat Jati Diri

Generasi muda masa pencarian jati diri. Suka dengan coba-coba hal baru, mudah mengikuti trend, labil dan gampang putus asa. Disinilah butuh peran pembimbing selain dari orang tua. Lingkungan masyarakat dan negara juga berperan menguatkan jati diri generasi.

Maju mundurnya jati diri bangsa terletak pada kualitas generasinya. Bagaimana bisa mereka yang dibiarkan dalam 'kehaluan' bisa memajukan budaya bangsa. Yang ada justru mereka terjerembab dalam budaya asing. Budaya liberal, hedonis, dan materialistis. Budaya tersebut tak sejalan dengan adab ketimuran. Apalagi Indonesia merupakan negeri dengan mayoritas penduduk muslim. Jati diri generasi sebagai muslim harusnya menjadi fokus pemikiran.

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah." (Qs. Ali-Imron: 110)

وَمَآ ءَاتَىٰكُمُ ٱلرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَىٰكُمْ عَنْهُ فَٱنتَهُوا۟ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya." (Qs. Al-Hasyr: 7)

Jelaslah sebagai muslim merupakan umat terbaik, sehingga tidak perlu mencari panutan di luar Islam. Apalagi ditekankan, apa yang dibawa Rasul itulah yang dijadikan panutan, sedang selain dari Rasul diminta untuk meninggalkan. Bersumber dari pedoman inilah generasi muslim terdahulu mampu mewujudkan peradaban gemilang.

Saatnya kembali kepada pedoman Islam untuk memajukan negeri melalui kreativitas generasi. Namun juga tidak membiarkan generasi berkreasi sendiri. Negara harus turun tangan menyediakan fasilitas dan menjamin kebutuhan mereka. Melalui pendidikan formal di sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mencetak generasi unggul taat pada syariat Islam. Allahu ‘alam bis shawab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Kurikulum Prototipe, Akankah Jadi Solusi bagi Mutu Pendidikan?

Kurikulum Prototipe, Akankah Jadi Solusi bagi Mutu Pendidikan?

Ahad, 23 Jan 2022 10:21

Aksi 1000 Sesaji, Akankah Menjadi Solusi?

Aksi 1000 Sesaji, Akankah Menjadi Solusi?

Ahad, 23 Jan 2022 10:06

Milisi Pro-Haftar Tangkap Puluhan Warga Derna Libya Setelah Lima Tahanan Kabur Dari Penjara Ghirnata

Milisi Pro-Haftar Tangkap Puluhan Warga Derna Libya Setelah Lima Tahanan Kabur Dari Penjara Ghirnata

Sabtu, 22 Jan 2022 21:38

Lebih 70 Orang Tewas Dalam Pertempuran Setelah Pembobolan Penjara Oleh Islamic State Di Hasakah

Lebih 70 Orang Tewas Dalam Pertempuran Setelah Pembobolan Penjara Oleh Islamic State Di Hasakah

Sabtu, 22 Jan 2022 21:06

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Targetkan Pusat Penahanan Di Provinsi Saada Yaman

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Targetkan Pusat Penahanan Di Provinsi Saada Yaman

Sabtu, 22 Jan 2022 20:45

Poros Partai Islam: Semoga Tidak Layu Sebelum Berkembang

Poros Partai Islam: Semoga Tidak Layu Sebelum Berkembang

Sabtu, 22 Jan 2022 17:00

Karya Santri SMA Ar-Rohmah Putri Juara Terfavorit Kontes Film Pendek Internasional

Karya Santri SMA Ar-Rohmah Putri Juara Terfavorit Kontes Film Pendek Internasional

Sabtu, 22 Jan 2022 16:21

Fahira Idris Terpilih sebagai Ketua Pansus PCR

Fahira Idris Terpilih sebagai Ketua Pansus PCR

Sabtu, 22 Jan 2022 15:56

18 Pasukan Keamanan Kurdi Tewas Dalam Upaya Pembobolan Penjara Oleh Anggota IS Di Hasakah

18 Pasukan Keamanan Kurdi Tewas Dalam Upaya Pembobolan Penjara Oleh Anggota IS Di Hasakah

Sabtu, 22 Jan 2022 15:15

PP 109 Tahun 2012 Batal Direvisi, Bonus Demografi Terancam Asap Rokok

PP 109 Tahun 2012 Batal Direvisi, Bonus Demografi Terancam Asap Rokok

Sabtu, 22 Jan 2022 14:50

Pengelolaan Baik, Sejumlah Masjid Musala Raih Penghargaan dari Amaliah Astra

Pengelolaan Baik, Sejumlah Masjid Musala Raih Penghargaan dari Amaliah Astra

Sabtu, 22 Jan 2022 13:32

Growth Together: Tumbuh Bersama Ciptakan Karya Terbaik Awal 2022

Growth Together: Tumbuh Bersama Ciptakan Karya Terbaik Awal 2022

Jum'at, 21 Jan 2022 16:38

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Jum'at, 21 Jan 2022 14:11

Pantau Minyak Goreng Satu Harga, Pemerintah Buka Hotline Pengaduan

Pantau Minyak Goreng Satu Harga, Pemerintah Buka Hotline Pengaduan

Jum'at, 21 Jan 2022 13:34

Kiprah Sandiaga Bisa Menjadi Penyemangat Para Pengusaha dari Persis

Kiprah Sandiaga Bisa Menjadi Penyemangat Para Pengusaha dari Persis

Jum'at, 21 Jan 2022 13:10

Kerap Digunakan Tempat Maksiat, Tiga Hotel di Tasikmalaya Disegel Satpol PP

Kerap Digunakan Tempat Maksiat, Tiga Hotel di Tasikmalaya Disegel Satpol PP

Kamis, 20 Jan 2022 22:14

Negara Eropa Desak Israel Hentikan Pembangunan Unit Rumah Baru Di Yerusalem Timur

Negara Eropa Desak Israel Hentikan Pembangunan Unit Rumah Baru Di Yerusalem Timur

Kamis, 20 Jan 2022 21:35

Seorang Muslimah Di Pakistan Divonis Mati Karena Kirim Pesan Penistaan Dan Karikatur Nabi Lewat WA

Seorang Muslimah Di Pakistan Divonis Mati Karena Kirim Pesan Penistaan Dan Karikatur Nabi Lewat WA

Kamis, 20 Jan 2022 21:10

Senat Prancis Larang Pemakaian Jilbab Di Acara Olahraga

Senat Prancis Larang Pemakaian Jilbab Di Acara Olahraga

Kamis, 20 Jan 2022 20:43

Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Kamis, 20 Jan 2022 18:25


MUI

Must Read!
X