Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.577 views

ISIS Akan Kehilangan Dukungan Umat Islam dan Ulama Dunia?

AMMAN (voa-islam.com) - Kemarahan menggelegak di seantero ibukota Jordania, Amman terhadap ISIS. Ulama muslim di seluruh dunia mengecam tindakan ISIS yang membakar hidup-hidup pilot Yordania. Bahkan, rakyat Jordania meminta kepada pemerintah membuka perbatasannya dengan Irak, agara bisa memerangi ISIS.

Pembunuhan atas nama Islam dengan membakarnya tidak bisa dibenarkan dalam bentuk apapun, ujar seorang ulama.

ISIS merilis video pada Selasa (3/2) yang memperlihatkan dalam sebuah foto pilot Mouath al-Kasaesbeh dibunuh  dengan membakarnya hidup-hidup di dalam sebuah kandang.

Memang, pemerintah  Yordania  berpartisipasi dengan Amerika Serikat, mendorong untuk melakukan pengeboman markas ISIS. Ini yang membuat ISIS terhadap Yordania. Namun, tindakan yang dilakukan oleh ISIS membakar hidup-hidup pilot Yordania ini membuat seluruh dunia Islam, sebagian kehilangan simpati kepada ISIS.

Lembaga yang memiliki otoritas tertinggi Muslim Mesir yang berdiri 1000 tahun di Universitas Al-Azhar dan berafiliasi Muslim Sunni seluruh dunia mengeluarkan pernyataan dengan kemarahan yang sangat besar dan meyebut ISIS sebagai "Satanic Terorist" group.

Di Qatar, Ketua Asosiasi Ulama Muslim Internasional, yang dipimpin DR.Yusuf al-Qardhawi dengan jaringan  menytakan pembakaran Kasaesbeh adalah bentuk tindakan kriminal berat.

"Asosiasi telah melukai Islam dan mereka tidak merepresentasikan Islam sedikitpun," kata Yusuf seperti dikutip Reuters (4/2).

ISIS bahkan mendalilkan dan memperbolehkan pembakaran atas kafir hingga mati hanya melalui Twitter yang kemudian bisa dianggap benar. Ulama senior dari hampir seluruh belahan dunia Islam mengecam aksi itu.

"Rasul, melawan pembunuhan manusia dengan api," kata Sheikh Hussien bin Shu'ayb, Kepala Departemen Islam Yaman.

Ulama Arab Saudi Salman al-Odah menulis melalui Twitternya, "Membakar adalah kejahatan keji dan ditolak oleh hukum Islam apapun penyebabnya." "Hal itu ditolak apakah terjadi pada individu atau kelompok, karena hanya Allah yang menyiksa dengan api."

Mengejutkan Seantero Arab

Ulama bersimpati, jika penyebab jihad lewat film atau pembunuhan keji malah akan merusak ISIS itu sendiri, kata salah satu ulama Al-Qaeda yang menguasai wilayah luas di Suriah dan Irak.

"Ini akan menghilangkan popularitas Islam sebagai agama yang penuh toleransi dan ampunan, bahkan di medan perang sekalipun tahanan diperlakukan dengan baik," kata Abu Sayaf, ulama Salafi Yordania yang dikenal sebagai Mohamed al-Shalabi yang menghabiskan hampir 10 tahun di penjara Yordania untuk aktifitas militan termasuk menyerang pasukan Amerika Serikat.

"Bahkan, saat ISIS bilang Mouath punya bom, dan membakar kami dan kami menghukumnya dengan cara yang ia lakukan, kami katakan OK. Tapi mengapa video itu ada dengan cara yang sangat mengejutkan. Metode ini telah merubah pandangan masyarakat terhadap mereka.

Mengutip Abdullah bin Muhammad al-Muhaysini, sebagai Jihadi Saudi Arab, mengatakan di Twitternya bahwa apa yang dilakukan kepada sang pilot membuat orang dan rakyat biasa menaruh simpati luar biasa kepada Kasaesbeh.

Namun, beberapa pendukung ISIS masih merayakan pencapaian mereka dengan membakar Kasaesbeh. Dalam sebuah cuitan di Twitter, dengan akun Suhaib mengatakan 'Kepada semua pilot yang ada dalam koalisi kafir melawan pasukan suci - perlu kalian tahu pesawat kalian mungkin jatuh dimisi berikutnya. Tidur nyenyak!!!"

Meskipun begitu, hampir seluruh masyarakat di Timur Tengah menyatakan tindakan tersebut sangat menjijikan.

"Pasukan negara Arab harus bergabung dan menghancurkan para pembunuh ini dan menyeret mereka satu persatu dan semuanya," kata Nawaf al-Dweik,43, seorang insinyur dari Ramalah.

Harian surat kabar al-Riyadh Arab Saudi menulis bahwa negara Islam telah "memperdalam kebiadaban dan pendekatan berdarah" dengan membakar Kasaesbeh. ISIS  akan kehilangan dukungan dari Muslim dan Ulama dengan tindakan yang sangat kontroversi itu. (dimas/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X