Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.971 views

Ribuan Muslim Yaman Menentang Pemberontak Syi'ah Houthi

SANAA (voa-islam.com) - Skenario seperti Lebanon, Suriah, Irak, dan Bahrain berulang atas Yaman, di mana kelompok minoritas Syi'ah mengusai negeri Yaman. Yaman mayoritas Sunni.  berulangibuan warga Yaman berdemonstrasi, pada Sabtu (24/01), guna menentang kelompok pemberontak Houthi yang menguasai Ibu Kota Sanaa.

Para demonstran menyerukan yel-yel, ‘Tidak untuk Houthi’, selagi mereka berbondong-bondong menuju kediaman Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi yang sudah mengundurkan diri, dan rakyat memintanya  tetap menjadi presiden dan melaksanakan tugas negara, meski terdapat tekanan dari pemberontak.

Sehari sebelumnya Hadi mengatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden, karena kelompok Houthi tidak menghormati kesepakatan damai. Tindakan itu diikuti Khaled Baha yang memutuskan meletakkan jabatan perdana menteri. Sumber keamanan mengatakan kepada wartawan bahwa Kepala Intelijen, Ali Hassan al-Ahmedi, juga hendak mundur.

Demonstrasi menentang kelompok Houthi yang beraliran Syiah dilaporkan juga berlangsung di sejumlah kota, tanpa intervensi milisi Houthi. Milisi Syi'ah  Houthi, yang berjuang untuk mendapatkan peningkatan otonomi di Provinsi Saada, telah melancarkan pemberontakan secara berkala sejak 2004 lalu.

Namun, aksi mereka yang paling signifikan terjadi sejak Juli 2014 lalu. Kelompok Houthi memapu mengalahkan kelompok milisi dan suku lainnya yang disokong Partai Sunni, Islah, selagi menerobos ke wilayah barat dan tengah negeri.

Puncaknya berlangsung bulan ini ketika mereka mampu menguasai Ibu Kota Sanaa, menyandera staf kepresidenan, dan menembaki kediaman presiden Hadi, dan mengacaukan situasi keamanan di Sanaa. Pemberontak Houthi lalu menyampaikan serangkaian tuntutan, yang mencakup perluasan perwakilan Houthi di parlemen dan sejumlah institusi negara.

Sebagai gantinya, mereka akan menarik pasukan milisi dari Sanaa dan membebaskan tawanan. Namun, sejauh ini, mereka belum mematuhi kesepakatan tersebut.

Kemenangan milisi Syi'ah Houthi ini, pertama pemerintahan Yaman dibawah Abdullah Saleh dan Presiden Abdou Rrabbu, keduanya memerangi kelompok pejuang-pejuang Sunni, yang dituduh sebagai teroris, dan menggunakan senjata Amerika. Bahkan, Amerika terlibat langsung dalam memerangi kelompok pejuang Islam di Yaman.

Sementara itu, secara samar pemerintah Abdullah Saleh dan Abdu Rabbou sengaja membiarkan milisi Syiah  Houthi menguasai Sanaa, dan memberikan dukungan militer, dan sebagaian besar militer Yaman membiarkan milisi Houthi menguasai Yaman dan kota-kota lainnya. Ini semua arahan dari Amerika Serikat. Saudi Arabia membiarkan Syiah mencaplok Yaman. Saudi lebih suka Yaman jatuh ke tangan Syiah, dibandingkan dengan kelompok fundamentalis Sunni, semacam al-Qaidah.

Itulah skenario yang terjadi di Yaman,  dan ini akan berdampak bagi masa depan keamanan seluruhs Semenjang Arabia, dan seperti kartu domina, satu-satu negara Arab akan jatuh ke tangan Syi'ah. (dimas/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X