Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.941 views

Mengapa Arab Saudi Melakukan Serangan ke Yaman?

JAKARTA (voa-islam.com) - Stabilitas kawasan Timur Tengah dan Teluk terancam sejak jatuhnya Yaman ke tangan Syi'ah Houthi. Situasi ini membuat negara-negara Arab dan Teluk, mengalami 'shock' (terkejut). Tapi, semua itu, akibat buah tangan mereka sendiri. Di mana para penguasa Arab, menghancurkan kekuatan Islam yang baru tumbuh, pasca Arab Spring.
 
Sebelum Arab Spring peta kekuatan koalisi di kawasan minimal terbagi menjadi 4 poros: Poros Sunni Sekuler (Mesir, Saudi dan Negara Teluk minus Qatar, Yordania, Marocco, Tunisia, Aljazair, Libya dan Yaman); Poros Syiah (Iran, Syria,Lebanon, setengah Irak dan beberapa jaringan di Yaman dan Bahraen); Poros Israel; dan Poros Sunni konservatif (Turki, Qatar, Hamas dan Ikhwan).
 
Setelah Arab Spring (revolusi Arab) peta kekuatan koalisi itu berubah total. Kekuatan koalisi Sunni konservatif muncul menjadi kekuatan baru di mana Ikhwan dapat mengambil alih kekuatan sunni sekuler.
 
Arab Spring yang tidak direncanakan oleh Ikhwan dan tidak juga dipimpin oleh Ikhwan mampu meledak secara natural, karena komplikasi kemiskinan dan tirani sudah sampai pada titik ledaknya.
 
Pada peristriwa Arab Spring ini, Ikhwan menjadi kekuatan yang paling leading dan  mendapat keuntungan paling besar mengingat Ikhwan merupakan kekuatan sosial politik yang paling luas dan solid di kawasan.
 
Kondisi ini sedikit banyak memunculkan semacam euforia di Ikhwan di seluruh kawasan, dan karena kejadiannya berlangsung begitu cepat, maka secara politik kekuatan utama dunia harus menerima realitas politik kawasan. Hal ini sebenarnya sudah terlihat ketika Amerika mengucapkan selamat atas terpilihnya Mursi sebagai presiden Mesir pasca reformasi dari pemilu yang demokratis.
 
Euforia Ikhwan itu berlanjut dalam langkah-langkah politik yang relative kurang tepat di kawasan, sehingga berubah menjadi “Ancaman Ikhwan” di kawasan yang sangat berakibat menimbulkan kekhawatiran yang luar biasa bagi kekuatan lain di kawasan.
 
Tindakan yang memicu kekhawatiran itu misalnya ketika Presiden Mursi mengunjungi Negara-negara di luar poros Amerika dan sekutunya di awal masa kepresidenannya. Juga ketika beliau memecat Thanthawi dari jabatan Menhan dan menggantinya dengan As-Sissi.
 
Situasi itu mendorong kekuatan lain di kawasan untuk berkonsolidasi, terutama antara Poros Sunni Sekuler dan Poros Israel.
 
Uni Emirat Arab menjadi pusat konsolidasi ini. Saudi dan Emirat menjadi sponsor utama konsolidasi ini. Kuwait dan Bahrain juga tidak ketinggalan, mereka ikut poros konsolidasi ini sesuai ukurannya.
 
Salah seorang arsitek utama dalam konsolidasi ini adalah Muhammad Dahlan dari Fatah, Palestina. Tokoh yang punya hubungan istimewa dengan Israel. Tokoh lainnya adalah Khalid At-Tuwaijiri, penasihat Raja Abdullah dan Bandar Bin Sultan, kepala intelijen merangkap Kepala Dewan Keamanan Nasional Saudi.
 
Hanya butuh waktu sekitar 6 bulan tim itu bekerja dan berhasil menggalang kekuatan untuk menggulingkan Mursi di Mesir. Pada realitasnya, Gerakan Anti Arab Spring berkembang sangat cepat dan massif, sehingga tidak terantisipasi oleh Ikhwan.
 
Berhasil di Mesir gerakan itu dengan cepat menyebar di seluruh kawasan dengan hasil yang berbeda-beda. Nahdhah di Tunisia lebih fleksibel menghadapi gerakan anti Arab spring ini, hasilnya Nahdhah tidak jadi pemenang pemilu tapi masih tetap eksis dalam percaturan politik Tunisia.
Di Libya gerakan itu berkembang menjadi gerakan militer dan menghasilkan perang saudara yang masih berlangsung sampai sekarang.
 
Kebencian kepada Ikhwan ini terus dikembangkan terutama oleh Khalid At-Tuwaijiri yang memanfaatkan kondisi Raja Abdullah yang renta dan sakit-sakitan. Bersama Muhammad Bin Zayed An-Nahyan, wakil raja Emirat Khalifah Bin Zayed yang sakit-sakitan. Mereka menggelontorkan dana milyaran dollar untuk mengobarkan kebencian itu dan melakukan manuver yang sangat jauh, termasuk membantu Asad di Suriah.
 
Yang lebih gila lagi mereka berkoalisi dengan Ali Abdullah Saleh yang terguling waktu Arab Spring dan kelompok Syiah Hutsi utk mengkudeta pemerintah Yaman. Inilah konspirasi Sunni-Syiah melawan Sunni konservatif.
 
Ikhwan di Yaman tampaknya memahami peta ini lalu merespon dengan baik. Mereka sadar tentang adanya konspirasi terhadap pemerintahannya, termasuk dengan orang-orang dalam Yaman. Kemungkinan besar Presiden Yaman, Abdu Rabbih Hadi Mansour terlibat dalam konspirasi ini (kudeta).
 
Ishlah memutuskan untuk tidak melawan dan membiarkan Hutsi merebut Shan’a dan menggulingkan presiden. Perlu diketahui bahwa kekuatan militer Ishlah lebih besar dari kekuatan militer Syiah Hutsi. Militer Yaman lebih memilih mengikuti presidennya yang juga terlibat dalam konspirasi ini.
 
Setelah menguasai Yaman, kelompok Hutsi segera membentuk pemerintahan baru dan yang mengagetkan adalah mereka “melepeh” Ali Abdullah Saleh yang didukung Saudi.
 
Jadilah pemerintahan baru itu murni Syiah Hutsi, tanpa Ali Abdullah Saleh. Ini membuat Saudi gigit jari dan jadi bahan tertawaan di kawasan. Sekarang harus menggalang kekuatan untuk melawan Houhti setelah para penguasa Arab berkomplot menghancurkan Ikhwan.
 
Sekarang para penguasa Arab berada di depan tiang gantungan 'SYIAH', yang  sudah siap menggantung leher mereka, sesudah menghancurkan Ikhwan. (usb/abimontrono anwar/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Nikah Muda, Why Not?

Nikah Muda, Why Not?

Senin, 08 Mar 2021 18:47

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Senin, 08 Mar 2021 18:13

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Senin, 08 Mar 2021 17:51

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Senin, 08 Mar 2021 17:21

Mendidik Anak dari Rumah

Mendidik Anak dari Rumah

Senin, 08 Mar 2021 16:47

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Senin, 08 Mar 2021 16:11

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Senin, 08 Mar 2021 16:00

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Senin, 08 Mar 2021 15:23

Pemerintah Terlihat Bingung

Pemerintah Terlihat Bingung

Senin, 08 Mar 2021 15:00

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Senin, 08 Mar 2021 13:08

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Senin, 08 Mar 2021 11:02

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Senin, 08 Mar 2021 10:47

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Senin, 08 Mar 2021 09:25

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Senin, 08 Mar 2021 06:37

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Ahad, 07 Mar 2021 20:30

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Ahad, 07 Mar 2021 19:30

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

Ahad, 07 Mar 2021 17:08

Menuju Dilegalkannya Minol, Budaya atau Buah Kegagalan Sistem?

Menuju Dilegalkannya Minol, Budaya atau Buah Kegagalan Sistem?

Ahad, 07 Mar 2021 14:08

Al-Shabaab Bebaskan 400 Tahanan Dalam Pembobolan Penjara di Puntland Somalia Utara

Al-Shabaab Bebaskan 400 Tahanan Dalam Pembobolan Penjara di Puntland Somalia Utara

Sabtu, 06 Mar 2021 21:05

Laporan: Faksi FSA Dukungan Turki Bicarakan Masalah Keamanan Dengan HTS

Laporan: Faksi FSA Dukungan Turki Bicarakan Masalah Keamanan Dengan HTS

Sabtu, 06 Mar 2021 20:00


MUI

Must Read!
X