Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Kesejukan Ainun Habibie Di Tengah Panasnya Politik

Berita Terkait

2.156 views

Kesejukan Ainun Habibie Di Tengah Panasnya Politik

JAKARTA (Berita SuaraMedia) - Di mata Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Amalia Sari Gumelar, sosok Ainun Habibie adalah orang yang sangat peduli perempuan. Banyak pesan yang dititipkan pada Ainun soal pemberdayaan perempuan.

"Saya terakhir bertemu beberapa waktu lalu. Banyak pesan yang beliau sampaikan utamanya soal pemberdayaan perempuan," ujarnya usai melayat di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII, Jaksel, Selasa (25/5/2010).

Linda mengenang, Ibu selalu berpesan mengenai kesetaraan gender agar selalu terjaga. "Ia meminta (pemberdayaan perempuan) terus ditingkatkan. Terutama soal kesetaraan gender, itu harus terus terjaga," kenangnya.

Saat melayat, ia melihat Habibie nampak tegar melihat kepergian istri tercintanya ini.

"Saya kenal beliau karena beliau teman dekat Ibu saya. Pak Habibie saya lihat cukup tabah dan terus berzikir. Ini sangat mengharukan sekali. Apalagi kita tahu persis kedekatan keduanya bak dua sejoli. Di mana ada bapak di situ ada ibu," paparnya.

"Saya tahu ini cukup berat. Tapi dengan hati yang kuat saya yakin Pak Habibie bisa menerima ini," tandasnya.

Sebelumnya, setiba di rumah duka, jenazah Ainun Habibie langsung disalatkan. Usai disalatkan, ratusan pelayat akan diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir bagi jenazah Ainun Habibie.

Gema tahlil tidak henti-hentinya berkumandang mengiringi kepergian istri mantan presiden RI BJ Habibie ini. Beberapa pejabat juga terlihat masih memberikan doa dan belasungkawa untuk keluarga Habibie.

Salat jenazah sendiri diikuti oleh keluarga besar Habibie. Sejumlah pejabat seperti Muladi, mantan Menakertrans Abdul Latief, Ketum Hanura Wiranto juga terlihat ikut dalam salat ini.

Situasi di rumah duka, Jl Patra Kuningan XIII, Jaksel, masih terus didatangi oleh pelayat dari kalangan pejabat maupun kerabat Habibie sendiri.

Ratusan pelayat mendatangi rumah duka Hasri Ainun Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta. Salah satunya, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto.

"Saya kenal (Ibu Ainun) semasa pemerintahan Habibie, saya kala itu menjadi Menhankam Pangab. Saya kira Ibu Ainun seorang pendamping yang baik, support Bapak dengan baik," kata Wiranto di rumah duka.

Hanya sekitar setahun, Ainun menjadi ibu negara, di tengah suasana politik yang panas, pasca reformasi, tumbangnya Orde Baru.

"Posisi beliau sebagai ibu negara sangat membanggakan, memberikan kesejukan. Tiap kehadiran beliau selalu memberikan kesejukan," kata Wiranto.

Ditanya soal kondisi Habibie, Wiranto mengatakan mantan Presiden RI ketiga itu dalam kondisi tenang.

"Beliau sudah matang menghadapi semua ini. Beliau tenang dan sabar menerima kehendak Allah," kata dia.

Sementara, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Linda Gumelar mengatakan, Ainun adalah pendamping yang luar biasa.

"Memberikan perhatian pada dunia pendidikan. Banyak pesan-pesan beliau yang disampaikan terutama terkait pemberdayaan perempuan seperti soal kesetaraan," kata dia.

Satu lagi sumbangsih Ainun pada dunia kesehatan dan kemanusiaan. "Dia yang mengawali ide donor mata orang yang sudah meninggal," kata Linda.

Hasri merupakan anak keempat dari delapan bersaudara keluarga Almarhum H Mohammad Besari. Meski lahir di Semarang, Hasri Ainun yang berarti mata yang indah menghabiskan masa kecilnya di Bandung.

Ia juga sempat menetap di Jakarta sambil menempuh pendidikan dokternya di Fakultas Kedokteran UI, Jakarta. Lulus kuliah, dokter Ainun sempat bekerja di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia tinggal di asrama yang terletak di belakang RSCM, tepatnya di Jalan Kimia.

Pada 12 Mei 1962, Ainun menikah dengan BJ Habibie. Pasangan ini dikarunia dua putra, yakni Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Ainun yang juga pendiri The Habibie Center, semasa hidupnya  aktif di sejumlah yayasan, seperti Yayasan Orbit yang aktif memberikan beasiswa bagi pelajar dan Bank Mata Indonesia. (fn/d2t/vs) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X