Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.324 views

Wawancara Eksklusif dengan Dubes Sudan (H.E. Ibrahim Bushra Muhammad)

"Kami Ingin Menciptakan Perdamaian di Kawasan"

JAKARTA (VoA-Islam) - Damai seperti enggan hinggap di Sudan. Setelah krisis Darfur, negeri yang selalu menjadi perbincangan dunia internasional ini kembali didera konflik ketika pihak Sudan Selatan tiba-tiba menganeksasi wilayah Higlig yang terletak di Kordovan Selatan, termasuk wilayah Republik Sudan yang terletak di utara. Kerusakan yang ditimbulkan tidak kecil. Kawasan ini dikenal dengan infrastruktur pengolahan minyak, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pihak Selatan yang kaya minyak.

Pasca pemisahan wilayah, berdasarkan referendum Januari 2011, dimana 99 persen wilayah selatan memilih untuk memisahkan diri, Pemerintah Khartoum praktis kehilangan 75 persen dari pasokan minyaknya. Pemerintah Republik Sudan yang terletak di Utara, tegas memaklumatkan diri sebagai negara Islam, sementara pihak selatan lebih banyak dimotori oleh kaum sekularis dan non-Muslim.

Heglig memang berhasil direbut kembali oleh Pemerintah Khartoum. Namun situasi ini tidak bisa serta merta mengembalikan kepercayaan pihak Khartoum terhadap pihak selatan yang dinilai terus berbuat rusuh, termasuk mem-back up kelompok separatis yang terletak di utara.

Saat ditemui di kantornya, kontributor Voa-Islam mewawacarai Dubes Republik Sudan untuk Indonesia H.E. Ibrahim Bushra Muhammad. Beliau menjelaskan panjang lebar tentang situasi terkini di Sudan, termasuk kawasan Darfur yang beberapa waktu lalu terus menjadi perhatian dunia internasional. Berikut wawancara selengkapnya:

Bagaimana perkembangan terakhir di Higlig?

Heglil adalah wilayah kami berdasarkan pengakuan dunia internasional. Heglig yang termasuk kawasan Kordovan Selatan, bukanlah wilayah yang diperselisihkan. Memang ada konflik di beberapa wilayah perbatasan, dan kita terus melakukan perundingan. Tapi kawasan Heglig adalah wilayah kami yang diakui oleh semua pihak termasuk masyarakat dan dunia internasional.

Apa motivasi pihak Selatan melancarkan serangan?

Tujuannya adalah menciptakan kekacauan dan instabilitas di Sudan. Mereka menyokong gerakan separatis bersenjata yang disebut Front Rakyat Wilayah Utara. Ketika kawasan selatan berdiri sendiri, mereka membiarkan separatis di utara untuk berbuat onar. Mereka melakukan latihan militer, dan berupaya menguasai wilayah sudan, dengan sokongan dari selatan.  

Serangan ini mengakibatkan macetnya produksi minyak 55 ribu barel per hari. Memang Sudan Selatan punya minyak lebih banyak, sekitar 75 persen. Tapi infrastruktur, pabrik, pipa dan stasiun pemurnian berada di selatan.  

Karena itu, lewat perundingan, kita berupaya mengambil bagian kami, sesuai dengan payung internasional. Kami sudah mengadakan berbagai perundingan, terakhir di Addis Ababa,  untuk mengakhiri diskusi tentang produksi minyak Sudan selatan lewat Sudan utara. Tapi perundingan macet karena tingkah pihak selatan. Perundingan dapat terus berlanjut, seandainya pihak Selatan tidak merebut Higlig. Ini adalah tindakan permusuhan. Jelas pihak selatan, punya niat buruk untuk menciptakan situasi tidak kondusif di wilayah Republik Sudan (di utara).

Pemerintah Sudan saat ini menutup perundingan dengan pihak selatan dan memusatkan perhatian pada upaya untuk menjaga keamanan. Pernyataan terakhir dari pemerintah Sudan adalah bahwa kami siap untuk berunding, tapi harus diselesaikan persoalan keamanan, perbatasan dan wilayah-wilayah yang disengketakan, juga masalah gerakan separatis.

Kami bukanlah penjajah. Kami hanya ingin menjaga perbatasan kami sesuai dengan batas tahun 1956. Kami tidak punya niat untuk menjajah atau menguasai negara lain. Kami percaya pada sikap baik pada negara tetangga, dan perdamaian. Karena itu, ketika kami dijajah, maka yang pertama kali kami lakukan adalah melakukan perlawanan dan mengembalikan wilayah kami. Kami siap untuk menghadapi berbagai serangan dan permusuhan terhadap wilayah kami. Saya tegaskan, bahwa kami tidak punya niat untuk menguasai wilayah selatan.

Ini bukanlah sikap lemah. Mereka merampas wilayah kami, lalu kami merebutnya kembali. Kita hidup di dalam masyarakat dunia dimana kita harus mematuhi nilai-nilai internasional, antara lain: keyakinan kami untuk menciptakan perdamaian di kawasan dan tidak merampas wilayah atau perbatasan negara lain lain, tapi yang menyerang kami maka akan kami balas.

Pandangan anda tentang masa depan kedua negara ini?

Kami memberikan hak untuk memisahkan diri kepada rakyat sudan, karena 99 persen dari mereka, kalau Anda ingat dalam referendum Januari 2011, memilih memisahkan diri. Karena itu presiden Sudan bersama rakyatnya setuju untuk memberikan hak untuk memisahkan diri. Ini adalah pilihan kami tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Bagaimana dengan analisa bahwa konflik di Sudan merupakan implikasi dari persaingan antara Rusia-Cina di satu sisi dan negara-negara Barat di sisi lain?

Tentu saja persoalan-persoalan yang terjadi di sejumlah wilayah di dunia ini tidak lepas dari campur tangan dunia internasional. Bahkan semuanya barangkali tak lepas dari campur tangan internasional. Terdapat persaingan untuk mewujudkan kemaslahatan ekonomi. Tapi kami katakan, bahwa tindakan pemerintah Sudan selatan jika mereka mendapat bantuan dari pihak luar, maka itu adalah upaya menciptakan permusuhan. Adalah hak kami untuk mempertahankan diri dan sikap kami akan terus demikian.

Bagaimana dengan ekonomi Sudan, pasca pemisahan, kabarnya ikut terganggu?

Betul. Tapi wilayah Sudan di utara ini sangat kaya dengan sumber daya alam. Hanya sepertiga dari wilayah kami yang hilang (dengan berpisahnya selatan), dan setelah terpisah kini penduduk kami berjumlah 130 juta jiwa. Kita punya kekayaan alam. Kita punya sisa minyak dan terus membuka sumur-sumur baru bekerjasama dengan lembaga-lembaga internasional. Tentu ada kekurangan, tapi kami membangun berdasarkan cadangan minyak kami sekarang, dan terus mencari lading-ladang baru. Kami juga mengeksplorasi emas dan terdapat cadangan besar emas, yang dikelola oleh kementerian pertambangan kami, dimana kami juga sudah mulai mengekspor. Kami juga mulai memproduksi ethanol dan sudah mulai kami ekspor. Rakyat sudan terus memandang masa depan dengan optimis. Tidak ada masalah, insya Allah.

Situasi internal pemerintah?

Pemerintah berhasil membangun koalisi persatuan bahkan dengan pihak-pihak oposisi, termasuk dua partai besar bersejarah: Hizbul Ummah al-Qaumi (Partai Umat Nasional) dan Hizbul Ittihad ad-Dimuqrathi (Partai Persatuan Demokrat). Kini mereka masuk ke dalam pemerintah. Terdapat sekitar 14 partai yang berkoalisi dengan pemerintah. Tidak ada masalah dengan konsensus dan persatuan nasional.

Bagaimana situasi Darfur saat ini?

Situasi Darfur saat ini sangat baik. Anda tidak lagi mendengar operasi militer, serangan, ataupun tindakan pembunuhan. Telah dibentuk pula lembaga perundingan Darfur yang difasilitasi oleh pemerintah Qatar. Ini sebuah lembaga pemerintah yang membantu mengatur masyarakat di Darfur, dimana anggota-anggotanya adalah para milisi bersenjata. Betul, masih ada beberapa milisi yang masih melakukan tindakan oposisi, tapi tidak punya pengaruh besar. Secara umum situasi bagus. Serangan milisi sangat kecil.

Dunia internasional terus berupaya ikut campur. Tapi mayoritas warga Sudan ingin menyelesaikan masalahnya dengan upaya sendiri, tanpa bantuan dari pihak lain. (Nurkholis)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Super Qurban ke Pesantren, Daerah Bencana, Kampung Muallaf dan Dakwah Pedalaman

Super Qurban ke Pesantren, Daerah Bencana, Kampung Muallaf dan Dakwah Pedalaman

Qurban adalah amal shalih yang paling utama, lebih utama daripada jihad. Mari berqurban ke pesantren, penjara, peluarga mujahid, dakwah pedalaman dan rawan pemurtadan. ...

Super QURBAN untuk KORBAN Gempa Lombok. Ayo Bantu..!!!

Super QURBAN untuk KORBAN Gempa Lombok. Ayo Bantu..!!!

Lombok luluhlantak diguncang gempa. Derita mereka duka kita juga. Mari berbagi kebahagiaan dengan berqurban untuk para korban gempa di lombok....

Ustadz Jenius Penghafal Al-Qur'an Bersanad Kecelakaan Terlindas Mobil. Ayo Bantu..!!

Ustadz Jenius Penghafal Al-Qur'an Bersanad Kecelakaan Terlindas Mobil. Ayo Bantu..!!

Ustadz Ahmad Syukri, dai penghafal Al-Qur'an 30 juz yang bersanad tujuh riwayat ini terlindas mobil dan banyak mengalami patah tulang. Dioperasi berulang kali, tagihan melonjak 58 juta rupiah....

Fatkhur Kurniawan Bocah Tumor Ganas Tutup Usia, Donasi 12,1 Juta Rupiah Sudah Diserahkan

Fatkhur Kurniawan Bocah Tumor Ganas Tutup Usia, Donasi 12,1 Juta Rupiah Sudah Diserahkan

Setelah bertarung melawan tumor selama 15 bulan, akhirnya Fatkhur menyerah kepada takdir kematian. Semoga para donatur mengganjar infaknya dengan keberkahan, pahala dan surga Firdaus...

Menderita Hernia Sejak Lahir, Anak Yatim ini Butuh Biaya Operasi 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!

Menderita Hernia Sejak Lahir, Anak Yatim ini Butuh Biaya Operasi 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!

Bila kambuh, biji testis santri Rumah Tahfizh Qur?an ini bengkak dan nyeri hebat. Almarhum ayahnya adalah aktivis Nahi Munkar yang gencar memerangi rentenir, kemaksiatan dan pemurtadan. Ayo...

Latest News
Ekonomi Digital, Perempuan Target Global?

Ekonomi Digital, Perempuan Target Global?

Ahad, 23 Sep 2018 23:53

Deklarasi Kampanye Dicedarai, Prabwo-Sandi Komitmen tetap Damai

Deklarasi Kampanye Dicedarai, Prabwo-Sandi Komitmen tetap Damai

Ahad, 23 Sep 2018 23:23

Deklarasi Kampanye Damai Terganggu, KPU Diminta Bersikap

Deklarasi Kampanye Damai Terganggu, KPU Diminta Bersikap

Ahad, 23 Sep 2018 22:23

Deklarasi Kampanye Damai Gagal dan Melahirkan Protes

Deklarasi Kampanye Damai Gagal dan Melahirkan Protes

Ahad, 23 Sep 2018 21:23

Politisi Demokrat sebut Pendukung Jokowi Ganggu Deklarasi Damai

Politisi Demokrat sebut Pendukung Jokowi Ganggu Deklarasi Damai

Ahad, 23 Sep 2018 20:23

Otoritas Palestina Akan Hentikan Kerjasama Keamanan Jika Israel Setuju Berdamai dengan Hamas

Otoritas Palestina Akan Hentikan Kerjasama Keamanan Jika Israel Setuju Berdamai dengan Hamas

Ahad, 23 Sep 2018 20:05

Irak Tolak Izinkan Pasukan Turki Kembali ke Kamp Bashiqa

Irak Tolak Izinkan Pasukan Turki Kembali ke Kamp Bashiqa

Ahad, 23 Sep 2018 19:45

Penyamaan Tarif Tol, Ustaz Tengku: Penjajah Saja Terapkan Tarif sesuai Pemakaian

Penyamaan Tarif Tol, Ustaz Tengku: Penjajah Saja Terapkan Tarif sesuai Pemakaian

Ahad, 23 Sep 2018 19:23

Pejuang Oposisi Dukungan Turki Tolak Serahkan Senjata Mereka Mengikuti Perjanjian Idlib

Pejuang Oposisi Dukungan Turki Tolak Serahkan Senjata Mereka Mengikuti Perjanjian Idlib

Ahad, 23 Sep 2018 19:16

Cerita Jubir Prabowo-Sandi ketika Kubu Jokowi-Ma’ruf Usul Ada Nomor Urut Nol

Cerita Jubir Prabowo-Sandi ketika Kubu Jokowi-Ma’ruf Usul Ada Nomor Urut Nol

Ahad, 23 Sep 2018 18:23

Aksi HMI Sukoharjo Sikapi Kriminalisasi Aktivis, Termasuk Kasus Aktivis dengan PT RUM

Aksi HMI Sukoharjo Sikapi Kriminalisasi Aktivis, Termasuk Kasus Aktivis dengan PT RUM

Ahad, 23 Sep 2018 15:19

Ada Politik Dibalik Ulama

Ada Politik Dibalik Ulama

Ahad, 23 Sep 2018 15:07

Dahnil Dinilai Tepat Jadi Jubir Prabowo-Sandi

Dahnil Dinilai Tepat Jadi Jubir Prabowo-Sandi

Ahad, 23 Sep 2018 08:22

Mushola Pertama untuk Lombok

Mushola Pertama untuk Lombok

Ahad, 23 Sep 2018 08:20

Tim Hukum Temui Polisi, Panitia  Bertekad Tetap Laksanakan Deklarasi Kebangsaan

Tim Hukum Temui Polisi, Panitia Bertekad Tetap Laksanakan Deklarasi Kebangsaan

Ahad, 23 Sep 2018 06:28

Islamic State Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Serangan Parade Militer Syi'ah Iran di Ahvaz

Islamic State Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Serangan Parade Militer Syi'ah Iran di Ahvaz

Sabtu, 22 Sep 2018 23:35

Israel Beri Bukti ke Moskow Suriah Bertanggung Jawab atas Jatuhnya Pesawat Militer Rusia

Israel Beri Bukti ke Moskow Suriah Bertanggung Jawab atas Jatuhnya Pesawat Militer Rusia

Sabtu, 22 Sep 2018 23:00

11 Anggota IRGC Tewas dalam Serangan Selama di Parade Militer di Ahvaz

11 Anggota IRGC Tewas dalam Serangan Selama di Parade Militer di Ahvaz

Sabtu, 22 Sep 2018 22:39

Untuk Indonesia Beradab, Warga Depok Deklarasikan Dukungan ke Prabowo-Sandi

Untuk Indonesia Beradab, Warga Depok Deklarasikan Dukungan ke Prabowo-Sandi

Sabtu, 22 Sep 2018 20:19

Polisi Desak Batalkan Deklarasi Kebangsaan di Tangsel

Polisi Desak Batalkan Deklarasi Kebangsaan di Tangsel

Sabtu, 22 Sep 2018 20:16


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X