Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Salahi Aturan Islam, Pemindai Tubuh Bandara Ditolak Dubai

Berita Terkait

1.556 views

Salahi Aturan Islam, Pemindai Tubuh Bandara Ditolak Dubai

DUBAI (Berita SuaraMedia) – Dubai tidak akan menggunakan pemindai seluruh badan di kedua bandaranya untuk melindungi privasi penumpang, ujar kepala polisi utama di bandara Dubai, menurut laporan media setempat.

Pemindai seluruh badan tidak akan digunakan di bandara Dubai karena "bertentangan dengan Islam dan tidak menghargai privasi serta kebebasan personal individu," surat kabar Al Bayarn mengutip Brigadir Pilot Ahmad Mohammad bin Thani, kepala departemen umum keamanan bandara Dubai.

"Pemindai itu akan digantikan dengan sistem pemeriksaan lain yang menjaga privasi penumpang," ujarnya.

"Langkah keamanan kami didasarkan pada standar internasional dan tidak ada perubahan keamanan besar yang akan diambil untuk saat ini," ujar bin Thani seperti yang dikutip oleh Gulf News.

Namun, koran berbahasa Inggris itu mengatakan bahwa bandara Dubai sedang mempertimbangkan penggunaan kamera pengenal wajah untuk meningkatkan keamanan.

AS mendorong peningkatan penggunaan pemindai seluruh badan, yang dikatakannya bisa menghentikan seorang pria Nigeria yang berusaha meledakkan sebuah pesawat tujuan AS pada hari Natal tahun lalu dengan bahan peledak yang disembunyikan di pakaian dalamnya.

Beberapa negara Eropa sudah menguji teknologi itu, termasuk Perancis, Inggris, dan Belanda. Bandara Jepang dan Korea Selatan juga telah mulai menguji program tersebut.

Mesin tersebut masih tetap kontroversial karena kekhawatiran akan masalah privasi, karena mereka menampilkan gambar seluruh badan penumpang yang dipindai.

Penolakan Dubai ini bertentangan dengan pengumuman dari otoritas federal dalam konferensi keamanan penerbangan regional bulan lalu bahwa mereka berniat untuk memperkenalkan mesin pemindai tubuh di bandara.

Pemerintah federal sedang meninjau teknologi itu karena adanya kekhawatiran radiasi, ujar Saif al Suwaidi, direktur jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Umum.

"Kami tidak memiliki informasi lengkap tentang efek samping dari penggunaan peralatan ini terhadap penumpang reguler," ujarnya.

Brigadir bin Thani mengatakan strategi keamanan di Dubai cukup untuk menjaga keselamatan jutaan penumpang. Dia menekankan bahwa teknologi pemindai tidak diwajibkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

"Penerimaan peralatan itu didasarkan pada keputusan setiap negara anggota ICAO dan bukan merupakan kewajiban yang diperintahkan oleh mereka," ujarnya.

"Mayoritas kejahatan yang kami tangani melibatkan paspor palsu yang berasal dari negara-negara Asia Timur."

Sekitar 3,700 orang sudah dilatih untuk menangani ancaman keamanan dan tatanan publik di bandara-bandara Dubai, ujar Brigadir bin Thani.

Bandara internasional Dubai juga mempertimbangkan peluang untuk menggunakan teknologi pengenalan wajah guna meningkatkan keamanan, ujar Brigadir Omar al Amri, wakil direktur keamanan bandara. Sistem itu sudah diuji tapi belum sepenuhnya diimplementasikan. "Agar teknologi itu bisa diterapkan hanya membutuhkan peningkatan perangkat lunak," ujar Brigadir bin Thani. "Kami saat ini sedang mengujinya dan meninjau potensi penggunaannya."

Bandara tersebut memiliki lebih dari 3,200 kamera keamanan operasional di tiga terminalnya.

Bandara Dubai diperkirakan akan memproses 46 juta penumpang tahun ini, dibandingkan dengan 40 juta tahun lalu, setelah pembukaan bandara internasional Al Maktoum di Jebel Ali bulan lalu. Personel keamanan sibuk, menangani 732 kasus kriminal sejauh ini tahun ini, dibandingkan dnegan 1,382 kasus di sepanjang tahun lalu. (rin/meo/tn) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X