Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.954 views

Ekonom Anti Kudeta : Militer dan Liberal Menghancurkan Ekonomi Mesir

Cairo (voa-islam.com) Dalam pernyataannya, sekelompok ekonom Mesir, menegaskan bahwa rakyat Mesir telah menyaksikan kejahatan keji terhadap generasi sekarang dan masa depan, ungkap ekonom anti kudeta Mesir, Senin, 6/7/2013.

Sekelompok pembajak demokrasi telah mengambil alih pemerintah, dan mereka adalah  kelompok  rezim yang sama - yang terdiri dari kuasi (campuran) antara militer dan sipil - di mana mereka mengaku sebagai pelaku Revolusi 25 Januari. Pembajakan ini merupakan upaya untuk kembali ke kekuasaan yang mengancam kehidupan dan masa depan rakyat Mesir.

Pertama: Selama lebih dari 30 tahun, kelas elite (keluarga lingkaran militer dan partai berkuasa) memiliki kendali atas kekayaan dan sumber daya bangsa ini. Selain itu, geng ini ingin terus merampok kekayaan Mesir sementara lebih dari 25% orang yang (lebih dari 24 juta orang Mesir) hidup di bawah garis kemiskinan.

Kedua: Dalam masa transisi, setelah Revolusi, selama pemerintahan militer Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), kinerja ekonomi memburuk secara drastis, dan belum pernah terjadi sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi turun dari 5,1% selama tahun 2009/2010, dan  2,2% selama 2011/2012.

Sementara itu, pengangguran  pada tahun 2009/2010 naik dari 8,9% menjadi 12.6% pada 2010/2011. Defisit anggaran naik selama pemerintahan SCAF menjadi sekitar 11%, dibandingkan dengan 8,1% pada 2009/2010, sedangkan sektor pariwisata mengalami penurunan yang signifikan dari i $ 2,2 miliar dolar menjadi hanya $ 2,8 juta dolar.

Selain itu, neraca perdagangan mengalami defisit yang  belum pernah terjadi sebelumnya, mencapai $ 980 juta dolar selama 2010/2011, dan menjadi US $ 11,3 miliar dolar selama tahun fiskal 2011/2012. Investasi asing turun menjadi 2,2 miliar dolar dibandingkan dengan rata-rata $ 980 juta dolar selama periode 2006 hingga 2010. Situasi nampak semakin memburuk sejak pemerintahan di bawah militer.

Ketiga: kebijakan  ekonomi SCAF menyebabkan penurunan cadangan mata uang asing,  mencapai $ 15 miliar dolar pada tanggal 30 Juni 2012 dari sekitar $ 36 miliar dolar pada Januari 2011 - yang berarti bahwa cadangan turun sekitar $ 21 miliar atau 58,4%.

Terlepas dari itu, pound Mesir kehilangan sekitar 10% dari nilainya dibandingkan dengan dolar, dan menghancurkan cadangan mata uang asing. Sehingga hanya kelas atas yang bisa menarik dana mereka pada nilai tukar yang menguntungkan. Sekarang,  yang sedang berlangsung pengulangan skenario dibidang ekonomi seperti pada masa pemerintahan dikendalikan oleh tokoh-tokoh rezim Mubarak.

Keempat: Selama satu setengah tahun pemerintahan SCAF, tidak ada visi yang jelas dalam menangani krisis ekonomi. Biaya pinjaman pemerintah meningkat dari 10,5% menjadi sekitar 13,5% sebagai biaya rata-rata obligasi pemerintah dan catatan, dengan setiap 1% biaya kas negara LE8 miliar per tahun.

Selain itu, SCAF tidak mengambil tindakan apapun untuk mencegah larianya  kekayaan keluar negeri, dan tidak serius menangani  dengan masalah korupsi atau penggelapan pajak dengan serius. Miliaran dolar uang negara yang dikorup dan tidak jelas termasuk kasus korupsi pengusaha Hussein Salem yang menjadi buron.

Kelima: Pengalaman internasional menunjukkan kegagalan rezim militer dalam mewujudkan pembangunan ekonomi. Bahkan, Mesir akan mengalami nasib seperti negara Amerika Latin yang bangkrut, seperti di Brasil, Spanyol, Argentina, Chili dan banyak negara lain di Asia dan Amerika Latin.

Keenam: Selama beberapa dekade sebelumnya, kelompok militer (tentara dan polisi) telah menguasai administrasi birokrasi dan lokal di Mesir. Akibatnya, terjadi kehancuran yang  belum pernah terjadi sebelumnya dalam kinerja instansi pemerintah, dan perusahaan sektor publik dikelola oleh para jenderal tanpa pengecualian dengan gaya militer. Dan sekarang, dalam kelanjutan dari tren ini, SCAF telah menunjuk seorang jenderal sebagai sekretaris dewan menteri, selain itu jenderal yang mendapat wewenang mengontrol posisi semua kementerian lainnya.

Ketujuh: Sebagai buntut kudeta itu, rezim militer segera membawa kembali tokoh korup pada instansi pemerintah. Apakah dapat diterima bahwa seorang manajer departemen di kementerian keuangan akan dipromosikan untuk memegang dua posisi sekaligus, sementara ia sedang diselidiki dalam empat kasus korupsi? Dan dalam pelayanan yang sama, ada upaya untuk menghancurkan kasus terhadap karyawan yang sedang diselidiki oleh jaksa penuntut umum selama periode masa lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, kita juga telah melihat kembalinya banyak wajah-wajah lama. Mereka Dia yang dulu menjadi kroni Gamal Mubarak telah menjadi perdana menteri. Bahkan, banyak menteri yang ditunjuk adalah anggota Partai Nasional Demokrat (NDP) 's Komite Kebijakan, di antaranya beberapa memiliki sejarah terbukti korupsi selama era Mubarak. Mereka sekarang  membawa kembali rezim Mubarak dengan wajah yang buruk.

Kedelapan: Pembangunan ekonomi dan kebebasan telah musnah. Pengalaman historis dan studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kemampuan masyarakat untuk mengembangkan diri harus didasarkan pada kebebasan memilih, dan kreativitas dalam segala bidang. Hal ini bertentangan dengan militerisasi negara di lembaga-lembaga dan aparat, dalam sistem fasis dan telah gagal.

Jadi, kita sebagai ekonom tidak akan menerima kembalinya rezim lama atau militerisasi bangsa dalam sistem fasis dan yang sudah gagal, karena ini akan berarti kehancuran ekonomi  Mesir. Ini adalah sesuatu yang kita tidak akan menerima untuk negara kita.

Penandatangan pernyataan:

• Dr Mursi Hegazy / Mantan Menteri Keuangan, Profesor Ekonomi Universitas Alexandria

• Dr Hussein Hamed Hassaan / Profesor Ekonomi, Ahli Internasional Islamic Banking

• Dr Meibid Al-Garhi / Profesor Ekonomi, Ahli Perbankan Syariah

• Dr Ramadhan Maqlad / Profesor Ekonomi Universitas Alexandria

• Dr Saber Younus / Guru Besar Universitas Ekonomi Buruh, Bani Sueif

• Dr Abdullah Shehata Khattab / Asst. Profesor Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Politik, Universitas Kairo

Mesir dengan kudeta terhadap Presiden Mursi, dampaknya telah kembali rezim lama di era Mubarak, yang mengakibatkan ekonomi Mesir akan hancur, dan rakyat akan menjadi lebih hancur lagi. Sejumlah elite militer dan kalangan sipil yang dekat rezim militer mengendalikan semua sektor penting di Mesir. af/hh

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X