Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.574 views

Ibuku Sembuh dari Sakit Parahnya, Bagaimana Caraku Bersyukur?

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keuarga dan para sahabatnya.

Seorang anak bercerita, ibunya pernah sakit parah sehingga hanya bisa berbaring di tempat tidurnya. Sang anak berdoa kepada Allah ‘Azza wa Jalla agar menyembuhkan ibunya. Doanya terijabah. Ibunya sembuh dari sakitnya. Kondisinya sudah cukup baik. Ia bersyukur kepada Allah atas pengabulan doanya. Ia mencari tahu bagaimana cara dirinya bersyukur kepada Allah atas nikmat yang luar biasa ini?

Syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mengakui nikmat-nikmat Allah adalah satu nikmat yang besar. Kedudukannya sangat mulia di sisi Allah Ta’ala. Tidak banyak orang yang bisa sampai kepada kondisi ini.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan kepada hamba-hambanya yang bersyukur dengan balasan dan tambahan nikmat,

وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ

Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali Imran: 144)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu..”.” (QS. Ibrahim: 7)

Syukurnya kita kepada Allah, pada dasarnya, adalah niimat dari Allah kepada kita. Kita senantiasa butuh Allah; butuh karunia dan pertolongan-Nya. Semengtara Allah tidak butuh kepada kita dan tidak pula kepada syukur kita. Kita harus sadar bahwa hakikat syukur adalah merasa belum mampu benar-benar bersyukur. Karenanya, senantiasa berusaha mewujudkan kesyukuran sepanjang hayat.

Syukur kita kepada Allah harus melibatkan 3 komponen dalam diri. Pertama, hati. Caranya, dengan mengakui semua nikmat berasal dari Allah sehingga mencintai Allah dan ridha kepada-Nya. Kedua, lisan. Yaitu dengan memuji, menyanjung, menyebut nikmat-nikmat Allah dan menyandarkan semua nikmat kepada-Nya. Ketiga, anggota badan. Caranya, menggunakan nikmat untuk beramal shalih; menjalankan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.

Bukti nyata syukur adalah seseorang memanfaatkan semua nikmat Allah yang ada pada dirinya untuk mentaati Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mencari ridha-Nya. Tidak menggunakan nikmat untuk menyekutukan-Nya dan bermaksiat terhadap-Nya.

Bentuk syukur yang bisa dikerjakan atas kesembuhan ibu tadi, anak tersebut bersedekah kepada orang-orang miskin, membantu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang kekurangan; seperti membantu kaum muslimin yang tertimpa musibah dan bencana.

Sejumah ulama menerangkan, syukur itu berdiri di atas lima kaidah. Pertama, ketundukan orang yang bersyukur kepada Dzat yang disyukurinya; yaitu Allah. Kedua, mencintainya. Ketiga, mengakui nikmat-nikmat-Nya. Keempat, memuji dan menyanjung-Nya. Kelima, tidak menggunakan nikmat pada sesuatu yang Dia benci.

Inilah lima pondasi kesyukuran. Kelimanya harus ada untuk tegaknya kesyukuran. Hilang salah satunya akan runtuh kesyukuran. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X