Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.645 views

Malaysia Larang Valentine, Kini Depok dan Surabaya Juga Ikut Melarang

KUALA LUMPUR (voa-islam.com) - Malaysia melarang peringatan Valentine pada tanggal 14 Februari nanti. Dikabarkan sejumlah negara bagian Malaysia berencana untuk melakukan razia terhadap muda mudi negeri jiran tersebut yang merayakan Hari Kasih Sayang pada tanggal 14 Februari mendatang.

Razia ini merupakan bagian dari kampanye 'hidup bebas dosa'. Seperti ditulis Time mengutip AFP, Kamis (10/1/2011), Kepala Bidang Pemuda Partai Islam Pan-Malaysia (PAS) telah mengumumkan, razia ini untuk meminimalisir tindakan amoral yang dilakukan oleh anak muda Malaysia.

Kepala Bidang Kepemudaan PAS, Nasrudin Hasan Tantawi, mengatakan razia ini merupakan bagian dari kampanye PAS untuk mempromosikan slogan 'hidup bebas dosa'. Razia dimulai dengan melakukan pencarian di beberapa kawasan di Malaysia.

Nasrudin mengaku akan bekerjasama dengan polisi dan otoritas keamanan setempat dalam melakukan razia ini. Beberapa negara bagian yang menyatakan akan melakukan razia adalah negara bagian Kedah, Penang, Kelantan dan Selangor, yang akan dikoordinasikan oleh masing-masing kader PAS setempat. "Kami telah mengidentifikasi beberapa titik di negara-negara bagian yang biasa dipakai oleh muda-mudi untuk merayakan Hari Kasih Sayang. Kami mengirimkan pejabat Departemen Agama setempat serta anggota partai untuk menghentikan tindakan berdosa seperti seks bebas, yang melanggar Islam," kata Nasrudin.

Ide razia ini dipicu oleh pengalaman tahun lalu dimana banyak warga Malaysia mengambil cuti atau anak sekolah banyak yang bolos saat Hari Kasih Sayang tiba.

Menurut Nasrudin, beberapa hotel menawarkan kamar gratis untuk pasangan yang belum menikah, bahkan ada sebuah pesta telanjang yang dilakukan oleh muda mudi. Mereka-mereka yang kena razia, menurut Nasrudin akan dituntut sesuai dengan ajaran hukum Islam.

Karena menurutnya, mayoritas Muslim Malaysia saa ini taat menjalankan aturan Islam dan menjalankan hukum syariat (dalam konteks tertentu). "Kami tidak mencoba untuk melarang cinta, tapi ingin memastikan bahwa apa pun yang dilakukan oleh warga Muslim Malaysia adalah sesuai dengan iman kita," ujarnya.

Depok dan Surabaya Ikut Melarang Valentine's Day

Dinas Pendidikan Kota Depok, Jawa Barat juga melarang perayaan hari kasih sayang alias valentine di sekolah. Para siswa diharapkan mengisi kegiatan di tanggal 14 Februari dengan hal positif yang sesuai budaya ketimuran. Dalam surat edaran Disdik Depok pada Jumat (13/2/2015), surat bernmor 425/789. Surat itu tertanggal hari ini.

Surat ditujukan ke Kepala SD, SMP, SMA, dan SMK Negeri dan Swasta se-Kota Depok. "Dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan religius di Kota Depok dan mempersiapkan generasi terbaik yang berbudi pekerti di masa depan, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut," tulis surat yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pangila.

Berikut tiga keputusan yang diberikan Disdik Kota Depok terkait valentine:

1. Mengisi kegiatan-kegiatan positif yang sesuai dengan nilai-nilai budaya ketimuran negara Indonesia

2. Melarang kegiatan siswa yang berkaitan dengan hari kasih sayang/valentine day, baik di dalam maupun di luar sekolah

3. Mengajak peran serta masyarakat, khususnya orang tua/wali murid untuk lebih peduli menjaga dan mendampingi putra putrinya.

Sedangkan di Surabaya seluruh siswa di Kota Pahlawan dilarang merayakan Valentine Day. Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengirim surat edaran tentang larangan itu ke seluruh sekolah.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan pada 12 Februari itu ditujukan ke kepala sekolah SMP, SMA dan SMK. Kepala sekolah diminta segera membuat surat edaran bagi orang tua wali murid.

Surat yang bernomor 421/1121/436.6.4/2015, Dinas Pendidikan Kota Surabaya menilai perayaan Valentine Day bertentangan dengan norma sosial dan budaya Indonesia.

Sayang, hingga pukul 11.00 WIB, Jumat (13/2/2015) Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan masih belum bisa dikonfirmasi terkait surat edaran larangan tersebut.

KPAI: Kasih Sayang Ada Etika dan Normanya

Senada dengan Dinas Pendidikan Depok, Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberi imbauan bagi remaja yang merayakan Valentine Day.

Sebaiknya para remaja tak perlu merayakannya berlebihan. "Perlu ada pemahaman utuh ikhwal sejarah dan latar belakang peringatan Valentine Day. Harus jadi generasi cerdas, bukan pengekor. Kita memiliki standar dan norma yang menjadi pemandu dalam kehidupan kemasyarakatan," kata Komisioner KPAI Asrorun Niam di Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Valentine Day dirayakan umumnya dirayakan para remaja pada 14 Februari, walau semua usia biasanya juga ikut memperingatinya sebagai simbol kasih sayang.

"Di samping tata nilai, norma, etika, juga ada ketentuan agama yang harus jadi kaedah penuntun. Tren perayaan Valentine Day cenderung dimaknai secara sederhana yakni hura-hura, memadu kasih yang cenderung melanggar agama dan kesusilaan," jelas Niam.

Merayakan kasih sayang harus proporsional tak perlu berlebihan yang mengarah kepada tindakan yang melanggar agama. "Kasih sayang harus muncul sebagai wujud kesetiakawanan tetapi proporsional dalam aktualisasinya. Kasih sayang suami pada istri ada normanya, kasih sayang sesama teman sesama normanya tersendiri. Kasih sayang dalam relasi profesional ada etika dan normanya tersendiri," tutupnya [detik/ahmed/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Kembali Terjadi Kasus Suap, Kinerja Perpajakan Harus Dievaluasi Besar-Besaran

Kembali Terjadi Kasus Suap, Kinerja Perpajakan Harus Dievaluasi Besar-Besaran

Senin, 08 Mar 2021 20:27

Cinta dalam Sepotong Coklat

Cinta dalam Sepotong Coklat

Senin, 08 Mar 2021 19:57

Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Senin, 08 Mar 2021 19:21

Nikah Muda, Why Not?

Nikah Muda, Why Not?

Senin, 08 Mar 2021 18:47

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Senin, 08 Mar 2021 18:13

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Senin, 08 Mar 2021 17:51

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Senin, 08 Mar 2021 17:21

Mendidik Anak dari Rumah

Mendidik Anak dari Rumah

Senin, 08 Mar 2021 16:47

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Senin, 08 Mar 2021 16:11

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Senin, 08 Mar 2021 16:00

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Senin, 08 Mar 2021 15:23

Pemerintah Terlihat Bingung

Pemerintah Terlihat Bingung

Senin, 08 Mar 2021 15:00

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Senin, 08 Mar 2021 13:08

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Senin, 08 Mar 2021 11:02

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Senin, 08 Mar 2021 10:47

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Senin, 08 Mar 2021 09:25

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Senin, 08 Mar 2021 06:37

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Ahad, 07 Mar 2021 20:30

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Ahad, 07 Mar 2021 19:30

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

Ahad, 07 Mar 2021 17:08


MUI

Must Read!
X