Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Hadapi Al Qaeda, Jepang Bangun Pangkalan Pertama Di Afrika

Berita Terkait

1.809 views

Hadapi Al Qaeda, Jepang Bangun Pangkalan Pertama Di Afrika

DJIBOUTI (Berita Suara Media) - Jepang berencana untuk mendirikan pangkalan laut strategis senilai $ 40 juta di negara Tanduk Afrika, Djibouti, di mana pasukan AS dan Perancis dikerahkan untuk memerangi pasukan al-Qaeda.

Fasilitas itu, dimaksudkan untuk meningkatkan upaya melawan bajak laut Somalia yang menggerogoti jalur pelayaran penting, akan pangkalan militer asing Jepang pertama sejak Perang Dunia II.

"Ini akan menjadi satu-satunya pangkalan Jepang di luar negara kita dan yang pertama di Afrika," kata Kapten Angkatan Laut Jepang Keizo Kitagawa, komandan armada Jepang yang ditempatkan dengan satuan tugas anti-pembajakan internasional di Teluk Aden. Dia akan mengawasi pembentukan pangkalan itu.

"Kami ditempatkan di sini untuk memerangi pembajakan dan pertahanan diri kami. Jepang adalah negara maritim dan peningkatan pembajakan di Teluk Aden sangat mencemaskan," kata Kitagawa.

Menyiapkan pangkalan Jepang di Afrika akan pernah terpikirkan beberapa tahun yang lalu di bawah Konstitusi 1947 Perdamaian Jepang, yang melarang penyebaran militer di luar negeri. Jadi penekanan dari usaha baru adalah memerangi kejahatan - bajak laut - bukan pada operasi militer, meskipun pasukan Jepang telah dikerahkan di luar negeri sejak awal tahun 1990an pada misi penjaga perdamaian PBB.

Beberapa kapal-kapal Jepang telah diserang oleh para perompak Somalia selama beberapa tahun terakhir dan tekanan dari industri pelayaran di negara itu tampaknya membuat pemerintah untuk meningkatkan operasi anti-pembajakan.

Tanker Minyak seberat 150.000 ton, Takayama, dihantam granat roket dalam serangan 2008 telah diselamatkan oleh sebuah kapal perang Jerman. Pada tahun 2007, kapal tanker kimia Golden Mori dibajak dan dibebaskan setelah enam minggu, tampaknya setelah uang tebusan telah dibayarkan kepada bandit laut.

Pejabat Jepang mengatakan 90 persen ekspor Jepang dikirimkan melalui Teluk Aden ke utara Laut Merah dan Mediterania.

Pangkalan baru ini diharapkan akan selesai pada tahun 2011 dan akan mencakup sebuah lapangan udara untuk pesawat patroli maritim militer Jepang, Martin Lockheed P-3 Orion dan fasilitas pelabuhan permanen.

Personil Jepang saat ini tinggal di akomodasi yang disewa dari pangkalan AS di Camp Lemmonier, sebuah bekas instalasi  Legiun Asing Prancis dekat bandara Djibouti.

Kamp itu, satu-satunya pangkalan militer AS  di Afrika, ditempati oleh Gabungan Joint Task Force-Horn of Africa, kekuatan kontra-terorisme ditempatkan di sana setelah serangan 11 September 2001.

China, yang juga memiliki beberapa kapal perang pada armada internasional, juga telah menyatakan minatnya untuk membangun pangkalan angkatan laut di Teluk Aden.

Sementara untuk Jepang, pasokan dan pemeliharaan sulit karena jarak yang luas antara wilayah dan pelabuhan kapal mereka.

Unit angkatan laut Jepang, termasuk kapal perusak rudal dan pesawat patroli maritim telah beroperasi di Teluk Aden sejak 2009.

Kontingen Jepang termasuk tim dari Special Boarding Unit, mencontoh Special Boat Service Inggris.

Pada bulan Maret Dua kapal perusak Jepang  bergabung dengan angkatan laut dari 18 negara lain dalam upaya untuk menghentikan pembajakan dekat Somalia. ekspor Jepang 80% dari minyak bumi dari Timur Tengah melalui Teluk Aden yang telah ditargetkan oleh bajak laut Somalia.

Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada mengatakan Jumat, "Pembajakan adalah ancaman bagi masyarakat internasional, termasuk Jepang, dan ini adalah masalah yang harus ditangani dengan segera. Ini adalah tanggung jawab penting pemerintah untuk melindungi kehidupan dan harta benda Jepang di perairan ini , yang merupakan daerah lalu lintas penting laut bagi negara kita. "

PM Taro Aso mengatakan, "Hal ini sangat penting bagi Jepang untuk bergabung dengan upaya internasional di Teluk Aden sebagai anggota masyarakat internasional."

Sementara itu, April lalu, sebuah dewan dari 10 negara menyetujui US $ 2,1 juta pada pendanaan  PBB untuk lima proyek untuk membantu negara-negara tetangga Somalia dan mengadili tersangka bajak laut.

'Pembajakan lepas pantai Somalia merupakan ancaman bagi kawasan dan dunia, "kata Wakil Sekretaris-Jenderal PBB untuk Urusan Politik, Lynn Pascoe. 'Mengadili tersangka bajak laut  merupakan bagian penting dari strategi internasional untuk memerangi masalah ini."

Sebuah armada kapal perang internasional telah berpatroli di suatu daerah di utara Somalia di Teluk Aden selama lebih dari satu tahun dalam upaya untuk mencegah pembajakan.

Tapi negara-negara yang telah menangkap perompak telah sering berjuang untuk membawa mereka ke pengadilan karena teknis hukum.

Empat proyek yang sesuai untuk pembiayaan yang dirancang untuk mendukung lembaga-lembaga di Seychelles,  bersama dengan Kenya berfungsi sebagai pusat regional untuk mengadili bajak laut, serta di negara semi-otonom Somalia, Puntland  dan wilayah separatis,  Somaliland. (iw/upi/jh/dw) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X