Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Rilis Video, Al Qaeda Yaman Pamer Pemimpin Baru

Berita Terkait

2.963 views

Rilis Video, Al Qaeda Yaman Pamer Pemimpin Baru

SANAA (Berita SuaraMedia) - Seorang buronan pria Arab Saudi, yang pernah ditahan di penjara militer AS di Guantanamo, dinamai sebagai anggota senior sayap Yaman Al Qaeda, menurut rekaman video oleh kelompok itu yang ditayangkan pada acara televisi Al Arabiya pada hari Jumat.

Rekaman itu juga mengkonfirmasi kematian tiga pemimpin yang tewas pada bulan Desember dan Januari selama serangan udara Yaman,  kata penyiar pan Arab itu.

Di antara mereka yang tewas adalah Abdullah Al Muhdar, pemimpin Al Qaeda di provinsi Shabwa Yaman, Mohammed Amir al Awlaki, dan Mohammed Saleh al Kazimi.

Othman Ahmed al-Ghamdi, pria 31 tahun itu disebutkan  sebagai operatif Al Qaeda terkemuka pada hari Jumat, telah ditambahkan ke daftar 85 orang paling dicari oleh Arab Saudi 15 bulan lalu, al-Arabiya mengatakan.

Dia menghabiskan empat tahun penjara Guantanamo setelah ia ditangkap di Afghanistan. Ia dibebaskan pada tahun 2006.

Yaman, tetangga dari eksportir minyak atas Arab Saudi, telah menjadi perhatian keamanan utama Barat sejak lengan al Qaeda yang berbasis di Yaman mengaku bertanggung jawab atas upaya yang gagal untuk meledakan bom di pesawat penumpang AS pada bulan Desember.

Bulan lalu, kelompok itu berusaha untuk membunuh Duta Besar Inggris untuk Yaman ketika seorang pembom bunuh diri melemparkan dirinya ke jalur konvoi yang membawa Tim Torlot untuk bekerja di ibukota Sanaa.

Utusan itu tidak terluka dan hanya pelaku bom bunuh diri yang mati, tetapi pukulan yang berani itu  menandakan bahwa tindakan keras baru-baru ini oleh Sanaa pada kelompok militan global tidak berbuat banyak untuk mengekang ambisi kelompok itu untuk melakukan serangan terhadap target internasional.

Negara-negara Barat dan Riyadh ingin Yaman, bergulat dengan pemberontakan Syiah utara dan separatis Selatan, untuk mengatasi konflik dalam negeri untuk mengubah fokus dalam memerangi al-Qaeda, yang mereka lihat sebagai ancaman global yang lebih besar.

Penjara Guantanamo didirikan oleh Presiden Amerika Serikat George W. Bush di Kuba pada tahun 2002 untuk menahan asing ditangkap setelah pasukan AS menyerang Afghanistan untuk membasmi pelindung al Qaeda dan Taliban dalam menanggapi serangan 11 September 2001 terhadap Amerika Serikat.

Al Ghamdi adalah seorang prajurit dalam militer Saudi sampai awal tahun 2000. Dia meninggalkan militer setelah ia menjadi tertarik pada melawan Rusia di Chechnya - penyebab yang sering menarik rekrutan baru al Qaeda.

Menurut memo yang dihasilkan oleh pejabat AS di Gitmo dan direproduksi di situs web New York Times, Al Ghamdi berkata "ia ingin berjuang bersama kaum Muslim di Chechnya karena ia tidak ingin melihat saudara dan saudarinya 'dibunuh dan dibantai.'

Al Ghamdi bergabung lain bersama mantan tahanan Gitmo yang telah pergi untuk memegang posisi kepemimpinan dalam AQAP. Said al Shihri saat ini bertindak komandan nomor dua kelompok itu, sementara Ibrahim Rubaish, alumni Gitmo lainnya, adalah mufti AQAP, atau pemuka agama.

Menurut terjemahan dari rekaman yang diperoleh oleh Long War Journal, Al Ghamdi mencela serangan udara, AS mengklaim bahwa Amerika menolak untuk menghadapi al Qaeda langsung di medan perang. Bersama dengan pemimpin AQAP lainnya yang terdapat dalam video, Al Ghamdi menggambarkan operasi kontraterorisme di Yaman sebagai bagian dari perang salib yang dipimpin oleh Amerika terhadap dunia Islam.

Al Ghamdi ditangkap di perbatasan Afghanistan dan Pakistan pada Desember 2001 setelah melarikan diri dari Pegunungan Tora Bora bersama dengan anggota al Qaeda lainnya. Pria asal Saudi itu kemudian  ditahan di Guantanamo sampai Juni 2006, ketika dia dipulangkan ke negara asalnya.

Al Ghamdi kemudian mengikuti program rehabilitasi untuk jihadis yang didirikan oleh pemerintah Saudi. Setelah menyelesaikan program ini, Al Ghamdi melarikan diri ke Yaman di mana dia bergabung kembali dengan al Qaeda. Pada awal 2009, al Ghamdi ditambahkan ke daftar yang paling dicari Kerajaan Saudi , bersama dengan setidaknya 10 mantan tahanan Gitmo lain. (iw/yh/lwj) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X