Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.041 views

Erdogan, Hijab, dan Generasi Baru AKP di Turki

Istambul (voa-islam.com) Turki menganut sekuler, dan segala berbahu Islam akan dilarang. Itu sejak Kemal At-Turk dari 1924, sampai hari ini. Tetapi, larangan itu perlahan-lahan pudar, dan mulai diizinkan Muslimah menggunakan hijab (jilbab). Dua tokoh utama Partai berkuasa AKP Turki, menggunakan hijab saat menghadiri sidang di perlamen, sebelumnya tabu.

Partai Keadilan dan Pembangunan Partai ( AK Party ) wakil dari Konya, dan seorang pengacara yaitu Gulay Samancı menyatakan, memutuskan mengenakan hijab setelah melakukan ibadah haji di Makkah tahun ini, saat menghadiri sidang Parlemen, Sabtu, 26/10/2013.

"Saya telah menyelesaikan ibadah haji, dan kembali ke Turki mengenakan hijab. Mulai sekarang sampai selamanya. Saya akan hidup dengan cara ini", tegasnya.

"Turki  mengambil langkah besar dalam menerima setiap  perbedaan mereka, dan menghormati gaya hidup serta pikiran mereka. Jadi, saya tidak percaya bahwa ada masalah dengan orang-orang menerima satu sama lainnya untuk memakai hal-hal yang mereka inginkan sesuai dengan keyakinan atau pilihan hidup mereka", kata Samancı. Selanjutnya, ia  menambahkan bahwa tidak ada yang melarang memiliki hak, dan melakukan diskriminasi terhadap orang lain berdasarkan agama mereka, keyakinan, jenis kelamin, ras atau pikiran, ungkap Samanci.

Sebelumnya, Kahramanmaras wakil AKP dari Sevda Beyazit Kacar menyatakan bahwa dia akan menghadiri parlemen dengan jilbab setelah melakukan haji.

Keputusan datang setelah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bulan lalu bahwa larangan jilbab bagi kebanyakan pekerja sektor publik akan dihapus. Erdogan melangkah-langkah besar menuju ke arah Islamisasi, setahap-tahap, termasuk diizinkannya setiap warga negara Turki menggunakan hijab, karena itu sesuai dengan keyakinannya.

Erdogan tokoh baru di dunia Islam yang memiliki pandangang sangat jelas, bagi memperjuangkan setiap kepentingan Muslim di dunia Islam. Erdogan memiliki keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi Muslim di berbagai negara seperti Palestina, Somalia, Rohingya. Bahkan terhadap kondisi Muslim di Mesir.

Erdogan sampai hari ini mendukung Ikhwan di Mesir, dan tetap mengakui Mohamad Mursi sebagai presiden Mesir yang sah. Erdogan juga menolak mengakui pemerintahan rezim militer di bawah Jendral Abdul Fattah al-Sisi. Para penguasaha Turki meninggalkan Mesir, dan mengakibatkan Mesir menjelang kebangkrutan. Turki membantu para pejuang Suriah mengkahiri kekuasaan rezim Bashar al-Assad.

Erdogan hendak melakukan kunjungan Gaza, membuka blokade yang dilakukan oleh Zionis-Israel sejak tahun 2007, sampai hari ini, tetapi militer Mesir melarang Erdogan masuk ke Gaza. Erdogan juga menghentikan hubungan diplomatik dengan Israel, dan membatalkan semua kerjasama dengan Israel, termasuk kerjasama dibidang pertahanan dan intelijen.

Erdogan bisa berdiri sejajar dengan Barack Obama tanpa merasa rendah diri. Ekonomi Turki tetap stabil dan tumbuh, kendati negara-negara Uni Eropa menghadapi krisis yang hebat, tetapi tidak berdampak terhadap kehidupan ekonomi Turki. Turki ekonomi menjadi nomor empat di daratan Eropa. Sekarang,di tengah krisis, dan Eropa kembali mengajak Turki sebagai mitra membangun ekonomi Eropa.

Erdogan juga berhasil menempatkan militer Turki pada posisi yang tepat, sebagai penjagama keamananan negara, dan tidak lagi terlibat dalam politik, sehingga militer Turki tidak lagi dapat melakukan intervensi terhadap setiap kebijakan yang diambil oleh otoritas sipil.

Di bawah Erdogan, Turki muncul generasi baru kepemimpin di Turki, dan memberikan optimisme yang baru. Tokoh dibawah Erdogan dan Presiden Mohamad Gul, Wakil Perdana Menteri Bulan Evrin, termasuk arsitek kebijakan luar negeri Turki, Ahmed Davotuglu, nampaknya akan membawa baru bagi kehidupan Dunia Islam. Di tengah-tengah pesimisme yang sekarang melanda seluruh kawasan.

Erdogan dan Abdullah Gul yang memiliki latar belakang kebesaran dengan sejarah Khilafah Otsmani, dan ada tokoh penakluk kekaisaran Bizantium (Imperium Nasrani) seperti Mohamad al-Fatih, nampakanya akan terus beranjak menuju upuk baru peradaban Islam.

Kebangkitan Islam nampak di Turki, dan bersamaan datang para ilmuwan di Turki, dan membuka pusat-pusat kajian Islam, termasuk berkumpulnya tokoh-tokoh Gerakan Islam dari seluruh penjuru dunia. Mereka terus membangun komunikasi dan dialog, bertujuan menguatkan hubungan diantara mereka, dan mulai nampak hasilnya. af/hh

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X