Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.389 views

Menilik 8 Kelebihan Ponpes Darul Munir Bekasi yang Ramah Santri

BEKASI (voa-islam.com) - Pondok Pesantren tak lagi dipungkiri sebagai benteng aqidah umat dan bangsa Indonesia bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Tokoh seperti Pendiri NU KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan bersahabat akrab, baik ketika sama-sama mondok di Pesantren  Darat, Semarang (asuhan Kiai Sholeh Darat), saat bersama-sama berguru di Makkah (antara lain Syekh Khatib al-Minangkabawi dan Syekh Nawawi al-Bantani) maupun ketika pulang dan mengabdi di Tanah Air semenjak awal tahun 1900-an. 

 

Apalagi dijaman serba digital ini, dimana degradasi moral dan akhlaq Islam semakin mudah digerus dengan derasnya masuk informasi dari HP dan internet bagi generasi saat ini. Padahal orang tua tak bisa 24 jam mengawasi kegiatan anak di media sosial, internet dan pegaulan diluar rumah yang semakin marak dengan pergaulan bebas, narkoba, tato sebagai simbol gaul, hingga kenakalan remaja hingga dini hari.

Namun memutuskan anak masuk ke pesantren tidaklah mudah, pergulatan batin antara pikiran sayang anak dan tak mau jauh dari anak berperang dalam benaknya. Salah satu masalah dipesantren adalah jika pesantren terlalu banyak santri sehingga pengawasan anak diserahkan kepada pengawas asrama dan bullying yang menjadi momok menakutkan. 

Namun masalah itu tak perlu Anda khawatirkan, karena setelah melalui perjalanan panjang studi banding pesantren ramah santri modern dan pendidikan bebas bullying, maka Pesantren Darul Munir di tengah Kota Bekasi ini bisa menjadi pilihan yang menenangkan hati orang tua. Hal ini bisa terjadi karena lokasi Ponpes yang fokus pada kurikulum Hafizh Quran (menghapal Al Quran) dan juga kurikulum Diknas ini telah membangun sebuah sistem pesantren moderen dengan pengawasan CCTV 24 jam, pesantren unik di tengah kota yang mudah dijenguk orang tua ketika anak rindu dan sakit, hingga pesantren putera yang terbuka tidak dipagari keliling pesantren.

Voa-Islam saat mengkonfirmasi konsep pesantren tanpa pagar pembatas ini kepada Mudir Pesantren Darul Munir, KH Mushoffa Amal, Lc, MA, seorang kader binaan Ketua Dewan Dakwah Kota Bekasi Ustadz Salimin Dani, Lc, MA "Memang, dulu saat Saya mondok pernah mengalami pesantren yang dipagari, walhasil banyak santri yang kabur karena merasa terpenjara, namun saat Saya mondok di tempat berbeda yang tanpa pagar, justru santri malah sangat sedikit yang kabur, karena terbuka tidak merasa terpenjara hatinya." jelas Ustadz Musoffa kepada Voa-Islam.com

Hal ini memang terbilang langkah revolusioner, santri di pantau CCTV dan Satpam, namun dididik masalah akhlaq dan kedewasaan ketika ada pilihan kabur, malah tidak ingin kabur karena setiap sore mereka bebas bermain di lapangan bermain futsal seraya temannya menunggu setoran hafalan Al Quran kepada ustadz pembimbingnya.

Dari pantauan Voa-islam.com, memang santri enjoy bermain futsal di lapangan depan pesantren, disisi lain santri sedang setoran kepada pembimbingnya, dan yang lain sedang menikmati jajanan kaki lima yang melintas di taman pesantren. Menarik.

"Memang sistem pendidikan kami dibagi 3 kurikulum, jam 08.00-12.00 kurikulum SMP SMA Diknas, habis makan siang santri tidur siang, dan habis shalat ashar santri akan masuk kurikulum Hafizh Quran dimana mereka akan diawali dengan tahsin hingga lulus, dan kemudian mulai program Tahfidz Quran." jelas Ustadz Mushoffa yang menguasai beladiri kempo dan memanah.

Yang lebih menengangkan orang tua lagi adalah, biaya pesantren moderen, berkualitas dan di tengan Kota Bekasi ini hanya Rp. 17,5 juta, sangat affordable tentunya jika dibandingkan banyak pesantren dengan biaya masuk cukup tinggi hingga Rp. 25 juta - Rp. 60 juta di pinggiran ibukota Jakarta. Tentu ini dibatasi jumlahnya agar bisa memantau santri dan itu salah satu kelebihan Darul Munir, menjaga over kuota sehingga abai pada pendidikan santri.

Ekstrakurikuler karate, berkuda, berenang dan memanah saat ini menjadi unggulan, dan salah satu santru ekskul memanah menjadi Juara Nasional Memanah. Santri sudah mendapatkan piala emas dan perak Kempo tingkat daerah dan nasional.

Ini dia 8 Kelebihan Pesantren Darul Munir Kota Bekasi

1. SMP SMA Kurikulum Diknas dan Kurikulum Hafizh Quran 30 Juz

2. Santri dididik mengedepankan Akhlaq

3. Program Tahsin dan Tahfizh Quran kemudian, agar sesuai kaidah membaca Al Quran dan siap menjadi Da'i

4. Kelas moderen dengan pembelajaran berbasis IT

5. Pengajar Alumni Madinah Timur Tengah dan Universitas terbaik di Indonesia

6. Suasana pesantren ramah santri, tak terpenjara dan mencegah bullying

7. Ekskul Panah Juara Nasional, Alhamdulillah santri kerap menjuarai lomba Tahfizh Al Quran. Santri-santri sudah mendapatkan piala emas dan perak Kempo tingkat daerah dan nasional.

8. Lokasi Strategis di tengah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Informasi pendaftaran :

www.darulmunir.com

atau 

https://psbdarulmunir.id/

Alamat

Pesantren Putra : Perum. Pondok Mitra Lestari Blok D13 No. 1-3 Jatiarasa, Jatiasih, Kota Bekasi 17424
Pesantren Putri : Jl. Swatantra No. 100 RT 009 RW 005, Jatirasa, Jatiasih

Email

psbdarulmunir@gmail.com

Kontak Informasi

1.Ustadz Hery Riyanto S.Ag (0812 1663 1862)
2.Ustadzah Ponco Handayawati M.Pd (0878 6554 4320)
3.Ustadz Hendrawan Zulkarnain, Lc, MA (0822 6060 2325)
4.Ustadz Andre Gunawan, M.Pd ( 0857 8249 2005)

Youtube : https://www.youtube.com/@pesantrentahfizhdarulmunir763

Instagram : https://www.instagram.com/pesantrendarulmunir/

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Syariah Biz lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X