Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.776 views

Menginjak Merah Putih Digiring Ke Mapolres, Menginjak Akidah Islam Kok Dilindungi?

Jakarta (SI ONLINE) - Penegakan hukum di negeri mayoritas muslim ini memang terbalik-balik. Salah kaprah. Yang salah malah dibiarkan bahkan dilindungi dengan alasan Hak Asasi Manusia dan kebebasan beragama. Sementara yang benar justru mendapatkan vonis penjara. Penyelesaian kasus Ahmadiyah memperlihatkan hal di atas secara nyata.

Ahmadiyah yang secara terang-terangan menginjak-nginjak akidah Islam dan mengacak-acak ajaran Islam, hingga kini belum dibubarkan. Tokoh-tokohnya belum ditangkap. Mereka dibiarkan bebas menjerumuskan umat Islam ke dalam kesesatan.  Bahkan diberi panggung dalam konferensi pers di Kementerian Polhukam.

Aliran yang mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi dan kota Qadiyan sebagai tempat suci itu, malah dibela habis-habisan dengan mengatasnamakan HAM.  Padahal aturan untuk membubarkan aliran sesat itu sudah jelas, pihak yang berwenang untuk membubarkan juga jelas dan alasan pembubarannya pun sangat banyak. Tapi yang berwenang bergeming.

Coba bandingkan bila simbol negara ini yang diinjak-injak, apa yang akan terjadi?. Pelakunya segera ditangkap dan diinterogasi di kantor polisi.

Hal ini terjadi di Tasikmalaya, Ahad kemarin (24/4/2011). Sejumlah pemain dan pengurus PKS daerah Tasikmalaya akhirnya 'ditangkap' dan diinterogasi di Kantor Mapolres Tasikmalaya, gara-gara aksi teatrikal yang mereka lakukan menginjak-injak kain merah putih berukuran 2x6 meter. Aksi tersebut dilakukan dalam acara Ultah PKS ke-13 di Tasikmalaya.

Menurut Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Gupuh Setiono, saat peringatan HUT PKS di Stadion Dadaha ada penampilan seni perkusi yang menggunakan kain merah putih ukuran 2x6 meter. Menurut Gupuh, kain tersebut digunakan sebagai alas dan terinjak-injak oleh pemain.

"Sehingga kami ambil tindakan penghentian acara," terangnya.

Usai acara dihentikan, para pemain digiring ke Mapolresta untuk dimintai keterangan. "Masih kami dalami peristiwa ini apakah ada unsur pidananya atau tidak," tutur Gupuh.

Sementara menurut Wakil Sekjen PKS, Mahfudz Siddiq, acara teatrikal dalam HUT PKS di Tasikmalaya merupakan sumbangan spontan dari pelajar SMU Muttaqien. PKS juga menjelaskan kain merah putih dalam aksi itu bukan dimaksudkan sebagai bendera Indonesia.

"Karena spontan, maka tarian dilakukan di luar gedung GOR. Namun tak disangka di ujung tarian ada kain seperti bendera merah putih terinjak oleh peserta tari," ujar Mahfudz.

Apakah tindakan menginjak-injak kain merah putih berukuran 2x6 meter itu mengandung unsur pidana?. Menurut pakar hukum pidana UII Yogyakarta, Mudzakir,  aksi itu tidak mengandung unsur pidana. Menurut Mudzakir, batasan bendera sudah tegas diatur dalam undang-undang, yaitu aturan ukuran bendera.

"Tidak ada unsur pidana karena yang dimaksud dengan bendera negara sudah diatur tegas ukurannya dalam UU No 24/2009 tentang UU Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan," kata Mudzakir seperti diberitakan detikcom, Ahad (24/4/2011).

Menurutnya, insiden di Tasikmalaya dengan ukuran kain 2x6 meter, tidak memenuhi unsur bendera. "Kalau ukuranya 2x6 meter itu bukan bendera. Kalau bukan bendera, menginjaknya bukan pidana," terang tim perumus perubahan KUHP/KUHAP ini.

Aturan yang tegas tentang ukuran bendera ini untuk menghindari kriminalisasi penggunaan warna merah putih. Seperti kain merah putih yang dipakai Pramuka, umbul-umbul, ikat kepala dan sebagainya.

"Kalau siapa saja yang memakai kain merah putih, banyak sekali yang dikriminalkan dong. Pemain olahraga banyak banget tuh," tutur Mudzakir.

Ya, itulah paradoks penegakan hukum di Indonesia. Jika ada yang menginjak-injak kain merah putih, mereka langsung digiring ke kantor polisi. Tetapi ribuan orang Ahmadiyah yang menginjak-injak akidah Islam dibebaskan berkeliaran. Agaknya akidah Islam lebih rendah kedudukannya dibanding simbol negara.

Red: Shodiq Ramadhan
Sumber: detikcom

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Islam Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Kamis, 16/05/2024 10:20

Batas Akhir Visa Umrah 23 Mei 2024