Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.279 views

Istiqamah Setelah Ramadhan

 

Oleh:

Ustadz Farid Okbah, M.A. (UFO)

 

SETIAP permulaan akan berujung pada penutupan. Begitulah Ramadhan, akan berakhir dengan Idul Fitri. Yang awalnya perintah beribadah puasa dan berakhir haram puasa dan wajib bersenang-senang pada saat Idul Fitri. Hanya bagaimana api semangat beribadah Ramadhan tidak padam, justru terus menyala menerangi perjalanan sebelas bulan ke depan sampai ketemu Ramadhan berikutnya. Itulah istiqamah dalam ketaatan sesudah Ramadhan menjaga komitmen menjadi hamba Allah perintah dijalankan dan larangan ditinggalkan.

Nabi ﷺ dan para sahabat sedih ditinggal Ramadhan bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan itu. Dengan berakhirnya puasa Ramadhan, para sahabat terus memanjatkan doa selama 6 bulan agar amal mereka diterima Allah, kemudian berdoa agar ditemukan dengan Ramadhan berikutnya.

Sahabat Muawiyah Ats-Tsaqafi meminta kepada Rasulullah ﷺ nasihat agar menjadi panduan hidup, beliau bersabda:

«قُلْ: آمَنْتُ بِاللهِ ، ثُمَّ اسْتَقِمْ»

“Katakan: ‘Aku beriman pada Allah’, kemudian istiqamahlah.” (HR. Muslim)

Pendek, tapi padat dan berjangka panjang. Karena istiqamah itu kata kunci sukses di dunia tanpa beban yang berarti karena merasa aman dan di akhirat dijamin surga,

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka tetap istiqamah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati. (QS. Al-Ahqaf, 46: 13)

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ (30) نَحْنُ اَوْلِيَاۤؤُكُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰخِرَةِ ۚوَلَكُمْ فِيْهَا مَا تَشْتَهِيْٓ اَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيْهَا مَا تَدَّعُوْنَ (31)

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.” Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta. (QS. Fushshilat, 41: 30-31)

Roadmap apa yang kita persiapkan untuk mengisi kegiatan setelah Ramadhan?

Pertama, terus menjaga hubungan dengan Allah (hablum minallah) dengan menempa dan mengawal keimanan agar bertambah dengan ketaatan; shalat, doa, dzikir, baca Alqur'an dsb.

Kedua, terus mendalami ilmu agama Islam terutama; ilmu tauhid, penguasaan Alqur'an dan Assunnah, mengkaji fiqih, meningkatkan penghayatan akhlaq dan menguasai ilmu-ilmu humaniora.

Ketiga, mengikuti jejak perjuangan Nabi ﷺ; membangun kepribadian islami yang tangguh, membangun keluarga harmonis yang produktif, membangun jaringan dakwah yang efektif, menyiapkan kader-kader yang handal dan membawa ummat menuju kejayaan Islam.

Keempat, meningkatkan kemampuan ekonomi sebagai logistik perjuangan agar melaju tanpa hambatan.

Kelima, membangun civil society sebagai jejaring ummat baik keorganisasian, media massa dan relawan-relawan sosial sekaligus sebagai dukungan dan kontrol sosial.

Keenam, politik society sebagai lokomtif untuk membawa gerbong ummat ke arah baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.

Misi besar ini bila kita bisa realisasikan, berarti nilai puasa Ramadhan kita bernilai tinggi di sisi Allah. Kita diajarkan untuk terus berprestasi baik sebagai individu, keluarga, masyarakat dan bangsa,

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (7) وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ (8)

Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap. (QS. Asy-Syarh, 94: 7-8)

Karena tanda suatu kebaikan diterima Allah maka akan melahirkan kebaikan berikutnya,

وَالَّذِيْنَ اهْتَدَوْا زَادَهُمْ هُدًى وَّاٰتٰىهُمْ تَقْوٰىهُمْ

Dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah akan menambah petunjuk kepada mereka dan menganugerahi ketakwaan mereka. (QS. Muhammad, 47: 17)

Ayo kita mengukir prestasi perjuangan Islam meskipun hanya jadi satu batu bata buat bangunan kejayaan peradaban Islam. Wallahul Musta’an.

•••
Facebook: Farid Ahmad Okbah. MA
Instagram: @faridokbah_official

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X