Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
31.683 views

AS dan Uni Eropa Loyo Menghadapi Agresi Militer Rusia di Ukraina

BRUSSELS (voa-islam.com) - Sekretaris Jendral  NATO  memperingatkan Moskow, bahwa  melakukan invasi militer  ke Krimea-Ukraina mengancam perdamaian di Eropa”, tegas Rasmussen.  Namun,  para diplomat  negara-negara Uni Eropa, masih sangat hati-hati, menanggapi langkah Moskow yang menggelar pasukannya di wilayah Krimea-Ukraina, Minggu, 2/3/2014.

“Apa yang sedang dilakukan  Rusia  di Ukraina melanggar prinsip-prinsip piagam PBB”, tegas R Rasmussen kepada wartawan sebelum pertemuan NATO, yang merupakan aliansi militer bersifat permanen 28 negara.

“Ini mengancam perdamaian dan keamanan di Eropa. Rusia harus menghentikan kegiatan militer di wilayah Krimea-Ukraina yang akan menjadi ancaman benua Uni Eropa”, tambah Rasmussen.

Tetapi, NATO tidak akan bertindak lebih jauh, dan berani mengimbangi gerakan militer yang dilakukan oleh Moskow. Di  mana Rusia sudah menggelar dan memobilisasi kekuatan militernya di wilayah Ukraina yang sekarang sedang bergolak. Rusia tidak mentolelir dengan perubahan politik di Ukraina, di mana sekutu utama Moskow, yaitu Presiden Viktor Yanukovych, tersingkir dari kekuasaannya oleh oposisi.

Kekacauan politik di Ukraina menciptakan ketegangan terbesar antara Rusia dan Barat sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan sebagai bencana geopolitik abad ke-20 . Di mana rakyat Ukraina ingin bergabung dengan Uni Eropa, sementara pemimpin Ukraina, Viktor Yanukovych  ingin tetap mempertahankan hubungan dengan Rusia. Inilah yang mengakibatkan am

Nampaknya, NATO setelah lebih dari satu dekade menghadapi  konflik di Afghanistan dan Irak , dan  gagal mencegah pendudukan parsial Rusia dari Georgia pada 2008, semacam  ada keengganan yang mendalam di antara negara-negara Barat menjadikan situasi di Ukraina ke arah eskalasi militer. “Perang sangat tidak populer saat ini”, kata Tim Ripley , ahli militer pada majalah Mingguan Pertahanan Jane .

“Jika Rusia mengambil alih Crimea , itu akan mempermalukan Barat dan menunjukkan Barat hanya menjadi macan kertas , gagal melindungi negara Eropa melawan agresi dari luar”, tambah Ripley. “Ini akan memberikan Rusia wilayah perairan yang sangat luas,  mengontrol Laut Hitam ... itu akan menghina Barat”, tambahnya.

Sanksi politik atau ekonomi terhadap Moskow juga bisa menjadi pilihan , tapi itu akan menjadi tanggung jawab utama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Di mana Rusia memiliki hak veto di Dewan

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengutuk ” tindakan luar biasa dari agresi  Rusia di Ukraina, dan mengancam akan “berdampak yang sangat serius terhadap Moskow” , atas langkah yang diambil Moskow dengan menduduki Krimea-Ukraina secara militer, tegas John Kerry.

Tetapi, kenyataannya Presiden Obama dan para pemimpin Barat hanya menjadi “macan kertas” menghadapi Rusia. Itu terbukti dalam kasus Suriah, tidak berani melakukan serangan militer atas tindakan Suriah yang sudah menggunakan senjata pemusnah massal (gas sarin) terhadap rakyatnya. Padahal, sebelumnya Obama sudah menyatakan akan menggunakan kekuatan militernya terhadap Suriah. (afgh/wb/voa-islam.com)

 

" Ini adalah tindakan yang luar biasa agresi . Ini benar-benar menakjubkan , pilihan yang disengaja oleh Presiden ( Vladimir ) Putin untuk menyerang negara lain . Rusia merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Ukraina . Rusia merupakan pelanggaran terhadap kewajiban internasional , " tambah Kerry .

Kerry mengatakan Presiden AS Barack Obama mengatakan kepada Putin dalam panggilan telepon 90 menit pada hari Sabtu bahwa " akan ada dampak serius jika ini berdiri . Presiden ... mengatakan kepada Putin bahwa itu adalah penting untuk menemukan jalan yang berbeda , untuk memutar kembali invasi ini dan un - melakukan tindakan invasi . "

Kerry mengatakan negara-negara G8 dan beberapa negara lain yang " siap untuk pergi ke gagang untuk mengisolasi Rusia " dengan " array yang luas dari pilihan " yang tersedia .

" Mereka siap untuk memberi sanksi di tempat , mereka siap untuk mengisolasi Rusia ekonomi , rubel sudah turun . Rusia memiliki tantangan ekonomi utama , " kata Kerry , karena ia juga menyebutkan larangan visa , pembekuan aset dan isolasi perdagangan sebagai mungkin langkah .

Komentar Kerry terjadi di tengah paduan suara kecaman dari Washington dan sekutunya . Putin mendapat izin dari parlemen pada Sabtu untuk menggunakan kekuatan militer untuk melindungi warga Rusia di Ukraina , spurning permohonan Barat tidak mengintervensi .

Pasukan Rusia telah bloodlessly merebut Crimea - terisolasi Laut Hitam semenanjung di mana Moskow memiliki pangkalan angkatan laut .

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X